Pentingnya Berkomentar



Pentingnya Berkomentar - Selain mementingkan traffic dan SEO, kita juga memerlukan adanya komunikasi sesama blogger, yaitu bahwa pentingnya berkomentar. Komunikasi tersebut bisa berupa komentar. Dengan berkomentar, kita mengajak orang lain/blogger lain untuk berkomunikasi. Selain itu, jika kita berkomentar di blog orang lain, pastinya ada backlink yang mengarah ke blog kita.

Pentingnya BerkomentarMeninggalkan komentar di blog orang lain amatlah penting. Sangatlah rugi orang yang blogwalking namun tidak meninggalkan komentar. Namun seringkali seorang yang berkunjung ke blog lain malas meninggalkan komentar. Mungkin karena belum tahu pentingnya berkomentar di blog orang lain. Namun dalam hal ini saya tidak mengutamakan “jumlah” komentar. Jumlah komentar bukanlah hal yang penting. Tetapi isi dari sebuah komentar dan bagaimana kita menanggapi komentar tersebut adalah yang terpenting. Sebuah kedewasaan berfikir sangat diperlukan dalam hal ini. Seperti halnya sebuah cermin, komentar dapat menjadi reflection terhadap tulisan kita. Tinggal bagaimana kita memperlakukan cermin tersebut. Saya tidak pernah menilai komentar seseorang dari profesi penulis komentar, tetapi dari isi komentar itu sendiri. Dan saya tidak pernah menghapus komentar apapun baik yang kontra maupun yang menghujat saya. Karena saya percaya, sebuah komentar juga berarti gambaran jati-diri sang pemberi komentar.

Dalam dunia nyata, komentar sering diartikan sebagai sesuatu yang negatif. Makanya sering terdengar kata-kata “bawel”, “komentar melulu”, “tukang komentar”, “bisanya cuma komentar” dll yang berarti bahwa komentar itu sebagai hal yang tidak penting. Namun menurut saya, dalam dunia blogging, komentar adalah hal yang sangat penting. Karena komentar adalah sebuah penghargaan yang diberikan orang terhadap postingan kita. Seperti musisi yang melakukan sebuah konser musik, pendengar adalah pembaca postingan, tepuk tangan adalah komentar postingan. Dalam sebuah konser musik ketika tidak ada tepuk tangan ibarat sebuah konser musik yang mati. Begitu juga dengan blog, komentar adalah nyawa dari postingan kita. Komentar juga sekaligus cermin bagi kita yang menggambarkan bagaimana arti tulisan kita dimata orang lain. Komentar adalah tolak ukur pemikiran kita. Komentar adalah dialog. Komentar adalah komunikasi. Komentar adalah pembeli bagi penjual. Komentar adalah bagian yang penting dan menjadi nyawa dari sebuah blog. Oleh karena itu, hargailah sebuah komentar dengan baik. Baik itu komentar yang pro maupun komentar yang kontra dengan postingan kita. Komentar adalah bentuk penghargaan yang diberikan oleh pembaca blog kita, sudah selayaknya kita memberikan penghargaan timbal balik kepada yang memberi komentar.

Kita seharusnya sadar, dengan kita memutuskan untuk menjadi seorang blogger, berarti kita harus siap berinteraksi dengan orang lain. Hal ini berarti kita juga harus siap menghargai komentar orang lain. Apabila kita belum siap menghargai komentar orang lain, berarti kita belum siap menjadi seorang blogger. Jangan hanya memikirkan untuk orang lain yang berkomentar di blog Anda, lakukanlah komentar.

Bagi yang tidak berkomentar, itu hal yang sangatlah rugi. Mereka secara tidak langsung membuang manfaat-manfaat berkomentar di blog lain.

Apa saja manfaat-manfaat berkomentar?

