Tips Mendapatkan Pengunjung Setia di Blog



pengunjung setiaTips Mendapatkan Pengunjung Setia - Postingan-postingan yang nda penting dan aneh ini lagi-lagi saya keluarkan. Mungkin bagi anda yang sudah tidak tertarik untuk melihat judul di atas dan tahu apa yang akan dibahas dalam tips blog kali ini yang berjudul "Tips Mendapatkan Pengunjung Setia", silahkan segera menutup window dan tidak perlu membaca lebih lanjut. Karena coretan Deny aneh-aneh dan membingungkan. Cukup sudah basa-basinya, balik ke laptop.

Bermula dari mengunjungi blog-blog terkenal, mereka mempunyai ciri khas tersendiri dalam membuat pengunjung tetap berada dan setia di blognya. Salah satunya adalah dengan menciptakan tema postingan. Biasanya sebuah blog akan menampilkan 1 topik utama yang mereka incar untuk pengunjungnya, seperti komputer, trik dan tips blog, softwares, dan yang lainnya. Salah satu contohnya pada blog Kang Rohman yang sudah tidak asing lagi bagi sobat karena postingan-postingannya yang bermanfaat serta bahasanya yang tidak amburadul dan enak dibaca. Lain halnya dengan blog ini, meskipun tetap fokus pada 1 tema, yaitu trik blog, tapi kadang-kadang tetap mem-posting juga postingan lain yang berguna sebagai refresing atau bentuk penyegaran sobat Deny.

Biasanya Loyal Visitor atau pengunjung setia awal mulanya mereka datang dari sebuah search engine. Karena puas dengan informasi yang kita berikan untuk mereka, biasanya mereka akan terus mengikuti perkembangan yang terjadi pada situs atau blog kita. Tiap kali mereka butuh informasi, mereka tak perlu harus search atau mencari di sebuah mesin pencari, tapi mereka langsung datang ke blog kita untuk melihat informasi-informasi yang kita berikan untuk mereka.

Sepertinya dalam ngeblog memang sangat sulit untuk mencari pengunjung setia/loyal visitor. Namun saya akan membantu anda dalam mencari pengunjung setia yang cukup membantu bisa anda terapkan, berikut penjelasannya:

1. Pengunjung dari Search Engine

Apa yang dimaksud pengunjung dari search engine? Maksudnya, mereka datang dari sebuah mesin pencari dikarenakan apa yang mereka cari, ada dalam situs/blog kita. Pengunjung yang berasal dari search engine, bisa menjadi seorang pengunjung yang loyal atau pengunjung setia situs/blog kamu. Nah untuk bisa mencari seorang pengunjung blog yang berasal dari search engine, silakan belajar seo terlebih dahulu.

2. Fokus Pada Satu Topik

Seperti yang dikatakan Deny pada kata pengantar di atas, bahwa salah satu untuk mendapatkan pengunjung setia adalah dengan fokus pada satu topik. Tentukan topik yang anda mau, contohnya seperti blog ini yaitu trik blog. Jika perlu, cantumkan di homepage blog anda agar pengunjung tahu topik blog anda dan akan mengunjunginya setiap hari untuk mendapatkan informasi yang ia cari di blog anda.

3. Postingan yang Berkualitas

Selain memperkuat postingan dari cara pada poin nomer 1 dan 2, kita perlu juga untuk membuat postingan yang berkualitas. Di dalam artian, berbagai postingan yang anda tulis itu akan menjadi ciri khas dari blog anda sendiri. Berbagai postingan yang anda tulis akan mewakili blog anda untuk cepat terindeks di google seperti yang saya katakan pada poin nomer 1. Jadi untuk menarik pengunjung jenis loyal visitor atau pengunjung setia, maka yang harus kamu tekankan adalah cara penyampaian dan pemberian informasi di situs atau blog kamu. Semakin informatif dan menarik, maka loyal visitor kamu akan semakin banyak. Karena mereka puas dengan informasi yang kamu berikan.

