Pentingnya Menjawab Setiap Komentar di Blog



Menjawab Setiap KomentarPentingnya Menjawab Setiap Komentar di Blog - Lama sudah Deny tidak posting, karena kesibukan di real life jadi tidak sempat untuk membuka blog bahkan membalas komentar di blog. Saya akan membuka kembali halaman belakang dan membalas setiap komentar pengunjung yang datang. Pada kesempatan yang berharga bagi saya ini, saya akan memposting sedikit uraian mengenai pentingnya menjawab setiap komentar di blog.

Jika di dalam suatu posting, anda pasti mengharapkan ada komentar-komentar yang masuk di dalam postingan tersebut. Sama halnya dengan anda presentasi di hadapan orang banyak dan berharap presentasi anda diperhatikan dan dipahami dengan baik. Namun sebuah presentasi tidak akan ada artinya jika Anda mengabaikan setiap komentar dari audiens Anda. Begitu pula komentar di posting blog Anda, Anda harus menjawab komentar-komentar tersebut.

Memang sebagian ada yang tidak penting karena isi komentarnya tidak bermutu atau kurang relevan dengan isi postingan yang sedang dibahas. Komentar yang kurang bermutu yang hanya berkomentar untuk asal nyapa dan berharap kunjungan balik merupakan jenis komentar yang paling sering kita temui (baca: pentingnya berkomentar). Akan tetapi, apapun bentuk komentarnya kita sebagai pemilik blog harus bijak untuk membalasnya.

Kebanyakan blogger beralasan tidak mempunyai waktu untuk menjawab setiap komentar di blognya. Jika terus begini, maka akan selamanya anda tidak akan mempunyai waktu untuk membalas setiap komentar di blog. Luangkan sedikit waktu untuk datang dan menjawab setiap komentar di blog anda. Dengan menjawab setiap komentar, anda akan mendapat banyak keuntungan sebagai berikut:

1. Menambah Jumlah Komentar

Saat kita menjawab setiap komentar di postingan blog, maka secara otomatis jumlah komentar yang ada dalam postingan tersebut akan bertambah. Lalu apa manfaatnya? Yup, jika semakin banyak komentar yang ada dalam sebuah postingan, maka hal ini akan sedikit banyak mendorong pengunjung lainnya untuk ikut berkomentar dalam postingan tersebut.

2. Menambah Kualitas Artikel

Dengan membuat balasan komentar dan melakukan beberapa perbincangan kecil dengan pengunjung blog Anda akan menambah kualitas konten Anda secara keseluruhan. Beberapa poin-poin kecil yang terlewat biasanya akan lebih mudah terungkap dalam perbincangan ini. Dengan begitu, pengunjung yang baru datang ke blog Anda akan merasa beruntung karena mendapatkan informasi yang berkualitas dan lengkap.

3. Menambah Kredibilitas Kita di Mata Pengunjung

Membuat balasan komentar, bisa menambah kepercayaan Anda di mata orang lain. Pengunjung blog Anda akan berasumsi bahwa Anda benar-benar ahli dibidang yang anda tuliskan tersebut. Misalnya blog kita bertemakan kumpulan resep masakan Kalimantan. Ada banyak artikel yang kita buat tentang menu masakan Kalimantan. Setiap ada komentar berupa pertanyaan dan hal lain dari pembaca yang merasa kurang jelas dengan artikel menu masakan Kalimantan kita, selalu kita balas dengan baik. Maka, hal itu akan menciptakan sebuah branding dan perspektif di mata pengunjung jika kita memang ahli di bidang masakan Kalimantan dan layak untuk diandalkan jika ada permasalahan yang patut untuk ditanyakan. Anda. Maka, Hal itu akan membangun brand dan kredibilitas Anda di mata orang lain akan semakin kuat.