1. Pencritaan diri. Dengan berkomentar Anda bisa mengenalkan siapa diri Anda, dimana blog Anda, bagaimana keahlian Anda (dengan komentar yang berkualitas Anda bisa dianggap master), dan bisa juga memperkenalkan website/produk Anda.

Citra diatas bukan hanya citra baik, tapi bisa juga citra buruk. Misalnya, komentar Anda isinya cuma sampah, berulang-ulang, pasang link kebanyakan, dan berkomentar kotor/kasar. Kalau ada yang mengklik link ke situs/blog Anda dan mengetahui siapa si komentator, bisa-bisa citra Anda di Internet bisa jatuh.

2. Menambah traffic. Seorang yang berkomentar biasanya meninggalkan link. Dan ini termasuk promosi atau iklan gratis. Tapi jangan berkomentar "kunjungi blog ini nanti Anda akan bla bla bla...". Sebaiknya komentar Anda adalah yang berkualitas. Bahkan kalau bisa lebih berkualitas dari postingan itu sendiri. Atau Anda bisa memberi solusi diantara perdebatan para komentator. Anda bisa menggunakan cara berkomentar yang baik dari blog ini.

Tapi komentar yang tidak bermutu kadang-kadang dapat kunjungan balik juga. Tergantung si pemilik blog atau komentator lainnya.

3. Backlink. Backlink merupakan nyawa dari SEO. Bahkan ada yang rela membeli list blog dofollow demi backlink. Backlink sangat mudah didapatkan dengan komentar. Tidak harus dofollow. Ada yang bilang kalau backlink nofollow juga berpengaruh ke SEO. Yaitu lebih natural dan bisa dipercaya kalau tidak nyepam backlink.

Disarankan dibaca:

4. Menghormati pemilik blog. Dengan meninggalkan komentar, secara tidak langsung Anda menyenangkan hati pemilik blog. Menghargai apa yang telah ditulis oleh pemilik blog. Dan bisa menjadi hubungan yang baik sesama blogger.

5. Memperbanyak saudara online. Walau tidak dipungkiri, mencari teman yang banyak dan instan adalah lewat forum. Tapi lewat blog juga tidak kalah seru. Dengan punya teman, Anda bisa punya dukungan ketika suatu saat Anda difitnah atau dianggap penipu.

Disarankan dibaca:

Terimakasih atas komentar teman-teman terhadap postingan saya selama ini. Semoga dengan saling memberi komentar dan menghargai komentar, kita bisa saling menjaga persahabatan kita sesama blogger yang bertanggung jawab.

Sekian dulu artikel saya mengenai pentingnya berkomentar, semoga anda paham tentang pentingnya berkomentar. Tunggu dan kunjungi terus DAW-XP untuk mendapatkan artikel terbaru mengenai berkomentar yang baik di blog orang lain.


Semoga Bermanfaat

Ingin Berlangganan Artikel Terbaru ke email kamu? Masukan Email kamu disini:

Tidak tahu cara berlangganan? Klik disini

Related Post:

Anda sedang membaca artikel tentang Pentingnya Berkomentar dan anda bisa menemukan artikel Pentingnya Berkomentar ini dengan url http://daw-xp.blogspot.com/2011/05/pentingnya-berkomentar.html, anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Pentingnya Berkomentar ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link Pentingnya Berkomentar sumbernya.


63 comments

atcan May 20, 2011 at 8:28 AM

nice post gan, saya sutuju dengan anda, bahasa adalah sebuah simbol, dengan bahasa tersebut bisa melambangkan diri seseorang, jadi seyogyanya kita berbahasa yang santun dan beretika. namun selagi saya blogwalking, masih banyak orang-orang yang hanya menyertakan komentar yang "berupa sampah".

terima kasih, sebagai newblog saya sangat mengharapkan sahabat-sahabat seperti anda. tujuan saya hanyalah sekedar sharing lewat blog, sedikit pengetahuan yang saya punya, pengalaman selama perjalanan hiup saya. O ya jangan lupa follback at http://catatan4you.blogspot.com saya sangat berharap memiliki sahabat yang selalu akrab dengan norma seperti Anda. salam sahabat.