4. Postingan Teratur

Saya tambahkan selain dari pada poin nomer 3 yaitu postingan yang berkualitas kita juga harus update postingan yang teratur. Karena pengunjung akan senang dengan blog yang postingannya update secara berkala. Pengunjung akan datang ke blog kita untuk melihat apa yang baru, yang pastinya postingan kita. Semakin sering update, maka semakin sering juga pengunjung akan mengunjungi blog kamu. Update bisa berkala, bisa 2-3 kali seminggu, bisa juga kurang. Selain pengunjung, search engine seperti google pun senang dengan blog yang update postingan, dan pastinya blog kita akan ditempatkan di tempat yang layak di search engine. Contohnya seperti blog Deny ini, updatenya kadang 1 x sehari dan sering 1 x dua hari jika sedang sibuk.

5. Buatlah Nyaman Pengunjung

Dari keempat poin di atas, yang perlu diperhatikan adalah kenyamanan pengunjung. Seperti kata pepatah "Tamu adalah raja" yang harus dilayani sebaik-baik mungkin agar tetap berada di tempat/blog kita. Salah satunya adalah dengan modifikasi template dan optimalkan kecepatan blog, dengan begitu pengunjung akan terus nyaman karena merasa dilayani layaknya di sebuah restoran yang mewah.

6. Bergabung Ke Komunitas-Komunitas

Bergabung ke komunitas-komunitas blog juga sangat penting. Selain untuk berdiskusi, kita dapat mempromosikan blog kita sehingga orang pun akan tahu dengan blog kita dan akan mengunjungi bahkan berkomentar di blog kita setiap harinya, sehingga akan ada pengunjung setia tersebut.

7. Pasang Widget Top Komentator

Jangan lupa juga untuk memasang widget top komentator (baca: cara membuat widget top komentator) di blog anda agar pengunjung selalu datang untuk berkomentar di blog anda setiap harinya. Dengan begitu, akan menimbulkan minat pengunjung untuk selalu datang dan anda pun harus bisa menarik simpatinya agar bisa nyaman di blog anda (baca: buatlah pengunjung blog nyaman) untuk terus berkunjung. Maka hal itu akan tercipta saling kunjung dari anda dan pengunjung anda atau yang lebih sering disebut dengan pengunjung setia.

Nah itu tadi adalah Tips Mendapatkan Pengunjung Setia yang dapat anda terapkan di blog anda. Jika ada para master yang dapat menambahkan silahkan di kotak komentar, karena saya hanyalah newbie yang masih belajar.

Semoga Berguna

Tags: Pengunjung Setia, Loyal Visitor, Tips Blog, Tips Mendapatkan Loyal Visitor, Tips Mendapatkan Pengunjung Setia, Membangun Loyal Visitor.

Ingin Berlangganan Artikel Terbaru ke email kamu? Masukan Email kamu disini:

Tidak tahu cara berlangganan? Klik disini

Related Post:

Anda sedang membaca artikel tentang Tips Mendapatkan Pengunjung Setia di Blog dan anda bisa menemukan artikel Tips Mendapatkan Pengunjung Setia di Blog ini dengan url http://daw-xp.blogspot.com/2011/06/tips-mendapatkan-pengunjung-setia.html, anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Tips Mendapatkan Pengunjung Setia di Blog ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link Tips Mendapatkan Pengunjung Setia di Blog sumbernya.


83 comments

Mustofa (newbie) June 19, 2011 at 11:41 AM

artikel yg bermanfaat buat saya Gan,,,
Thanks....

Reply delete
Unknown June 19, 2011 at 11:46 AM

@Mustofa (newbie) : Terima kasih mas karena sudah mau berkunjung dan berkomentar di blog sederhana saya.

OK sama-sama. :)

Reply delete
Tips dan Trik Blog dan Komputer June 19, 2011 at 11:55 AM

tips tips diatas memang harus para blogger lakukan. tapi, yang sulit ialah fokus pada satu topik. entah mengapa. satu lagi kawan, kunjungi blog pengunjung yang telah berkomentar. dan tinggalkan komentar disana. tips diatas memang bagus bagus. lihat ini juga http://totto-apa-adanya.blogspot.com/2011/05/tips-pengunjung-nyaman-di-blog.html

makasih...

