Cara Berkomentar yang Baik



berkomentar baikCara Berkomentar yang Baik - Dalam berkomentar, kita juga perlu memperhatikan cara berkomentar yang baik. Mengapa demikian? Seperti halnya berkenalan, jika kita hanya langsung berkenalan saja tanpa memperhatikan cara berkenalan yang baik, apakah orang yang diajak untuk berkenalan tadi akan merespon? Tentu tidak, semua itu ada aturannya, tidak perlu dijelaskan pasti sobat semua sudah tahu kan cara berkenalan yang baik.

Sama halnya dalam dunia blogging, kalau kita mau memberikan komentar ke blog teman atau blog yang belum pernah kita kenal sebelumnya, kita harus memperhatikan dan memakai tata cara berkomentar yang baik dalam memberikan komentar, sehingga komentar kita bisa diterima oleh si pemilik blog yang kita kunjungi, dan apabila komentar kita membuat pemilik blog terkesan, bisa jadi pemilik blog akan berkunjung balik ke blog kita, sehingga tercipta komunikasi yang baik antar blogger lain (baca: Kenali Pengunjung Blog Anda).

Padahal dengan berkomentar yang baik, itu akan mempengaruhi citra dan kredibilitas kita sebagai pemilik blog dan blog yang kita komentari. Jika anda hanya memberi komentar yang simple dan tidak bermakna, seperti:

"Thanks atas infonya" atau "Bagus banget artikel ini!"

Sebenarnya komentar tersebut kurang baik, berbeda halnya dengan komentar yang berkualitas seperti ini:

"Saya kira artikel ini lumayan penting untuk blogger pemula yang ingin belajar SEO seperti saya. Namun saya tambahkan satu yang mempunyai peran penting dalam SEO, yaitu penggunakan font style. Penggunaan font ini harus diperhatikan dan juga mempunyai peran penting terhadap SEO, contohnya penggunakan bold, italic, underline, strikethrough hingga colour/warna pada kata-kata."

Terlihat berkualitas dan berarti bukan?

Dalam berkomentar yang baik pula, anda akan mendapat limpahan traffic yang besar pula. Namun saya ingatkan tidak menggunakan teknik spam komentar otomatis. Misalnya dengan menggunakan software tertentu yang bisa langsung mengirim komentar ke banyak blog.

Mungkin awalnya anda akan langsung mendapat limpahan traffic. Tapi cara ini juga cepat merusak brand blog anda. Dengan cepat anda akan segera dicap sebagai spammer komentar.

Nah, bagaimana cara berkomentar yang baik di blog orang lain? Berikut tipsnya:

1. Berkomentar Sesuai Isi Postingan

Kebanyakan orang yang berkomentar, mereka hanya ingin cepat berkomentar tanpa membacanya isi postingan terlebih dahulu, hal ini akan mengakibatkan komentarnya tidak sesuai dengan isi postingan. Berkomentar dengan terburu-buru seperti ini bisa membuat anda salah berkomentar Berkomentar dengan terburu-buru seperti ini bisa membuat anda salah berkomentar. Misalkan saja komentar anda tak sesuai, berlawanan, atau terlihat lucu dibandingkan isi posting. Anda akan terlihat “bodoh” di mata pengunjung lainnya.

2. Hindari Berkomentar Bersifat Negatif

Mungkin ketika membaca sebuah posting, anda tak setuju dengan isinya. Tentu saja anda boleh menyampaikan pendapat anda. Tapi ingat sampaikan secara elegan. Tidak dengan berkomentar yang negatif, hal ini akan dapat merusak citra anda sendiri.

Kalaupun anda tak setuju terhadap isi sebuah posting, anda bisa sampaikan secara baik. Beri komentar secara santun dan yang sifatnya membangun akan membuat anda mendapat respek dari pengunjung lainnya. Namun jika ini terjadi pada pengunjung anda yang berkomentar negatif, silakan baca artikel saya menghadapi komentar negatif (baca: tips menghadapi komentar negatif).

3. Berkomentar Satu Tema Dengan Blog

Berkomentar di satu tema dengan blog kita akan berpeluang mendapat traffic pengunjung yang lebih besar. Misalkan blog ini saja yang bertema tips ngeblog, pastinya akan berkomentar di blog yang satu dengan tema. Tetapi semua itu tidak menutup kemungkinan untuk berkomentar di blog yang temanya berbeda seperti halnya saya yang jika blogwalking akan berkomentar ke blog tersebut.