Reply delete
myone1way May 20, 2011 at 8:49 AM

pasti dunk...komentator is number one deh, always visit n comment deh sob

Reply delete
NARUTO DOWNLOAD CENTRE May 20, 2011 at 9:40 AM

Katanya udah follow laba2 biru g' ada tu.. di daftar followq.. cek ulng mas broo// aq udah follow

Reply delete
Unknown May 20, 2011 at 10:21 AM

@atcan : Makasih mas. Memang benar, bahasa merupakan yang terpenting dalam berkomentar. Iya, sepertinya kebanyakan blogger sekarang hanya komentar yang berupa "sampah", padahal jika berkomentar baik, si admin blog pasti akan tersanjung dan balik berkomentar di blognya. :D

Makasih mas, saya juga mengharapkan sahabat seperti anda. Iya, saya pun begitu demikian. OK, pasti akan saya follback. Makasih ya dah berkunjung dan berkomentar sobat. Salam. :)

Reply delete
Unknown May 20, 2011 at 10:22 AM

@myone1way : OK. Seperti yang dikatakan di atas, komentar janganlah hanya berupa terima kasih, ok gan, dll. Namun berupa kritikan, saran dan isi dari komentar tsb. Biarpun pendek, namun berguna. :))

Reply delete
Unknown May 20, 2011 at 10:23 AM

@NARUTO DOWNLOAD CENTRE : Oh belum ada ya mas, maaf banget mas. OK saya akan follow.

Reply delete
Agriculture Product May 20, 2011 at 3:14 PM

ya memmang perlu gan...tetapi terkadang kita buru-buru untuk blogwalking...makanya gak jadi koment.hehehe

Reply delete
Ladida Cafe May 20, 2011 at 4:34 PM

betul bro :)

saya juga sudah membudayakan tiap blogskating pasti komentar, tapi tentunya nyambung dgn artikel :)

padahal artikel saya yg siap publish juga berisi hal yg sama, malah udah kalah start, wkwkwkkk
sukses selalu!!

Reply delete
Unknown May 20, 2011 at 5:07 PM

@Agriculture Product : Yups betul sekali. Padahal selain blogwalking untuk meninggalkan jejak di buku tamunya, kita juga perlu berkomentar. Jika sekedar meninggalkan jejak di buku tamu saya rasa itu akan cepat tenggelam oleh blog-blog yang lain yang chat dibuku tamunya, namun jika berkomentar saya rasa tidak akan pernah tenggelam dan hilang selagi komentar tsb berkualitas. :D

Reply delete
Unknown May 20, 2011 at 5:10 PM

@Ladida Cafe : Iya bro :))

Yupz, seperti yang dikatakan di atas dalam berkomentar tidak dilihat dari banyaknya berkomentar namun isi dari komentar tsb.

Hahaha, awalnya saya punya ide untuk menarik perhatian pengunjung untuk berkomentar, jadi ya publish aja. :)

Reply delete
Unknown May 20, 2011 at 5:32 PM

hehehehe.. yup... beber banget sob... sebagaimana yang saya posting di blog saya.. silahkan komentar di blog saya.. dan saya pasti akan follow blog anda.. !!! hhehehehe

Reply delete
Unknown May 20, 2011 at 6:09 PM

@Opick Amikom : hhe ok-ok ..
makasih dah berkunjung dan komentar sob. :D

Reply delete
Novita Sarah May 20, 2011 at 7:15 PM

wah,,, nambah info lagi gan !! :D

Reply delete
Unknown May 20, 2011 at 7:33 PM

@Leo Onix Siahaan : OK gan, kunjungi terus dan tunggu artikel selanjutnya mengenai cara berkomentar yang baik. :)

Reply delete
Darin May 20, 2011 at 8:03 PM

Sip, saling berkomentar yg positif bagus banget.
Btw, knapa artikelnya di ulang 2 kali bro? saya sampe bingung haha

Reply delete
Unknown May 20, 2011 at 8:16 PM

@Darin : Iya, begitulah.
Ga tau, padahal pas saya edit post ga kayak gitu ..
Aneh banget, ini juga lagi edit-edit.