4. Meningkatkan SEO

Setiap komentar yang berkaitan yang masuk di dalam postingan tersebut maka secara otomatis keyword-keyword yang dibidik di postingan tersebut akan tertulis ulang. Maka dalam hal ini, keyword dalam postingan akan sangat mempengaruhi kualitas seo postingan tersebut. Semakin banyak keyword yang tertulis ulang dalam komentar-komentar tersebut maka akan semakin besar peluang artikel anda untuk meraih posisi teratas search engine dan pengunjung pun akan berdatangan dengan mengetikkan keyword di kotak pencarian.

Mungkin hanya itu saja kiranya yang dapat saya jelaskan mengenai pentingnya menjawab setiap komentar. Semoga anda yang membaca artikel ini dapat segera menjawab setiap komentar di blognya masing-masing.

Ingin Berlangganan Artikel Terbaru ke email kamu? Masukan Email kamu disini:

Tidak tahu cara berlangganan? Klik disini

Related Post:

Anda sedang membaca artikel tentang Pentingnya Menjawab Setiap Komentar di Blog dan anda bisa menemukan artikel Pentingnya Menjawab Setiap Komentar di Blog ini dengan url http://daw-xp.blogspot.com/2011/07/pentingnya-menjawab-setiap-komentar.html, anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Pentingnya Menjawab Setiap Komentar di Blog ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link Pentingnya Menjawab Setiap Komentar di Blog sumbernya.


93 comments

ajurNA July 4, 2011 at 2:07 PM

Saya sangat setuju dengan pentingnya menjawab komentar, dengan begitu pengunjung juga merasa dihargai sehingga besok-besok jadi seneng berkunjung lagi, jadinya kita semakin akrab dan tambah teman sekaligus tambah trafik.

Reply delete
Naufal Aminur Rahman July 4, 2011 at 3:20 PM

Owh... thx banget mas... baru tau aku klo waktu komen ngulang kiwod itu juga diitung di SE. Siip mas

Reply delete
Unknown July 4, 2011 at 3:49 PM

@ajurNA : Yupz bener banget. Banyak banget blogger yang beralasan tidak mempunyai waktu untuk membalas komentar, kalo begitu terus maka akan selamanya tidak mempunyai waktu.

Reply delete
Unknown July 4, 2011 at 3:50 PM

@Naufal Aminur Rahman : Hehe sama-sama mas. Iya, waktu koment keyword komentar akan memperkuat artikel dalam search engine. :)

Reply delete
Kodok kampus July 4, 2011 at 4:03 PM

saya sebenarnya males kalau udah banyak tapi mereka aja mau nyempetin komen masak kita gak mau balas kesannya sombong banget

Reply delete
FZABoyZ July 4, 2011 at 4:03 PM

setuju.menurut saya jika pemilik blog membalas komentar dari pengunjun blognya,berarti pemilik blog itu org yg ramah

Reply delete
Novita Sarah July 4, 2011 at 4:25 PM

membalas komentar itu penting ,, berarti menunjukkan adanya saling respon antara Penulis dengan Komentator :DD

Reply delete
Mr.Randy July 4, 2011 at 4:42 PM

Setuju sob,sangat2 setuju gak pake tapi hehehehe

Reply delete
Unknown July 4, 2011 at 4:44 PM

@Kodok kampus : hehe ambil inti dari komen mereka saja, yang terpenting dan memang mereka lagi butuhin. :)

Reply delete
Unknown July 4, 2011 at 4:45 PM

@FZABoyZ : Hehe, saya orangnya ramah ga ya? kwkwkw. :)

Reply delete
Unknown July 4, 2011 at 4:46 PM

@Leo Onix Siahaan : Yupz betul sekali. Akan ada hubungan saling interaksi dan terjadilah hubungan saling kenal bukan hubungan yang macem-macem. wkwkwk. :)

Reply delete
Unknown July 4, 2011 at 4:46 PM

@randy oktaran : Hehe ok sob, makasih. ;)

Reply delete
Tips dan Trik Blog, SEO dan Komputer July 4, 2011 at 5:51 PM

betul, mas. menjawab semua komentar memang sangat penting. hampir semua komentar yang ada di blogku saya jawab semua. saya sangat setuju dengan 4 keuntungan diatas.