Reply delete
Unknown June 19, 2011 at 12:08 PM

@Tips dan Trik Blog dan Komputer : Yupz, kadang mereka ada yang lalai malah ke topik lain, itu kebanyakan disebabkan oleh hilangnya ide posting. Sipp, makasih atas artikel anda. :)

Reply delete
sichandra June 19, 2011 at 12:29 PM

hmmm,, tipnya boleh dicoba tuh bro . mudah2an saya bisa dapat pengunjung yg setia teruss :D

Reply delete
Unknown June 19, 2011 at 12:37 PM

@sichandra : Sip silahkan dicoba bro. AMIN, ... :)

Reply delete
MbahDoyok June 19, 2011 at 12:40 PM

fokusssss :D
itu penting banget

Reply delete
Unknown June 19, 2011 at 12:44 PM

@Mas Doyok : Hehe mastah mas Doyok berkunjung, hehe jadi malu saya blogger newbie ini.

Hehe iya mas, klo nda fokus ntar pengunjung bingung mau apa yang dilihat di blog kita. hihihi. :)

Reply delete
Ladida Cafe June 19, 2011 at 12:53 PM

hehee, betul, yang penting kita membagikan info dgn gaya bahasa sendiri, komunikatif, tapi infonya ngga sembarangan . .

Reply delete
Unknown June 19, 2011 at 12:55 PM

@Ladida Cafe : Yupz, setiap blog juga memiliki ciri khas tersendiri dalam penyampaiannya. Tapi tetap, menggunakan bahasa Indonesia nda bahasa daerah masing-masing, ntar bingung pembacanya. :) haha

Reply delete
Dwiki June 19, 2011 at 1:50 PM

sipp gan...
mantab artikelnya.. :)

Reply delete
Admin 3 June 19, 2011 at 4:14 PM

bagus sekali saranya sob, terima kasih. ..!!
sukses slalu. ..!!

Reply delete
FZABoyZ June 19, 2011 at 4:24 PM

klo blog saya gk masuk kategori di atas kyknya.hehehe

Reply delete
Lookzi June 19, 2011 at 5:48 PM

artikel nya bagus sob..
boleh di coba nih, thanks atas infonya... :)

Reply delete
Unknown June 19, 2011 at 5:59 PM

@Dwiki : OK gan, makasih ya. :)

Reply delete
Unknown June 19, 2011 at 6:03 PM

@Qoqo AhnafiZz : sama-sama dan terima kasih kembali sob karena sudah rela meluangkan waktunya untuk berkunjung dan berkomentar di coretan Deny ini. :) AMIN, sukses selalu juga buat sobat.

Reply delete
Unknown June 19, 2011 at 6:03 PM

@FZABoyZ : Kategori apa mksudnya mas? Terus berjuang mas, cari loyal visitor. :)

Reply delete
Unknown June 19, 2011 at 6:05 PM

@Lookzi : Makasih sob. Silahkan dicoba, sama-sama. :)

Reply delete
Ku - be | I.T,I June 19, 2011 at 6:12 PM

Kren gan...!
Thnks infonya.. sukses selalu

Reply delete
Unknown June 19, 2011 at 6:26 PM

@Adbi Pratama : OK gan sama-sama. Amin, sukses juga buat agan. :)

Reply delete
Catatan Ngeblog June 19, 2011 at 8:27 PM

Mantaps Sob.... Tapi untuk posting yang berkualitas jujur saja saya masih susah untuk saya... hehe... ^^

Reply delete
Tarry Kitty June 19, 2011 at 8:52 PM

Siap di coba,,,, Tapi kalo focus 1 topik kayaknya belum bisa hehe
Udah tutup buku ya???? Namaku udh ilang dari top Komentator hikz

Reply delete
Ladida Cafe June 19, 2011 at 10:27 PM

hehee, jelas laah, kan bahasa nasional kita, mas :D

Reply delete
Unknown June 19, 2011 at 10:38 PM

@Catatan Ngeblog : Terus berusaha dan jangan pernah menyerah sob. :)