Reply delete
MussVersiPro May 20, 2011 at 8:22 PM

para blogger kebanyakan memilih buku tamu untuk berkomentar...

Reply delete
Ladida Cafe May 20, 2011 at 9:11 PM

>> Deny Arya Wiranata : yaodah, pindah haluan artikel saya, semoga tidak sama lagi, wkwkwkwkkk :D

Reply delete
Unknown May 20, 2011 at 9:14 PM

@aNaK KoS EnTerTaiNmEnT : Iya, padahal berkomentar amatlah sesuatu yang sangat penting. Jika sekedar meninggalkan jejak di buku tamu saya rasa itu akan cepat tenggelam oleh blog-blog yang lain yang chat dibuku tamunya, namun jika berkomentar saya rasa tidak akan pernah tenggelam dan hilang selagi komentar tsb berkualitas. :D

Reply delete
Unknown May 20, 2011 at 9:15 PM

@Ladida Cafe : Hhe. maaf ya mas, iya moga ga sama lagi. wkwkwkwk :D

Anehnya kok bisa sama. :)

Reply delete
Unknown May 20, 2011 at 10:07 PM

follow sukses Jangan Lupa Di Follback Sob

Reply delete
Unknown May 20, 2011 at 10:23 PM

@Bimz Saputra : Kan sudah saya follow? Gambar laba-laba. :D

Reply delete
Tarry Kitty May 21, 2011 at 4:42 AM

Meninggalkan Komentar dimana2.
Apa ini yg buat Blog Ini rame commentnya???
Hrs Meng copy kebiaasaan Mas Deny Nich :)

Reply delete
Unknown May 21, 2011 at 11:02 AM

@Tarry KittyHolic : Yupz, jangan pernah lepas dari berkomentar.

Yupz, begitulah. Itu adalah salah satu keuntungannya. Namun selain itu, sobat juga perlu membuat artikel yang berkualitas artinya original hasil tulisan sendiri bukan karya orang lain.

Silahkan mas. Seperti yang dikatakan di atas "Kita seharusnya sadar, dengan kita memutuskan untuk menjadi seorang blogger, berarti kita harus siap berinteraksi dengan orang lain. Hal ini berarti kita juga harus siap menghargai komentar orang lain. Apabila kita belum siap menghargai komentar orang lain, berarti kita belum siap menjadi seorang blogger. Jangan hanya memikirkan untuk orang lain yang berkomentar di blog Anda, lakukanlah komentar." Nah dengan begitu, anda akan bisa membuat komunikasi sesama blogger. :D

Reply delete
shanushy0809 May 21, 2011 at 2:29 PM

salam blogger
salam silaturrahmi antar blogger mania

Reply delete
Dwiva Baskara May 21, 2011 at 2:39 PM

thx gan informasi nya,,,,,,,,

Reply delete
Unknown May 21, 2011 at 2:42 PM

@World Cake : Salam Blogger
OK, semoga silaturahmi antar blogger ini bisa terjaga. :D

@shanushy0809 : OK gan sama-sama. :)

Reply delete
Novita Sarah May 21, 2011 at 4:55 PM

Berkomentar dan berkomentar itu memang perlu gan,,
semakin banyak komentar ,, semakin terlihat ke-exisan blog kita..
:D

Reply delete
Obet Poenya May 21, 2011 at 4:59 PM

siiip gan.... Sebagai seorang visitor yang baik haruslah meninggalkan jejak berupa comment........... hehehe :)