Reply delete
Kreativitas Ngeblog July 4, 2011 at 6:00 PM

mantap kang, saya juga kalo ada waktu, komentarnya pasti saya balas,, makanya penting banget memasang widget recent comment byar tahu ada komentar terbaru....

Reply delete
ALI BLOGGERS COMMUNITY July 4, 2011 at 6:08 PM

waduuhh kena saya dung. hee saya emg jarang bls komentar blog hihi.. tapi setelah baca ini, jd nyadar heehe

Reply delete
Unknown July 4, 2011 at 6:12 PM

@Tips dan Trik Blog, SEO dan Komputer : Yupz, penting sekali. Wah bagus lah kalo begitu, karena banyak sekali keuntungannya menjawab komentar di blog kita. Terima kasih mas. :)

Reply delete
Unknown July 4, 2011 at 6:14 PM

@Kreativitas Ngeblog : Sipp lah mas asalkan bisa terbalas, pengunjung merasa terhormat karena kritikannya ditanggapi. Saya pake fitur recent comment langsung dari blogger mas, bukan widget jadi bisa di cek dengan langsung. :)

Reply delete
Unknown July 4, 2011 at 6:15 PM

@ALI BLOGGERS COMMUNITY : hayoo loh mas, berapa puluh komentar sudah yang nda mas jawab di blognya. wkwkwkw :)

Reply delete
Lookzi July 4, 2011 at 7:24 PM

owh, baru tahu ternyata membalas komen juga bisa meningkatkan SEO... (Saya kira cuma bisa nambah traffic saja.. hehehe..):D

thanks gan, atas infonya, saya jadi lebih tau nih pentingnya menjawab komen.. :)

Reply delete
Unknown July 4, 2011 at 7:27 PM

@Lookzi : Hehe iya gan, karena jika ada komentar masuk yang nyambung pasti akan ada keyword, nah keyword itu akan memperkuat artikel kita mejeng di search engine.

OK gan sama-sama. :)

Reply delete
afiv July 4, 2011 at 8:25 PM

kalau saya, bukan cuma aktiv menjawab comment, tapi saya sering comment di blog orang lain!

Reply delete
Tarry Kitty July 4, 2011 at 9:00 PM

Sesibuk apapun saat ini aq mencoba untuk membalas comment. Tadinya hanya sebatas balas. Ga tau punya nilai plus nya juga yach....
Semangat :)

Reply delete
KhamarDos Blog July 4, 2011 at 9:38 PM

hahaha ...
saya klo ada waktu luang dan memungkinkan untuk di balas biasanya saya memlakukannya sob ....


y, tentunya dengan membalas komentar kita dpt mempererat tali silaturrahmi kita sob, cman di sayangkan, kbnyakan mereka yang sudah berkomentar tidak akan begitu tahu bhwa kita membalas komentarnya (sehingga tidak ada tanggapan lanjutan)

Reply delete
Unknown July 4, 2011 at 10:19 PM

@afiv : Itu sangat lebih baik sobat. Pertahankan itu. :)

Reply delete
Unknown July 4, 2011 at 10:27 PM

@Tarry KittyHolic : Iya, meluangkan 10 menit saja untuk membalas komentar, maka pengunjung akan merasa dilayani di blog kita tersebut. hehe iya bisa juga meningkatkan seo. :)

Reply delete
Unknown July 4, 2011 at 10:29 PM

@KhamarDos Blog : Yupz, apalagi kalo komentarnya sungguh berkualitas dan ada yang mengajukan pertanyaan, jika dibalas pasti ia (si penanya/komentator) akan merasa dihargai di blog kita karena komentarnya ditanggapi.