4. Berkomentar Pendek, Tapi Bermakna

Meskipun anda berkomentar pendek, tapi bermakna. Tentu pengunjung lain akan terkesan dengan tulisan anda yang walaupun pendek tetapi mempunyai arti yang lebih. Tapi perlu diingat, anda juga harus mengutamakan point pada nomer 1.

5. Komentarnya Tak Memberi Nilai Tambah

Maksudnya, komentarnya tak memberikan nilai tambah terhadap isi posting. Padahal kalau mau kita sadari, salah satu cara membentuk brand blog adalah lewat komentar (baca: Pentingnya Berkomentar). Dengan memberikan komentar yang berkualitas, yang bisa memberikan nilai tambah terhadap isi posting, akan membantu membangun kredibilitas anda.

6. Jangan Sembunyikan Identitas Diri

Ini tidak wajib, namun perlu. Maksudnya dalam berkomentar gunakanlah selalu akun blogger anda. Pada saat itu pula, pengunjung atau admin yang mengklik nama pengomentar, mereka akan tahu identitas diri anda. Dengan cara ini pula anda bisa mempererat tali silaturahmi antar blogger.

Jadi dalam anda berkomentar harus memiliki kualitas komentar yang tinggi, supaya si pemilik blog dan pengunjung lainya berkesan dan bersimpati kepada anda, walaupun hanya sekedar komentar, tetapi komentar kita menggambarkan sifat kita sendiri dalam bersosial yang baik. Nah bagaimana menurut anda? Adakah cara yang lain?

Sekian dulu artikel saya mengenai cara berkomentar yang baik. Semoga anda yang membacanya memberi manfaat tersendiri dan lebih memahami tentang cara berkomentar yang baik itu.

Ingin Berlangganan Artikel Terbaru ke email kamu? Masukan Email kamu disini:

Tidak tahu cara berlangganan? Klik disini

Related Post:

Anda sedang membaca artikel tentang Cara Berkomentar yang Baik dan anda bisa menemukan artikel Cara Berkomentar yang Baik ini dengan url http://daw-xp.blogspot.com/2011/05/cara-berkomentar-yang-baik.html, anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Cara Berkomentar yang Baik ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link Cara Berkomentar yang Baik sumbernya.


94 comments

Dode Van Persie May 22, 2011 at 10:09 AM

NICE SAHRE GAN KOMENT BALIK YA !

Reply delete
Unknown May 22, 2011 at 11:37 AM

@XpVistaSe7en : Wah belum baca point nomer 5 ya gan? ckck ..
OK gan .. :)

Reply delete
Lutfi A May 22, 2011 at 11:43 AM

yaaaa...... dan kalo berkomentar gak usah serius-serius amat lah.... kayak ngobrol aja :) hehe ...

Reply delete
Unknown May 22, 2011 at 11:49 AM

@LutFiiy Lavhalitya : Yupz betul banget. Yang terpenting komentarnya nyambung dan berkualitas sehingga pemilik blog terkesan. Betul nda?

Reply delete
choirul May 22, 2011 at 3:37 PM

@Deny Arya Wiranatawah.... saya suka sekali gaya anda... akhirnya ada yang komentar gini juga

Reply delete
choirul May 22, 2011 at 3:40 PM

pernah suatu kali saya berkunjung ke blog seseorang yang membahas tentang curhatannya, ee... di kolom komentar ada yang komentar "makasih ya gan infonya" parah banget tuh orang....

Reply delete
Unknown May 22, 2011 at 3:47 PM

@choirul : OK, makasih mas. Saya juga berterima kasih kepada mas karena mau berkunjung dan berkomentar di blog yang sederhana ini. :)

Reply delete
Unknown May 22, 2011 at 3:49 PM

@choirul : Iya, saya kira itu hanya komentar yang sia-sia. Padahal dengan berkomentar yang baik pemilik blog akan terkesan dan akhirnya dia bisa berkunjung dan berkomentar balik akhirnya terjadi komunikasi antar blogger lain. Iya kan? :)

Reply delete
azaxs May 22, 2011 at 7:36 PM

menurut saya pribadi, ndak usah telalu dibuat serius komentar, tapi tahu tempat dan paling ndak ngerti karakter dari sang pemilik blog, caranya dengan liat sekilas artikel2 sang pemilik blog..
kalo saya lebih senang orang komentar dengan komentar bagaimanapun juga, karena itu hak sang pembaca, dan sang pemilik artikel harus iklas dikomentari, karena memang postingan artikel ada untuk dikomentari, simpel.. hehe

salam kenal.