Reply delete
Unknown May 21, 2011 at 5:32 PM

@Leo Onix Siahaan : Yupz, memang betul. Tetapi kita harus memperhatikan kualitas dari komentar kita dan cara berkomentar. Tunggu artikel selanjutnya mengenai cara berkomentar yang baik. :)

Reply delete
Unknown May 21, 2011 at 5:33 PM

@Obet Poenya : Yupz betul sekali. Jejak komentar tidak akan terhapus dan akan terkenang selamanya. :)

Reply delete
Tukang Pamer May 21, 2011 at 5:34 PM

berkomentar mempererat tali silaturahmi. hehe
salam kenal sbelumnya :D

Reply delete
Unknown May 21, 2011 at 5:37 PM

@Tukang Pamer : Yupz betul sekali sobat. Dengan begitu, pastinya kita akan bisa berkomunikasi dengan pemilik blog yang kita komentari.
Salam .. :D

Makasih sebelumnya karena sudah komentar dan berkunjung ke blog ini.

Reply delete
Novita Sarah May 21, 2011 at 5:42 PM

@Deny Arya Wiranata

sipp !!.. ditunggu gan !! :D

Reply delete
Unknown May 21, 2011 at 5:46 PM

@Leo Onix Siahaan : OK gan, silahkan tunggu. Insya Allah bermamfaat. ^_^

Reply delete
Hazred (Se-dot) May 21, 2011 at 6:37 PM

setuju gan, menurut ane lebih baik ninggalin jejak dikomentar dripada di chat box ,,

Reply delete
Unknown May 21, 2011 at 6:44 PM

@Example : Yupz betul sekali. Jika di chatbox ninggalin jejak pasti akan tenggelam. Tapi kalo komentar, pasti nda akan tenggelam, apalagi jika komentar tsb berkualitas pasti pengunjung dan terutama pemilik blog pasti akan terkesan.

Tunggu artikel selanjutnya mengenai cara-cara berkomentar yang berkualitas dan bisa membuat kesan pengunjung. :D

Reply delete
Anonymous May 22, 2011 at 4:11 PM

Saya sangat setuju dengan artikel tersebut.
Dengan meninggalkan komentar juga bisa menaikan rank blog itu sendiri.

Terima Kasih Infonya.

Reply delete
Unknown May 22, 2011 at 4:25 PM

@Koisinek : Yupz betul sekali. Saya juga berterima kasih kepada anda karena mau berkunjung dan berkomentar di blog ini. :)

Reply delete
Dode Van Persie May 29, 2011 at 6:17 PM

Informasi yang sangat menarik gan !

Reply delete
Unknown May 29, 2011 at 6:39 PM

@XpVistaSe7en : Berkomentar yang buruk ini, baca cara berkomentar yang baik. :)

Reply delete
Unknown May 29, 2011 at 10:57 PM

pasti gan... berkunjung k saya y gan ke saya.. hehe.. jadi tambah mendalami gan cara ningkatinnya gan..

Reply delete
Karyaku UMY May 30, 2011 at 8:47 AM

berkomentar membuat kita saling berinterakasi sama lain.

Reply delete
Unknown May 30, 2011 at 1:33 PM

@Kuliah Si Bursan : OK gan. Silahkan didalami masalah berkomentar ini, walaupun spele, namun sangat hebat dan bakal menjadi masalah yang besar jika tidak ditanggapi. :)

Reply delete
Unknown May 30, 2011 at 1:38 PM

@Karyaku UMY : Yupz betul sekali, saya setuju dengan sobat. :)

Reply delete
Dunia Software Gratis June 12, 2011 at 7:15 PM

wah saya setuju sob,,,,,,
karna melalui komentar kita juga bisa mengoreksi sesuatu yang kurang/ kesalahan di dalam sebuah halaman blog...