Yupz betul sekali, bisa terjadi saling kenal antar sesama blogger. Ia betul sekali, mereka tidak tahu dan tidak mau tahu apa yang dibalasnya, sehingga rantainya pun putus. :)

Reply delete
donimasrul July 4, 2011 at 10:55 PM

bagi sy membalas komentar itu adalah wajib.. tul gak sob..

Reply delete
Unknown July 4, 2011 at 11:04 PM

Ayas Setuju BGT Boss... Emang membalas komentar Pengunjung itu penting BGT, selain untuk saling berinteraksi dengn Pengunjung juga sebagai sarana untuk menyambung persahabatan sesama Blogger...Hwehehehe

Reply delete
AntonAbiHandsome July 4, 2011 at 11:38 PM

kesannya emang jadi lebih ngerasa deket bro,klo kta bisa saling tukar komen and pendapat,kan enak juga kalo bertamu ke rumah orang trus yang punya lapak welcome ma kita,palagi semua2nya dikeluarin ampe isi2 lemari budal semua.kesannya kta dimanjain gitu bro kan betah bertamunya juga..coba jutek,mana mau kta berkunjung lagi..saya dukung mas bro....hehehe

Reply delete
Rachmad July 4, 2011 at 11:53 PM

Yap sob. .Sangat bagus artikelnya. . Tapi sob knpa ya kok komen sapa, pujian an trus minta kunjungi balik itu sampah ya ? Padahal artikelny emang bagus. . .

Follow berhasil. . .Folbek sob

Reply delete
FZABoyZ July 5, 2011 at 6:49 AM

pasti dong mas Deny ramah.biasanya saya liat semua komentar dibalas satu persatu

Reply delete
Unknown July 5, 2011 at 7:41 AM

Iy mas itu betul sekali..!!

Reply delete
Unknown July 5, 2011 at 9:27 AM

Bener skali sob, sbagai pemilik blok kita harus bisa menjawab setiap koment yg masuk,,,ohy sob, makasih ya info nya tntng blok sy masuk sandbox,,,gmana ya cara ngeluarinnya?

Reply delete
Mas uwah July 5, 2011 at 10:07 AM

Sangat penting,, kalo g jawab dikira sombong n g di komen lagi ntar!! hehehe

Reply delete
Anonymous July 5, 2011 at 10:52 AM

wah, ternyata membalas komentar itu meningkatkan seo.. thx mas

Reply delete
Aris July 5, 2011 at 1:02 PM

Benar sekali... penting untuk membalas koemntar pengunjung... untuk menunjukkan respon terhadap pembaca.. dan itu pasti disukai oleh pengunjung karena merasa dihargai.. :)

Reply delete
sichandra July 5, 2011 at 1:19 PM

yaap betul mas, selagi saya masih online saya akan berusaha membalas komentar di blog..

Reply delete
Unknown July 5, 2011 at 2:07 PM

@donimasrul : Yupz betul sekali sob. :)

Reply delete
Unknown July 5, 2011 at 2:08 PM

@bagi bagio : Yupz betul banget. Kita bisa saling kenal dengan blogger-blogger lainnya. :)

Reply delete
Unknown July 5, 2011 at 2:09 PM

@AntonAbiHandsome : Yupz betul banget mas bro. Kesannya malah akan seperti keluarga, bukan tamu lagi. Makasih mas dukungannya. :)

Reply delete
Unknown July 5, 2011 at 2:12 PM

@Rachmad a.k.a Gorengan : Makasih sob. Iya banyak sekali yang seperti itu, biasanya mereka komentar begitu karena ingin dikunjungi saja tanpa membaca isi postingan tersebut. Padahal komentar begitu membuat orang malas berkunjung karena dia komentar seperti tidak ikhlas. Padahal sudah saya sarankan untuk memberikan komentar yang baik, namun tetap saja keras kepala. :)