Reply delete
Unknown June 19, 2011 at 10:39 PM

@Tarry KittyHolic : Hehe nda pp mb', terus untuk berusaha.
Oh itu karena mb' jarang lagi berkomentar di blog ini mb', makanya hilang. Sistem top komentator disini emang begitu, kalo dah lama nda berkomentar emang hilang gitu. :)

Reply delete
Unknown June 19, 2011 at 10:40 PM

@Ladida Cafe : Kadang aku bingung juga, ada suatu blog sudah banyak postingannya. Tapi menggunakan bahasa daerahnya, bingung aku membacanya. :) wkwkwk

Reply delete
Triyono Infect June 20, 2011 at 1:28 AM

hadueee, susah gan....

Reply delete
FZABoyZ June 20, 2011 at 6:58 AM

ya maksudnya gk kyk 1 sampai 4 mas

Reply delete
Aini Sastra June 20, 2011 at 7:11 AM

mantap bro....

Reply delete
Green KLOPERER June 20, 2011 at 9:47 AM

ciamik abisss....mksh ilmu tambahannya sob...

Reply delete
Unknown June 20, 2011 at 9:59 AM

@Triyono : Terus berusaha gan, dan tetep semangat. :)

Reply delete
Unknown June 20, 2011 at 10:00 AM

@FZABoyZ : Terus berusaha sob, jangan pernah menyerah. Sedikit demi sedikit dan perlahan-sedikit-perlahan tapi pasti. :)

Reply delete
Unknown June 20, 2011 at 10:00 AM

@Aini Sastra : OK bro. :)

Reply delete
Unknown June 20, 2011 at 10:00 AM

@Green KLOPERER : OK sama-sama bro. :)

Reply delete
obat tradisional gagal ginjal June 20, 2011 at 10:43 AM

ok banget gan bahasan nya....

Reply delete
Unknown June 20, 2011 at 10:44 AM

@obat tradisional gagal ginjal : OKK gan, thanks ya. :)

Reply delete
Catatan si Boy June 20, 2011 at 12:24 PM

saya paling suka yan gnomor 5... andaikan bs nyuguhkan teh, saya akan suguhkan teh buat pengunjung.. heheh

Reply delete
Unknown June 20, 2011 at 1:58 PM

@Catatan si Boy : Yupz, selain konten yang bagus, pengunjung adalah raja yang selalu dilayani dengan baik. :)

Reply delete
choirul June 20, 2011 at 4:20 PM

kalau blog saya kayaknya pengunjungnya dari blogwalking aja deh, kalau dari search engine kayaknya belum,,, ha ha ha

Reply delete
Rizkyzone.com June 20, 2011 at 7:21 PM

point 2 mungkin belum bisa saya lakukan, saya lebih suka dengan berbagai macam topik

Reply delete
ToPu June 20, 2011 at 9:56 PM

Sepertinya kang rohman masih menjadi idola bagi para blogger ya....

Reply delete
AntonAbiHandsome June 21, 2011 at 1:15 AM

aduh saya yang masih bayi ini mah masih bingung mau ngapain,ngatur2 template dan cari topik aja masih raba2..tapi ga pke raba2 cabul loh..hehehe...yang penting semangat belajar terus ya sob...seiring waktu pasti bisa lebih baik lagi...setuju ibu2...?

Reply delete
Unknown June 22, 2011 at 11:23 AM

@choirul : Terus belajar dan jangan pernah menyerah mas. :)

Reply delete
Unknown June 22, 2011 at 11:25 AM

@Rizkyzone.com : Oh okelah mas, memang setiap manusia memiliki opini yang berbeda-beda. :)

Reply delete
Unknown June 22, 2011 at 11:25 AM

@ToPu : Yupz, tutorial-tutorialnya yang sangat bermanfaat pastinya. :)

Reply delete
Unknown June 22, 2011 at 11:26 AM

@AntonAbiHandsome : Yupz betul sekali, dan jangan pernah menyerah. Selalu berjuang, kedepannya pasti bisa. Kok ibu-ibu sih? wkwkwk :D