Reply delete
Unknown May 22, 2011 at 7:51 PM

@azaxs : Yupz, betul banget. Kita juga perlu lah untuk berterima kasih kepada sang pengkomentar atas kunjungan dan komentar sebagai tanda penghargaan buat mereka. Bagaimanapun juga, kita buat artikel kan untuk dibaca pengunjung, dan hak pengunjung yang menentukan ini pantas atau nda. Betul nda?

Salam Kenal juga mas, makasih kunjungan dan komentarnya. :)

Reply delete
Unknown May 22, 2011 at 8:10 PM

wkwkwkk . , barusan aja dijelasin komentator pertamax kyk gitu, wkwkwkk

betul banget bro, komentar tu sangat bermanfaat, utk diri sendiri dan sang penulis. utk sang komentator, pasti dpt backlink, dpt info baru, dll, sementara utk sang penulis, tentu dapat masukan berarti, dapat rasa "penghargaan" krn sudah ditanggapi, dan yg satu lagi, jika komentar nyambung, bisa menguatkan keyword lhoh, hehehee

dgn artikel sobat di atas, saya pun jd introspeksi krn saya sering hanya berkomentar bertemakan "nice post" , itu hanya saya lontarkan utk artikel yg betul2 saya tidak mengerti, namun tentu saya tdk separah gitu komentar saya, hehee :D tentu saya tambahkan pujian utk sang penulis utk menambah kualitasnya sbg penulis srta kualitas komentar saya biar ga dikira murahan :D

Reply delete
Unknown May 22, 2011 at 9:03 PM

@Ladida : Wkwkwk. Iya sob. Tapi itu semua tergantung dan haknya si pengkomentar, kita kan buat artikel buat dibaca dan dikomentari untuk pengunjung. Tergantung si pengunjung mau dapet untungnya atau ruginya. :)

Yupz, betul sekali. Meskipun blog ini nofollow, tetapi pengkomentar tetap dapat backlink lho. Antara pengkomentar dan pemilik blog akan merasa sama-sama untung. Iya, karena di dalam komentar ada kata-kata untuk menembak keyword yang menguatkan di SE.

Yupz, saya juga dulu sering begitu, bahkan lebih parah lagi. Namun akibat dari baca-baca di blog-blog mastah kayak kang Rahman, Mas Doyok, O-om, dll sering ketularan ilmunya. Ya di share disini sebagai pengetahuan yang didapat. Saya juga berterima kasih kepada pengkomentar karena mau berkunjung dan berkomentar seperti sahabat saya yang satu ini yaitu sobat. :)

Reply delete
"fv aRhy" May 22, 2011 at 10:02 PM

hee..
bnyak belajar dari kesalahan masa lalu nihh. :D
saya dulu sering berkomentar tidak nyambung, kadang-kadang sama seperti Ladida he maklum masih newbie..

yang penting kita dapat memahami apa itu isi artikel , jngn kyk ane dlu nda tau apa isi artikel yang penting koment.. hee

sangat bermanfaat bro.

Reply delete
sichandra May 22, 2011 at 10:17 PM

setuju sob ,
banyak blogger yg berkomentar tapi tidak ada hubunganya dengan isi postingannya..

misalnya " numpang baca sob , follow blog saya dan jangan lupa komen balik ya "

aneh aja melihatnya..

Reply delete
donimasrul May 22, 2011 at 11:29 PM

weleh2.. komentar komentar komentar.. upin ipin.com.. info yg bagus sob.. ane terapin ntar klo ane mw komentar.. heheee..

Reply delete
Unknown May 23, 2011 at 1:54 PM

@Arhy : Yupz, belajar dari kesalahan. Meskipun hanya berkomentar tapi itu sangat penting, karena mencerminkan kita sebagai blogger yang mempunyai sifat ini sifat itu.

Yupz, memahami dengan membaca artikel tsb. Walaupun sekilas, yang penting kita tahu kesimpulan dari artikel yang kita baca tsb. Iya kan?