Reply delete
Unknown July 5, 2011 at 2:13 PM

@FZABoyZ : Hehe emang saya ramah ya mas? Kalo gitu biasanya si pengkomentar merasa di nomor satukan karena namanya disebut. :)

Reply delete
Unknown July 5, 2011 at 2:13 PM

@N.agung61 : Yupz, ya begitulah mas. :)

Reply delete
Unknown July 5, 2011 at 2:14 PM

@Green : Tetapi ingat, gunakan cara berkomentar yang baik. :)

Reply delete
Unknown July 5, 2011 at 2:15 PM

@Zeus Osiris : Iya sob. OK sama-sama sob, banyak kok di google sob cara mengatasi sandbox (penjara) dari google silahkan dicari, salah satunya dengan mencari backlink ke blog sobat, dan buat artikel mengenai sandbox dan masih banyak lagi. :)

Reply delete
Unknown July 5, 2011 at 2:17 PM

@Mas uwah : Yupz betul sekali, pengunjung akan menjadi malas berkomentar lagi karena tidak merasa dilayani dengan baik. :)

Reply delete
Unknown July 5, 2011 at 2:17 PM

@Ariq Fadlan : Yupz begitulah mas. Sama-sama :)

Reply delete
Unknown July 5, 2011 at 2:18 PM

@Catatan si Boy : Yupz pastinya mas. Pengunjung juga akan merasa dilayani di blog kita. :)

Reply delete
Unknown July 5, 2011 at 2:19 PM

@sichandra : Yupz, meluangkan waktu 10 menit saja untuk membalas komentar apa salahnya kan?

Reply delete
ketawajedikman July 5, 2011 at 3:21 PM

bagus infonya gan, ditambah lagi kalau berkomentar di blog orang lain, itu juga bisa untuk menarik pengunjung, baca-baca komen d blog kita juga asik tuk habiskan waktu luang

Reply delete
Teknokers July 5, 2011 at 3:34 PM

yup, aku selalu jawab komen yg masuk.. Hehe
Soalnya kasian umpama ngetuk pintu ga dibales :/

Reply delete
Green KLOPERER July 5, 2011 at 3:45 PM

mantab sob,,,emangbener membalas komentar dari tamu di blog itu sangatlah penting,,sekaligus menjadi sambutan dan penghargaan kita kepada mreka ....

Reply delete
Xaon July 5, 2011 at 4:06 PM

membalas komentar itu emang pnting, menghargai pengunjung yang berkomentar :D
numpang promosi gan http://xaon.blogspot.com/

Reply delete
Cerita dan Ilmu July 5, 2011 at 6:48 PM

Siiiipppp….. setuju 100% dengan artikel ini….

Reply delete
Fujzi July 5, 2011 at 7:27 PM

he'em betul banget, ohya thanks udah mampir ya....

Reply delete
Catatan Ngeblog July 5, 2011 at 10:06 PM

Bener Sob, Biar nggak di bilang pelit. Dan kalau bisa juga berkomentar di blog lain, jalin persaudaraan antar blogger. :)

Reply delete
iskandaria July 6, 2011 at 12:20 AM

Analisa yang sangat masuk akal dan saya juga setuju mas. Dengan merespon komentar yang masuk, kita sebagai pemilik blog juga bisa mengembangkan apa yang sudah kita tulis di postingan. Biasanya dari situ malah muncul pemahaman baru. Ilmu baru juga kadang bisa muncul saat berbalas komentar.

Reply delete
Unknown July 6, 2011 at 9:21 AM

Dengan menjawab Komentar selain Kita jd saling Kenal... Juga Kita bisa menyambung Silaturahmi & mempererat persahabatan sesama Blogger Indonesia... Betul kan Boss????
Hwehehee...
Met Pagi Boss DAW-XP...Salam Sukses yach!!!

Reply delete
Unknown July 6, 2011 at 9:40 AM

Makasih infonya sob! Mungkin domain nya harus kembali kesemula lagi sob.