Reply delete
Unknown June 19, 2011 at 11:10 AM

@Dunia Software Gratis : Yupz betul sekali, komentar adalah sebuah kritikan untuk membangun blog. :)

Reply delete
ijosemut August 17, 2011 at 2:24 PM

mantabs

Reply delete
Yusrizal April 14, 2012 at 10:08 AM

Terimakasih,gan atas infonya.saya lebih faham tentang blogwalking.saya juga pernah baca di web seonya Brad Callen.katanya sih pertama kali setelah membuat blog/web yang kita lakukan adalah menukar link dengan blog/web yang mempunyai pagerank yang tinggi.karena sangat cepat terindex oleh google dibanding submit di addurlnya google.apa ya,gan?saya mohon permisi gan,mau memberikan info bagi yang mau download 10million blog backlink ada di http://www.ziddu.com/download/19037599/10_Million_Blog_Backlinks.rar.html.terimakasih banyak gan.

Reply delete
Obat Herbal June 28, 2012 at 8:43 AM

i like it.. makasih sob infonya. sangat bermanfaat sekali saya akan berkunjung ke info yang selanjutnya, salam kenal.
salam silaturahmi...

Reply delete
Unknown November 1, 2012 at 5:46 PM

Sobat bantu blog aku bisa gx?
Kok alexa ku belum muncul page rank nya

Reply delete
Rengga blog's November 1, 2012 at 5:48 PM

Sobat bantu blog aku bisa gx?
Kok alexa ku belum muncul page rank nya..

Reply delete
Anonymous January 15, 2013 at 10:13 PM

mantap gan... sekarang saya jadi semangat utk selalu berkomentar... ^_^

Reply delete
Serum Wajah Terbaik March 7, 2013 at 3:59 PM

Mas Deny, tulisan-tulisan Anda sangat bermutu. Saya ancungin jempol dan saya akan jadi pembaca setia blog ini. Memang betul apa yang Mas Deny tulis, komentar sangatlah penting. Saya juga kesal sekali jika ada pengunjung yang spam dengan link-link yang tidak bermutu. Semestinya komentar blog tidak diisi dengan spam-spam seperti itu agar dunia blog menjadi ladang saling berbagi ilmu, pengalaman dan membangun persahabatan sesama sobat blogger. Saran saya ke sobat-sobat semua berkomentarlah komentar-komentar yang baik dan bermanfaat untuk kebaikan kita bersama.

Reply delete
gogn May 22, 2013 at 3:37 PM

seru nih info .. makasih pak udah ngasih info yang bermang paat buat kami

Reply delete
obat alergi May 27, 2013 at 3:21 PM

makasih infonya gan makasih banyak.

Reply delete
Unknown December 23, 2013 at 10:03 AM

setuju banget ... :D

Reply delete
Lowongan CPNS January 18, 2014 at 7:08 AM

Jadi berkomentar itu penting juga ya, terimakasih infonya mas, saya mencoba belajar mengenai blogger, dan banyak pertanyaan yang jawabannya sepertinya ada di blog mas ini, thanks sudah share dan berbagi infi/ilmu ya :)

Reply delete
Vtreee November 19, 2014 at 9:51 AM

Artikel yg menyadarkanku...

Reply delete
Vtreee November 19, 2014 at 9:52 AM

Artikel yg menyadarkanku...

Reply delete
elif July 21, 2023 at 8:55 PM

Post a Comment

Silahkan Anda kritik dan sarannya pada kolom komentar di bawah ini. Karena setiap satu kata Anda berkomentar sangat berarti untuk kemajuan blog ini (baca: Cara Berkomentar yang Baik).

 

Site Info

  • Fortuner SUV Terbaik
  • Commonwealth Life Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik Indonesia
  • Cincin Kawin
  • PageRank

    Followers

    back to topReturn to top of page Copyright © 2012 | Blog SEO DAW - XP | Tutorial Blogspot | Belajar SEO Blogspot - Privacy Policy Template by Hack Tutors