Makasih bro, makasih dah berkunjung dan berkomentar di blog sederhana ini. :)

Reply delete
Unknown May 23, 2011 at 1:57 PM

@sichandra : Yupz, seharusnya membaca sekilas saja sudah bisa kita simpulkan isi dari artikel tsb. Contohnya saya sendiri, jika sedang bad mod, malas membaca artikel namun baca sekilas dan berkomentar akhirnya nyambung komentar kita tadinya.

Iya, padahal dengan berkomentar yang baik seperti di atas akan mencerminkan kepribadian sifat blog kita sebagai admin. Dan yang terpenting, jangan mengharapkan orang lain untuk berkomentar, komentar kok dipaksa. Seandainya komentar kita berkualitas pun, tanpa disuruh pemilik blog yang kita komentari pasti balik berkunjung dan komentar balik kok. :)

Yupz, makasih dah berkunjung dan berkomentar di blog sederhana ini. :)

Reply delete
Unknown May 23, 2011 at 1:58 PM

@donimasrul : Yupz, walaupun komentar hal spele namun mencerminkan kepribadian kita sebagai pemilik blog. Mau dicap sebagai blog yang nda tau diri? Itu semua dari cara kita berkomentar, makanya saya menulis artikel ini untuk menyadarkan pengunjung untuk berkomentar yang baik.

Makasih sob udah berkunjung dan berkomentar. Kenapa ntar? Sekarang kan bisa. :)

Reply delete
Maynanda May 23, 2011 at 7:38 PM

hm... oommm... thanks" muach" ... jadi dapat inspirasi untuk rajin berkomentar :D

Reply delete
Unknown May 23, 2011 at 8:10 PM

@Maynanda : OK, sama-sama. Iya, teruslah berkomentar dan jangan berhenti.

Maaf jika saya sekarang jarang berkomentar di blog sobat, saya sekarang banyak urusan.

Makasih dah berkunjung dan berkomentar di blog sederhana ini. :)

Reply delete
Dode Van Persie May 29, 2011 at 5:55 AM

@Deny Arya Wiranata : hehehehehehhehehe saya lupa, cuma langsung tancap koment aja gan !!!! :D

Reply delete
Unknown May 29, 2011 at 12:37 PM

@XpVistaSe7en : Udah dibilangin masih aja begitu, zzz. :)

Reply delete
Karyaku UMY May 30, 2011 at 8:43 AM

kalo sya lagi males bca postingan orng,,sya kmntar seadanya..hehehe
trnyta salah ya bgtu tuh..
Salam kenal mas dari blogger UMY

Reply delete
Unknown May 30, 2011 at 1:41 PM

@Karyaku UMY : Yupz, berkomentar yang baik mencerminkan citra dan jati diri si komentator, mulailah dari sekarang berkomentar yang baik ya. :)

Reply delete
Tips dan Trik Blog dan Komputer May 31, 2011 at 7:14 AM

wah betul tuh gan...
saya setuju dengan diatas...
akan saya terapkan...
makasih ya...

Reply delete
Unknown May 31, 2011 at 2:42 PM

@Tips dan Trik Blog dan Komputer : OK sob, betul banget. Silahkan diterapkan. :)

Reply delete
Mr.Randy May 31, 2011 at 8:07 PM

iya gan komentar nice share,pertamax itu gak ada artinya karena gak sesuai isi hehehe salam sukses slalu DAW-XP

Reply delete
Unknown May 31, 2011 at 9:34 PM

@randy oktaran : Yupz betul sekali, karena komentar merupakan cerminan kita sebagai pemilik blog. :)

Reply delete
Mimpi Siang Bolong June 24, 2011 at 10:26 PM

Saya setuju sekali dengan artikel ini, dalam berkomentar buatlah "KESAN PERTAMA BEGITU MENGGODA" dan "SELANJUTNYA TERSERAH ANDA".

Salam Takzim

Reply delete
Unknown July 11, 2011 at 3:11 PM

Wah...menarik sekali kalau soal berbicara masalah komentar. Saya sangat setuju sekali dengan point-point di atas, setidaknya mengurangi Nice Info Syndrome yang bertebaran di blog hehe... kalau saya boleh tanya, bagaimana dengan komentar yang identitasnya nama asli kita misal nama saya terus mengarah pada suatu artikel misal : w.apagitu...co/nembakjitu.htm, ini masuk SPAM nggak ya? Soalnya kadang ragu juga hehe... Masih bingung soal SPAM hehe...