Reply delete
Rezaprama July 6, 2011 at 9:54 AM

saya sebenarnya juga sangat setuju mas,, tapi memang akhir2 ini saya disibukkan dengan lomba dan menjadi panitia persami besar disekolah saya,, apalagi saya sudah naik ke kelas 3,, jadi ngeblognya akan dikurangi sedikit,, tapi tak akan mengurang silaturahmi bukan ?? hehe :D

oh ya, saya juga masih kelas 2 smp,,

kalau boleh tahu mas smp mana ya mas ??

Reply delete
iam July 6, 2011 at 9:54 AM

Ini nih sob yang bikin berat. Kadang kalau membalas komentar blogspot, terlalu repot. Beda dengan wordpress.com/wordpress.org. Yang tinggal klik "bales", tulis, beres deh >.<

Reply delete
Angga Judistia Pradana July 6, 2011 at 10:34 AM

Sayang sob..komentar di blogger tidak seindah di wordpress..

Reply delete
Unknown July 6, 2011 at 1:03 PM

ketawajedikman : yupz betul sekali. Alhmadullilah saya sekarang juga sedang melakukannya. :)

Reply delete
Unknown July 6, 2011 at 1:04 PM

@Teknokers : Yupz betul sekali mas. Kasian dia merasa tidak dihargai sama sekali. :)

Reply delete
Unknown July 6, 2011 at 1:09 PM

@Green KLOPERER : Yupz betul bgt, mereka akan merasa dihargai oleh kita. :)

Reply delete
Unknown July 6, 2011 at 1:13 PM

Xaon : Yupz betul sekali gan. :) OK silahkan.

Cerita dan Ilmu : ok terima kasih gan. :)

Fujzi : ok gan sama-sama. Blogwalking adalah kebiasaanku. :)

Catatan Ngeblog : Yupz, pastinya akan terjadi rantai persaudaraan yang kuat seperti rantai besi. :)

Reply delete
Unknown July 6, 2011 at 1:14 PM

iskandaria: Yupz terima kasih mas. Iya, dari perbicangan-perbincangan kecil semua masalah yang belum diketahui akan terjawab sudah yang belum ada di artikel itu tadinya. :)

Reply delete
Unknown July 6, 2011 at 1:17 PM

@bagi bagio : Betul banget bos. :)

@Zeus Osiris : Sama-sama sob, ok memang harus begitu. :)

@Rezaprama : Oh begitu, kalo ada waktu bisa juga diluangkan tuk nge blog. :)
SMP 1 kuala kapuas mas.

@iam : Iya sih itu lebih praktis, namun sepertinya itu juga tidak masalah kan?

@Angga Judistia Pradana : Iya sih, tapi semua itu tidak menghalangi blogger tetap untuk berkomentar. :)

Reply delete
Rezaprama July 7, 2011 at 11:18 AM

@mas DAW-XP : SMP 1 kuala kapuas itu kalimantan apa sumatra mas ??

Reply delete
Ladida Cafe July 7, 2011 at 2:55 PM

wah, kalo saya jawabnya 1 komentar buat bales banyak org, efektif ga yah?

Reply delete
Unknown July 8, 2011 at 4:28 PM

@Rezaprama : Kalimantan mas. :)

Reply delete
Unknown July 8, 2011 at 4:29 PM

@Ladida Cafe : Wah kalo itu sih tergantung pengunjungnya, dia merasa dihargain ga pake komentar versi mas Ladida. Kalo saya sih kayaknya tetep satu satu biar pengunjung merasa dihargai. :)

Reply delete
r10 July 8, 2011 at 5:24 PM

kalau saya malas balas komentar, saya tunggu blogspot punya fitur reply wp saja baru balas reply komen yg masuk :D

Reply delete
Unknown July 8, 2011 at 5:39 PM

@r10 : Weleh kok gitu mas, kasihan tamunya mas udah ketuk pintu berkali-kali tapi nda dibukain. :)