Reply delete
Argo Merdiyanse June 23, 2011 at 10:37 PM

Salam kenal ya Mas Deni... Saya adalah seorang blogger pemula yang mencoba peruntungan di dunia blogging... ceeeilah... hehehe karena pemula, bingung juga nih mau komen paan ya... :) yang pasti salam perkenalan dulu ya mas dari saya...
Thx,

Reply delete
Mimpi Siang Bolong June 24, 2011 at 10:12 PM

Memang sulit mencari pembaca setia blog, tapi saya yakin aja bahwa untuk setiap blog ada pembaca setianya. Paling nggak ada papa, mama, teteh, aa', bibi, dede, om, tante, anak dan keponakan, hehehe.

Salam Takzim.

Reply delete
Fandi Imaniawan June 27, 2011 at 8:01 PM

waw...mantab...!!
boleh juga nih artikel...hehhe

Dell M102Z laptop gaming, trendy, fitur melimpah ada di indokom.biz

Reply delete
karina aprilla putri June 30, 2011 at 1:04 PM

bagus banget dan bermanfaat sekali....saya mau coba di blog saya..and jamgan lupa Gan main2 ke lapak ane ya di http://sdgunung03.blogspot.com
tinggalin jejak ya....

Reply delete
oto July 6, 2011 at 1:13 AM

selalu...
harus sabar jika mau main WHITE...
sukses selalu

Reply delete
guest istiqlal July 10, 2011 at 8:53 PM

saya setuju dengan ini .. ayo dipraktekan

Reply delete
Aeldie July 11, 2011 at 1:43 PM

info yang mantap gan, tapi bisa gak ya aku praktekkan, fokus itu gan yang lumayan sulit,,hehe

Reply delete
Unknown July 11, 2011 at 5:25 PM

@merdiyanse7 : Hehe gpp, aku juga masih belajar mas. Yang terpenting jangan pernah menyerah dan terus berusaha mas. :)

@Mimpi Siang Bolong : yupz sangat susah, tapi kita terus belajar dan belajar dan jangan patah semangat. :)

@karina aprilla putri : Silahkan dicoba mb'. :)

@Aeldie : hehe gpp, yang penting terus belajar dan berusaha, jangan patah semangat. :)

Ayo semangat yang lain, jangan patah semangat. :)

Reply delete
yulius August 1, 2011 at 6:16 PM

terima kasih mas infonya
akan saya coba, hohohoho
sekalian numpang promo
healtharticles-yulius.blogspot.com

Reply delete
Unknown August 31, 2011 at 10:29 AM

yg no. 7 itu ap gk buat blog lemot sob?

Reply delete
Castors September 1, 2011 at 1:23 PM

Awesome blog. Thanks for the sharing.

Reply delete
cangkal September 12, 2011 at 8:10 PM

ngiler saya sob pengen juga blog saya seperti itu.. ^_^ salam kenal

Reply delete
Abdul Rohman October 22, 2011 at 7:06 AM

bagus bagus bagus... Saya sangat tertarik pada artikel-artikel yang anda tayangkan. ini sangat membantu, khususnya bagi kaum-kaum awam seperti SAya. hehe..

Reply delete
RCTI Online November 12, 2011 at 8:48 PM

patut dipraktekkan nih mas

Reply delete
Agus Setiawan November 13, 2011 at 9:22 AM

nice info gan.. thank's, patut dicoba tuh..

Reply delete
RAY TKJ November 17, 2011 at 5:15 AM

thanks 4 share gan, tips yang sangat bermanfaat

Reply delete
ijobunglon November 24, 2011 at 5:49 PM

kalo untuk fokus pada 1 topik itu susah banget bagi saya pak. apa ada solusi tentang ini ?

Reply delete
Unknown November 25, 2011 at 8:57 PM

@ijobunglon Sebelum membuat topic untuk blog, ilmu apa yang anda kuasai, baru anda tentukan topic untuk blog anda. Jangan anda buat topic dari yang tidak anda kuasai. Contohnya anda menguasai ilmu tentang kesehatan, jangan anda membuat topic tentang topic blog.