Reply delete
Unknown July 11, 2011 at 5:29 PM

@Ayub Adiputra : Terima kasih mas. Gak masuk spam mas, bagus juga buat blog kita. Kecuali kita memasukkan link aktif pada kolom komentar, kemungkinan besar akan masuk spam. :)

Reply delete
Unknown July 11, 2011 at 5:30 PM

@Mimpi Siang Bolong : yupz betul sekali mas. :)

Reply delete
Unknown July 11, 2011 at 7:24 PM

Terima kasih buat jawabannya, soalnya saya juga kebiasaan seperti itu akhir-akhir ini. Memang sih hasilnya maknyus. Tapi kadang takut jadi Spammer saja hehe... salam kenal mas. :)

Reply delete
Unknown July 12, 2011 at 3:08 PM

@Ayub Adiputra : Hehe gak masalah mas, asal tidak menautkan link ke dalam kolom nya aja. Malah bagus juga, si pengunjung lain khususnya admin pasti akan penasaran dengan judul artikel mas dan mengklik artikel mas tsb. :)

Reply delete
Error Shinobi July 31, 2011 at 1:47 PM

artikel disini emang bagus2 yaa... !!, berkomentar emang sharusnya begitu...

Reply delete
Abu Hamizan August 3, 2011 at 8:04 AM

Belajar lagi di sini mas...Mungkin saya belum bisa belajr berkomentar yang baik.Tapi setelah membaca ini akan belajar lagi menjadi KOmentator Yang Baik.
Terima kasih mas atas berbagi ilmunya.Langsung dipraktekkan oleh saya.
Evaluasi mas...Apakah komentar saya barusan diatas sudah termasuk komentar yang baik..?
Ngarep banget...hehehe.Buat evaluasi saya mas

Reply delete
Unknown August 3, 2011 at 11:58 AM

@Ferry I :sudah baik kok mas, sesuai dengan contoh di atas. terima kasih komentarnya mas. :)

Reply delete
Rendy Rizaldy August 7, 2011 at 12:30 PM

@Ferry Iterimaksih infonya.Info ini sangat membantu saya untuk lebih baik dalam berkomentr di Blog.

Reply delete
Unknown August 7, 2011 at 4:47 PM

@Rendy Rizaldy : baguslah jika anda sudah mengerti. :)

Reply delete
Amien melody August 9, 2011 at 5:27 PM

Masoook gan infonx...:)

Reply delete
yeppy blog August 17, 2011 at 2:21 PM

Nice post.Tapi apakah semua para bLogger juga selalu berkomentar dengan baik?

Reply delete
Unknown August 17, 2011 at 2:26 PM

@yeppy blog : nah kan semua blogger belum tahu tentang hal ini, makanya dibuat artikel ini. Kalo perlu dicopas (tapi diberi sumber) agar semua tahu bahwa berkomentar baik itu bagus.

Reply delete
Related Software August 20, 2011 at 4:39 PM

makasih infonya mas.. aku coba dulu deh.. Hmm masih dalam tahap belajar juga nih. hehe belajar buat komentar yang baik.. :)

Reply delete
Unknown August 20, 2011 at 4:42 PM

@Related Software : ya mas, terus belajar. semoga menjadi lebih baik. Amin

Reply delete
Cek Info August 24, 2011 at 12:45 AM

mungkin sy belum membaca artikel2 yg mempubs tentang etika berkomentar
berkomentar menurut sy suatu hal yang tulus yg tidak mengharapkan suatu imbalan. jadi berkomentarlah dengan ikhlas toh nanti pasti si admin akan berkunjung balik k blog kita/membalas komentar kita :D

Reply delete
KAU INSPIRASIKU August 26, 2011 at 11:05 PM

thanks informasinya...
nice posting

(dah benar gak ya)

Reply delete
Unknown August 27, 2011 at 9:19 AM

@KAU INSPIRASIKU : belum sob, coba lihat contohnya di postingan saya ini. Terus belajar ya :)

Reply delete
Cek Info September 14, 2011 at 7:44 PM

waduh perlu diperhatikan buat yg suka nebar link :D

Reply delete
Unknown September 25, 2011 at 8:22 PM

Bagus Blognya.

Reply delete
sanusi October 6, 2011 at 12:23 PM

maksih informasinya gan

Reply delete
adi pradana October 30, 2011 at 8:39 AM

komentar yang baik memang sering diabaikan oleh para blogger, karena mereka hanya ingin mencari backlink saja. memang perlu unggahungguh berkomentar yang baik. salam kenal. kunjungan minggu pagi.