Reply delete
cvar August 9, 2011 at 11:05 PM

Bner banget mas,kadang kita kecewa juga setelah berkomentar ingin jawaban kita tuh di reply oleh admin,eh ditunggu2 kagak dijawab jawab,padahal kita kan nungguin juga hahaha

Reply delete
serba serbi September 26, 2011 at 5:24 PM

terimakasih gan atas ilmu, aku mau tanya gan. Kalo ngebalas kamentar yang masuk diblog kita bagai mana? Apakah langsung kita postkan seperti kita memberikan komentar? Mohon jawabannya mas. Terimakasihterimakasih gan atas ilmu, aku mau tanya gan. Kalo ngebalas kamentar yang masuk diblog kita bagai mana? Apakah langsung kita postkan seperti kita memberikan komentar? Mohon jawabannya mas. Terimakasih

Reply delete
Unknown September 27, 2011 at 9:25 PM

@cvar yupz betul sekali, padahal komentar itu seperti merupakan sebuah tamu. Rumah tanpa tamu bagaimana jadinya?

Reply delete
Unknown September 27, 2011 at 9:26 PM

@serba serbi langsung komentar di post artikel yang dikomentari pengunjung saja mas. :)

Reply delete
Kang Muroi January 9, 2012 at 3:12 PM

terimakasih atas ilmunya gan..salam kenal ..

Reply delete
Kang Muroi January 9, 2012 at 3:26 PM

Oya gan comeng lagi nih, gimana yah cara jawab banyak comment sekaligus....tengkyu jawabanya, jika sudi menjawab monggo berkunjung ke http://muroi-elbarezy.blogsot.com

Reply delete
Indonesia Ku February 13, 2012 at 5:22 AM

slmt pagi gan...infonya bagus dan aku setuju....aku selalu berusaha menjawab koment walaupun lambat krn ada kesibukan ofline...trimakasih gan...salam..

Reply delete
gejala penyakit liver March 17, 2012 at 10:25 AM

mksi bnyak ats info nya,,,:-D

Reply delete
IT Newbie January 24, 2013 at 1:20 AM

ohh.. gitu ya..
Baru tau ane bro..
terima kasih infonya ya..
Salam Kenal..

Reply delete
galih May 22, 2013 at 3:35 PM

ea jadi kaya gittuh ea
mantap gan infonya sukses terus

Reply delete
obat alergi May 27, 2013 at 3:22 PM

makasih infonya gan makasih banyak.

Reply delete
Desain Company Profile July 13, 2013 at 9:15 AM

Terimakasih banyak atas informasinya............

Reply delete
Unknown December 23, 2013 at 9:37 AM

makasii infonya ... :D

Reply delete
oyo sukarya January 9, 2014 at 8:19 PM

saya biasa melakukan jawaban komentar di blog yang dikomentari dan berkunjung komentator, thx infonya

Reply delete
Toko Obat Kuat Perkasa March 15, 2014 at 1:38 AM

Terimakasin Atas Informasinya, Semoga Manfaat
http://obatkuat-57.com/obat-pembesar-penis-vimax-canada-asli/

Reply delete
Rola Group March 16, 2014 at 11:47 AM

WAH BENER SEKALI BOS DULU ANE JUGA PUNYA BLOG TAPI SERING AKU ANGGURIN TIAP KOMENTAR EEEE TERNYATA MREKA PADA KABUR KARNA MERASA DI ACUIN


jangan lupa berkunjung balik ya,trimakasih infonya sangat membantu
Pallet murah berkualitas untuk perusaha'an anda

ingin jual pulsa,atau di pakai sendiri? harga sangat murah karna langsung dari distributor

Reply delete
Link Cerdas September 29, 2014 at 8:27 AM

Terimakasih gan ilmunya terlebih tentang komentar ini terlebih tentang SEO di komentar