Jika sudah begitu, maka tidak akan ada kendala lagi dalam membuat posting. :)

Reply delete
Tatar_adi November 27, 2011 at 9:37 PM

Makasih atas ilmunya..

Reply delete
Chexo Web December 26, 2011 at 9:10 PM

waw...keren gan tipsnya. makasih gan salam kenal.

Reply delete
gejala penyakit liver March 17, 2012 at 9:57 AM

mksih ats info y, msukan yg bguss,,

Reply delete
penjualan windows online March 25, 2012 at 12:27 AM

memang sulit jadi yang terdepan ada yang instan sangat mahal makasih infonya sob

Reply delete
ronnie April 9, 2012 at 7:06 PM

mantap mas deny infonya....
klu blog yg berbahas inggris gimana mas biar blog kita disenagi pengunjung

Reply delete
huky April 19, 2012 at 10:36 AM

memang susah mendapatkan pengunjung setia apalagi untuk membuat fokus satu topik, kadang habis ide untuk menulis apa lagi.

Reply delete
jual beli June 18, 2012 at 9:26 AM

Kreatifitas menulis sangat diperlukan untuk pendapatkan pengunjung setia.

Kalau ingin jualan jangan lupa mampir di http://dunioatoko.com ya..

Reply delete
Unknown June 18, 2012 at 2:16 PM

thanks kang deny, tip-tipmu sangat bermanfaat....

Reply delete
BlogBangga June 29, 2012 at 2:10 PM

makasih buat tipsnya gan..
mampir juga di blog ane.. :)

Reply delete
getris August 16, 2012 at 9:01 AM

nice Info..
jgn lp mampir jg ya..

Reply delete
Mocca-Tube August 31, 2012 at 1:15 PM

Nice information, sir

Reply delete
GEDE AWAN September 18, 2012 at 12:42 PM

sip gan,,perlu di coba ne,,,semoga sukses

Reply delete
Unknown November 4, 2012 at 3:27 PM

mampir diblog saya gan
http://infornik.blogspot.com/ berisakan tentang hal uni dan menambah ilmu pengetahuan

Reply delete
Seputar Investasi Online December 5, 2012 at 2:03 AM

sANGAT bERMANFAAT sEKALI gAN iNFONYA
sAYA jUGA bARU nIE.. pOSTINGAN sYA jGA mSIH bSA dI hITUNG
tAPI sYA sLALU bRUSAHA bRBAGI..
sILAHKAN mINUM bARENG yUK gAN..
http://seputar-investasionline.blogspot.com

Reply delete
Yusron Krista December 27, 2012 at 7:29 AM

ini yang saya cari ;)
terima kasih

Reply delete
galih May 22, 2013 at 3:36 PM

sukses terus

Reply delete
Unknown December 23, 2013 at 9:47 AM

makasii infonya ... :D

Reply delete
August Reinaldo January 2, 2014 at 7:59 PM

semuanya benar tu gan, makasih ya sangat bermanfaat artikelnya
http://augustreinaldo.blogspot.com/

Reply delete
Anonymous February 12, 2015 at 3:12 PM

hehe makasih ya bermanfaat bgt infonya aku lg nyoba cara2 diatas nih ^^ kalo menururtku sih sediain postingan buat pengunjung comment saran dan request, biar kita tau keinginan pengunjung. tapi kebanyakan nurutin pengunjung gk bagus juga sih, harus jadi diri sendiri. kunjungi blogku yah diaryvi.blogspot.com

Reply delete

Post a Comment

Silahkan Anda kritik dan sarannya pada kolom komentar di bawah ini. Karena setiap satu kata Anda berkomentar sangat berarti untuk kemajuan blog ini (baca: Cara Berkomentar yang Baik).

 

Site Info

  • Fortuner SUV Terbaik
  • Commonwealth Life Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik Indonesia
  • Cincin Kawin
  • PageRank

    Followers

    back to topReturn to top of page Copyright © 2012 | Blog SEO DAW - XP | Tutorial Blogspot | Belajar SEO Blogspot - Privacy Policy Template by Hack Tutors