Reply delete
vikrist November 2, 2011 at 7:42 PM

hehe. . bener banget tuh mas deni. waktunya untuk bertobat. . :p
biasanya blogger yang menguasai topik artikel di suatu blog tertentu akan berkomentar panjang, tapi jika blogger tersebut berkunjung di suatu artikel dengan topik yang dia tidak kuasai, namun infoya sangat membantunya. . kadang-kadang blogger hanya bisa mengucapkan semacam "great post", "Nice info", dll (dalam konteks ini orangnya sama)
artinye : flexibel

tanpa disadari terkadang blogger yang sudah maju pun masih sering komentar yang pendek.

Reply delete
Muhammad Adam Hussein, S.Pd November 12, 2011 at 1:48 PM
This comment has been removed by the author. Reply delete
Muhammad Adam Hussein, S.Pd November 12, 2011 at 1:52 PM
This comment has been removed by the author. Reply delete
ADAMSSEIN November 12, 2011 at 1:59 PM

Bener, apa yang sodara usahakan, kenapa saya setuju, kalau dikaji dari Ilmu Psikologi yang saya pelajari, komentar yang berbobot itu termasuk orang yang memiliki cara berpikir yang jelas, kematangan mental, selain itu menunjukkan beretika atau tidaknya seorang komentator tersebut. Ya, segala keburukan haruslah diluruskan begitupun Fakta Kepalsuan Pacaran

Reply delete
Astrid Imanuel November 24, 2011 at 7:12 PM

komentar yang berkualitas akan membuat seseorang menjadi ingin membuka blog orang tersebut
komentar hampir sama dengan harga diri . CMIIW

Reply delete
amhar Sunny November 30, 2011 at 9:20 PM

wah Nice inpo gan,
Thankss

Reply delete
taufik December 4, 2011 at 11:06 PM

Berkomentar yang baik dan satun tentu akan berakibat positif bagi diri kita sendiri.

Reply delete
Anonymous December 16, 2011 at 4:33 PM
Sucinya iman December 16, 2011 at 9:23 PM

uyuuytryuu

Reply delete
mas nugroho January 9, 2012 at 9:38 AM

Setelah membaca artikel ini, wawasan saya bertambah mengenai blogwalking. Tapi kalau boleh menambahkan, bagaimana efektivitas dari komentar berkualitas? Mungkin mas Denny bisa memberikan saya satu contoh. Thanks, Salam kenal mas :-)

Reply delete
Unknown January 9, 2012 at 1:45 PM

@mas nugroho salam kenal juga mas :)
efeksifitas dari komentar berkualitas sangat banyak mas. Salah satunya adalah disegani orang.

Ketika kita berkomentar berkualitas, tentu orang yang akan membaca komentar kita akan merasa bahwa kita adalah orang yang bijak, dan pasti blog kita pun akan dikunjungi. Tentunya akan menambah visitor.

Reply delete
blogger bondowoso February 5, 2012 at 5:55 PM

terima kasih dengan informasinya yang sangat bermanfaat dan mudah dicerna. boleh kan saya belajar banyak dari blog anda? salam kenal dari blogger bondowoso. Namun yang ingin saya tanyakan agak sedikit menyimpang nih sob, kenapa kok kalau berkomentar dari blogspot ke wordpress kebanyakan tidak bisa ya, tolong dijelaskan

Reply delete
Unknown February 5, 2012 at 7:04 PM

@blogger bondowoso terima kasih mas, dengan senang hati.
maksudnya gimana ya? tolong dijelaskan lagi pertanyaannya.

Reply delete
dedek March 15, 2012 at 8:02 PM

thanks.... tmn2 klo ada waktu mampir dong

http://marfelservice.blogspot.com/

Reply delete
Kebiasaan Baik Dalam Makan | The7Bloggers March 24, 2012 at 5:44 PM

Hehehehe kalau seumpama pkek name or url mas gimana? Milih antara SEO atw identitas mas?

Reply delete
Xamthone Plus | Jelly Gamat Luxor April 18, 2012 at 5:21 PM

tanks mas infonya..
tp msh blm mngerti mas..