Reply delete
MRS KABU LAYU February 18, 2020 at 3:37 AM

Halo, semuanya, tolong, saya dengan cepat ingin menggunakan media ini untuk membagikan kesaksian saya tentang bagaimana Tuhan mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman yang benar-benar mengubah hidup saya dari kemiskinan menjadi wanita kaya dan sekarang saya memiliki kehidupan yang sehat tanpa stres dan kesulitan keuangan,

Setelah berbulan-bulan mencoba mendapatkan pinjaman di internet dan saya telah ditipu dari 400 juta, saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari kreditur online yang sah dalam kredit dan tidak akan menambah rasa sakit saya, jadi saya memutuskan untuk meminta saran kepada teman saya tentang bagaimana cara mendapatkan pinjaman online, kami membicarakannya dan kesimpulannya adalah tentang seorang wanita bernama Mrs. Maria yang adalah CEO Maria Loan. Perusahaan

Saya mengajukan jumlah pinjaman (900 juta) dengan suku bunga rendah 2%, sehingga pinjaman yang disetujui mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena fakta bahwa itu tidak memerlukan jaminan untuk transfer. pinjaman, saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

Saya pikir itu hanya lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah 900 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan menjawab doa saya dengan memerintahkan pemberi pinjaman saya dengan kredit saya yang sebenarnya, yang dapat memberikan hati saya harapan.

Terima kasih banyak untuk Ms. Maria karena telah membuat hidup saya adil, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. Maria dengan baik melalui E-mail (mariaalexander818@gmail.com) ATAU Via Whatsapp (+1 651-243 -8090) untuk informasi lebih lanjut tentang cara mendapatkan pinjaman Anda,

Jadi, terima kasih banyak telah meluangkan waktu Anda untuk membaca tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar Tuhan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Nama saya adalah kabu layu, Anda dapat menghubungi saya untuk referensi lebih lanjut melalui email saya: (kabulayu18@gmail.com)
Terima kasih semua.

Reply delete
SAIF PROPERTY February 27, 2020 at 12:59 AM

Bismillah..
Kost2an Muslim Baru Khusus Putri dan Pasutri, dekat Unpam Viktor hanya 5 mnt, Taman Tekno hanya 10 mnt, Puspitek (Lipi) hanya 12 mnt, St. Rawa Buntu hanya 15 menit, dan Mall Aeon. 25 menit dan pedurinan gunung sindur ( kawasan industri) hanya 20 menit. Dll.

Fasilitas sbb:
- Spring Bed,
- Lemari Pakaian,
- Kursi Meja,
- Kipas Angin. ( 1 jt / bln)
- AC ( 1,2 jt / bln )
- WiFi ( Hot Spot )
- Kamar Mandi di dalam
- Dapur di dalam
- CCTV 24 jam
- Listrik Token 900Watt.
- Air Bening dan Udara Segar layaknya tinggal di Villa.

Menerima untuk:
- Harian : Non AC, 100.000
AC, 150.000
-Bulanan: Non AC, 1 jt
AC, 1,2 jt

Info lebih lanjut hub.
WA. 0812-1069-3921

Lokasi Panorama Kost on google map:
https://g.page/Hotel45/review?gm

Tolong di share dan di viralkan ya gan and ses.. Terimakasih. 🙏🙏

Reply delete

Post a Comment

Silahkan Anda kritik dan sarannya pada kolom komentar di bawah ini. Karena setiap satu kata Anda berkomentar sangat berarti untuk kemajuan blog ini (baca: Cara Berkomentar yang Baik).

 

Site Info

  • Fortuner SUV Terbaik
  • Commonwealth Life Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik Indonesia
  • Cincin Kawin
  • PageRank

    Followers

    back to topReturn to top of page Copyright © 2012 | Blog SEO DAW - XP | Tutorial Blogspot | Belajar SEO Blogspot - Privacy Policy Template by Hack Tutors