Reply delete
Psoriasis May 29, 2012 at 1:24 PM

bagus sekali infonya,,,jadi tahu cara berkomentar yang baik itu seperti apa,,
terima kasih

Reply delete
sekedar wawasan June 1, 2012 at 6:30 PM

iya tu sob...kalau yg komentar asal nge-junk aja atau nyepam bikin marah yg punya postingan...bener kan sob? hehehe

Reply delete
ibnoe.info June 12, 2012 at 8:03 PM

memang benar apa-apa yang agan katakan diatas, berkomentar dengan asal-asalan tanpa membaca isi dari artikel akan membuat komentar kita jauh melenceng dari topic yang dibicarakan dan tidak bisa menambah wawasan kita, komentar yang tidak baik tentunya akan membuat blog yang di kunjungi menjadi tidak indah karena komentar-komentar yang tidak berbobot tapi ini juga berdampak terhadap si komentator sendiri n salam kenal......

Reply delete
Cara Ampuh Mengobati Infeksi Saluran Kemih June 26, 2012 at 3:57 PM

Makasih infonya ....

Reply delete
Obat Herbal June 28, 2012 at 9:30 AM

hhmmm gth ya.. sebelumnya saya suka berkokmentar yang ga penting gtuh malah suka ga nyambung sama artikelnya soalnya suka langsung komen gth aja tanpa baca artikelnya hehehe...tapi setelah membaca artikel sobat, tentang cara berkomentar yang baik saya akan coba mempraktekkan tips2nya..
trimaksh sob.

Reply delete
andiseo July 31, 2012 at 3:14 PM

saya sangat setuju sama sartikel ini gan, emang bener juga dari berkomentar juga dapat menimbulkan citra baik dan buruk untuk kita sendiri, seperti contoh saya sendiri pernah ada yang berkomentar di blog saya dan komentarnya bersifat negatif, yang intinya mengajak berantem :D ... pas saya lihat siapa yang berkomentar ternyata dari sosbook yang biasa saya tempati,ceritanya begini, waktu itu saya lagi ikut kontes seo dan make cara redirect, terus tuh orang katanya redirect ini blackhat lah, kalo dilaporin bisa didiskualifikasilah.. yang pasti dia juga ikut kontes seo tapi posisinya ga tau kemana.. sampai detik ini saya ga mau make layanan sosbuknya dia lagi tuh.. padahal cuma sepele doank kan??

Reply delete
svshare7 September 12, 2012 at 7:41 PM

ya betul bangettt... ane setuju

Reply delete
BODIN LINGGA September 19, 2012 at 10:18 AM

Memberikan komentar diblog teman adalah merupakan wujud asli jati diri kita,apakah kita orang yang serius dalam bersahabat atau hanya orang yang suka basa-basi saja,Akan tetapi kawan kita memang nggak bisa menyalahkan pada teman-teman yang just say hello dikolom komentar,mungkin saja mereka sedang kejar target backlink,atau memang sedang sibuk membalas kunjungan teman-teman lain,jadi dimaklumi sajalah .Justru hal itu akan memberikan warna dalam Blog ini kawan.

Reply delete
obat diare September 27, 2012 at 3:49 PM

oke gan maaf kalau kurang sopan...

Reply delete
Anonymous November 4, 2012 at 12:33 PM

ok sangat membantu mas tQ info nya :

Reply delete
Odhzar Jhadeya December 8, 2012 at 2:33 PM

Sebuah ulasan & diskusi yang sangat menarik..

Setuju banget sob,
Dalam berkomentar sebaiknya memperhatikan point" tersebut di atas..
Membaca & memahami terlebih dahulu isi/maksud dari artikel sangat membantu kita dalam berkomentar dengan baik..

Thanks banget nih infonya..
Bermanfaat sekali untuk saya & blogger" lain juga tentunya agar bisa menerapkan cara berkomentar yang baik & berkualitas..

Reply delete
Obat Alami Luka Caesar December 14, 2012 at 9:11 AM

thanks bngetzz iia sob atas infonyasangat bermanfaat

Reply delete
tan ikent January 10, 2013 at 9:53 AM

Makasih banget yah, Info dan sarannya.
Sangat bermanfaat sekali nih buat saya, untuk belajar berkomentar.
Karena selama ini saya memang paling jarang mau berkomentar di blog.

Salam Sukses...

Reply delete
penyembuhan penyakit kanker otak January 14, 2013 at 2:05 PM

Oh jadi gituh ya ..

baru tau ane .. hehe ..

Reply delete
Serum Wajah Terbaik March 7, 2013 at 2:38 PM

Terima kasih untuk artikelnya Mas. Saya bersyukur menemukan blog ini sewaktu mencari-cari informasi di search engine. Salam kenal. Nama saya Erman. Saya baru di dalam dunia blog, jadi masih perlu banyak belajar. Saya setuju dengan isi artikel ini. Memang kita perlu sabar dalam membangun kredibilitas kita di dunia maya. Promosi akan datang jika kita menyediakan artikel dan komentar yang berkualitas. Dan yang perlu diingat setiap kali kita blogwalking dan berkomentar, tujuan utama kita untuk bersosialisasi dengan sesama blogger dan saling memberikan dukungan, nilai tambah dan positif. Bukan sekedar mau cepat-cepat "jualan" atau promosi alamat blognya. Bahasa kerennya: berburu backlink. Saya percaya backlink akan datang dengan sendirinya jika kita membangun kredibilitas dan kepercayaan pengunjung, walaupun membutuhkan waktu yang panjang. Tidak ada yang instan di dunia real maupun di dunia maya. Sekali lagi terima kasih untuk artikel ini.

Reply delete
epan May 22, 2013 at 3:37 PM

seru nih info .. makasih pak udah ngasih info yang bermang paat buat kami

Reply delete
obat alergi May 27, 2013 at 3:22 PM

makasih infonya gan makasih banyak.

Reply delete
Cytotec June 3, 2013 at 10:36 PM

makasih gan atas infonya....!!!

Reply delete
Unknown July 5, 2013 at 10:11 PM

Nice information.
Sbnernya saya newbie di blog, pengen tanya lwt comment ini...
Sori kalo ga ad hubungannya, soalnya bgg mau tanya lwt mana
Sebelumnya saya ad comment jg di blogspot lain, stelah itu saya test klik profile saya sndiri
Trs knapa yg kebuka itu malah account google+ nya yah? Bukan account yg ad blogspotnya?
If u dont mind, pls reply it. Thanks :)

Reply delete
Unknown December 23, 2013 at 10:02 AM

bener juga sih ya
tapi kadang mikir juga kan kalo kayak tutorial gitu , suda jelas , suda di ikutin juga suda selesai , gak ada yg mau ditanya'in lagi , cuma buat ngehargai yg bikin postingan kan jadi bingung mau comment apa ... :(

Reply delete
Kursi jepara December 23, 2013 at 10:22 AM

terimakasih atas info tipsnya dalam berkomentar yang baik gan,,,, saya seorang newbie jadi tips ini sangat bermanfaat sekali untuk saya,

Reply delete
Laksmie February 19, 2014 at 10:51 PM

komen di Blog itu hampir sama dengan komen di Fesbuk dan Socmed lainya,
Betul gk gan??
. . . . . . . . . . . .

Reply delete
Infoazza July 31, 2014 at 7:10 PM

jika berbicara masalah komentar, saya rasa juga tergantung dari pemilik blognya juga ya, mas. saya pernah lihat beberapa blog dimana komentarnya tidak ada yg nyambung dengan isi postingan.. yg ada malah bercandaan antara si pemilik blog dan pengunjungnya.. kalau tidak salah ingat sih ada yg menyebut istilah blogger KPK (kalau tidak salah....) tp saya lupa nama-nama blognya.. mungkin diantara teman-teman blogger ada yg tau?

Reply delete
Anonymous November 11, 2014 at 8:25 AM

Mau tanya, klo berkomentar dengan menanamkan link (ada yang bilang link mati / link hidup) itu maksudnya gmna ya ?

Reply delete
Bayu January 11, 2015 at 4:24 AM

bener gan

article nya bermanfaat

Reply delete
putra January 11, 2015 at 4:26 AM

@Infoazza

iya mas bener

Reply delete

Post a Comment

Silahkan Anda kritik dan sarannya pada kolom komentar di bawah ini. Karena setiap satu kata Anda berkomentar sangat berarti untuk kemajuan blog ini (baca: Cara Berkomentar yang Baik).

 

Site Info

  • Fortuner SUV Terbaik
  • Commonwealth Life Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik Indonesia
  • Cincin Kawin
  • PageRank

    Followers

    back to topReturn to top of page Copyright © 2012 | Blog SEO DAW - XP | Tutorial Blogspot | Belajar SEO Blogspot - Privacy Policy Template by Hack Tutors