Mengapa Blogwalking Penting?



BlogwalkingMengapa Blogwalking Penting? Sebelum membahas betapa pentingnya blogwalking, ada baiknya dulu kita mengenal definisi blogwalking. Blogwalking merupakan kegiatan kunjung-berkunjung ke blog orang lain yang terjadi di dunia maya dalam rangka bersilaturahmi.

Blogwalking adalah salah satu cara yang terbaik selain menerapkan tehnik search engine optimization (SEO) untuk mendapatkan traffic. Selain itu, kita juga bisa mendapatkan informasi tertentu dari blog yang kita kunjungi tersebut.

Pada saat blogwalking, para blogger tidak akan langsung pergi begitu saja dari blog yang mereka kunjungi. Para blogger biasanya meninggalkan jejak terlebih dahulu dengan berkomentar di blog atau di shoutbox atau tempat chat yang blog mereka miliki, ini dilakukan untuk memberitahukan pemilik blog bahwa blog mereka sudah dikunjungi.

"Apa sih manfaat blogwalking? Mengapa dikatakan penting?"
Ya memberikan traffic bagi blog kita lah

"Hah? Cuman itu doank? Males ah saya blogwalking, mendingan pake tehnik seo saja, lebih menjamin trafficnya"
Jangan pernah anda beranggapan bahwa blogwalking itu hanya cara untuk mendapatkan traffic saja. Blogwalking memang didefinisikan sebagai mengunjungi blog orang lain, tetapi arti blogwalking yang sesungguhnya adalah bersosialisasi/komunikasi dengan pemilik blog orang lain. Menurut saya seorang master seo sekalipun yang ahli dalam mendapatkan traffic di search engine, tetapi jika tanpa melakukan blogwalking saya rasa tidak lengkap dan tidak bisa dikatakan sebagai seorang blogger. Sebagai blogger tentulah kita wajib berkomunikasi dengan blogger lainnya karena dari situ kita mendapatkan banyak hal. Jadi, apa manfaat sebenarnya dibalik blogwalking itu? Mengapa blogwalking dikatakan penting? Mari sobat simak penjelasan di bawah ini:

Manfaat Blogwalking

1. Blogwalking Sebagai Ajang Promosi

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa seorang blogger tujuannya pasti untuk mempromosikan blognya. Sebagai blogger, tentulah kita wajib berpromosi juga lewat blogwalking agar blog kita semakin dikenal oleh blogger lain. Semakin sering kita blogwalking, maka semakin besar pula harapan blog kita dikenal dan dikunjungi orang lain. Kita bisa berkomentar di artikel blogger lain untuk mempromosikan blog anda. Namun yang perlu anda ingat, berkomentarlah yang baik. Jangan berkomentar yang pendek dan tidak nyambung dengan artikel yang ditulis. Ini akan berdampak pada kredibilitas diri anda sebagai pemilik blog, bisa-bisa anda akan dicap sebagai spammer.

Disarankan dibaca:

2. Blogwalking Sebagai Ajang Silaturahmi

Semakin sering kita berkunjung ke blog orang lain, pemilik blogger tersebut akan merasa simpatik dengan anda. Apabila hal tersebut dilakukan maka akan terbentuk suatu jalinan persahabatan antar blogger. Banyak keuntungan yang kita dapat dari persahabatan antar blogger, kita bisa diajak tukar link, loyal visitor, saling review dan tanya-jawab satu sama lain, bahkan kita juga bisa mendapatkan backlink dari blog ber-pagerank tinggi dari persahabatan tersebut. Ini sangat diutamakan dalam kontes seo, karena banyak yang mengatakan "banyak teman banyak rejeki" YA! Karena kita mudah mendapatkan backlink dari persahabatan tersebut. Usahakan anda membuat daftar blog yang anda kunjungi dan komentari setiap harinya agar tidak lupa dan persahabatan pun tetap terjaga.

3. Blogwalking Sebagai Tempat Mencari Backlink

YA! Selain mendapatkan traffic, blogwalking juga dapat memberikan backlink terhadap blog/website kita. Perlu diketahui, pada saat blogwalking tidak hanya pengunjung/pemilik blog yang melihat blog anda, namun juga robot google. Pada saat ia mengcrawl atau merayap suatu blog, robot google juga akan melihat link-link luar yang terdapat pada blog/website yang dirayapi. Maka beruntunglah kita jika kita meluangkan sedikit waktu untuk blogwalking karena selain mempererat tali silaturahmi, kita juga bisa mendapatkan backlink. Hal ini tidak sia-sia bagi anda yang ingin gencar mencari backlink terhadap blog/artikel yang hendak dioptimasi.

4. Blogwalking Sebagai Tempat Mencari Ide Posting

Saat kita membaca artikel-artikel blog sahabat yang kita kunjungi, kita terkadang banyak mendapat inspirasi untuk menulis artikel di blog kita. Inspirasi ini muncul saat kita benar-benar menyimak isi artikel yang kita baca tersebut. Artikel yang dibaca tersebut wajiblah yang se-niche atau satu tema dengan blog kita, agar inspirasi yang didapatkan pun tepat. Contohnya tema blog anda tentang tutorial blogspot atau blog seo, namun anda membaca artikel di blog yang bertema kesehatan, sungguh tidak nyambung kan?

Disarankan dibaca:

5. Blogwalking Sebagai Tempatnya Gudang Ilmu

Selain keempat poin di atas, blogwalking juga merupakan tempat untuk menimba ilmu di blog orang lain. Saat blogwalking kita jangan hanya meninggalkan jejak maka langsung pergi dari blog tersebut, setidaknya kita harus membaca artikel-artikelnya. Dengan begitu, kita juga akan mendapatkan ilmu yang bermanfaat saat membaca artikel-artikel blog sahabat yang kita kunjungi.

Yang perlu anda ingat manfaat blogwalking bukanlah hanya untuk mendapatkan traffic saja, tetapi banyak hal lainnya yang perlu kita pelajari dan kita terapkan tentunya sebagai bloger. Luangkanlah sedikit waktu anda untuk blogwalking ke blog orang lain.

Semoga artikel ini memberikan alasan Mengapa Blogwalking Penting untuk kelangsungan blog dan anda sebagai blogger tentunya. Setidaknya dalam sehari anda blogwalking ke 10 saja untuk menjaga persahabatan blogger. Semoga bermanfaat

Ingin Berlangganan Artikel Terbaru ke email kamu? Masukan Email kamu disini:

Tidak tahu cara berlangganan? Klik disini

Related Post:

Anda sedang membaca artikel tentang Mengapa Blogwalking Penting? dan anda bisa menemukan artikel Mengapa Blogwalking Penting? ini dengan url http://daw-xp.blogspot.com/2011/10/mengapa-blogwalking-penting.html, anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Mengapa Blogwalking Penting? ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link Mengapa Blogwalking Penting? sumbernya.


327 comments

wafariq.blogspot.com October 29, 2011 at 12:20 AM

Betul sob, banyak teman banyak rezeki :)
mau tanya nich sob, tapi jujur yach...
Blog ini (daw-xp) banyak pengunjungnya, apa sih rahasianya ?
Dan setiap artikel pasti banyak komentar, bagaimana caranya ??
Share donk....

Reply delete
www.kapukonline.com October 29, 2011 at 12:46 AM

Lha...ini, kebiasaan lama yang pernah saya tinggalkan....
Jadi ada semangat buat blogwalking lagi....nih....
Thank's ya Den...bisa ngebangkitin semangat lg menjalin silaturahmi...

Reply delete
Rama88 October 29, 2011 at 1:36 AM

sangat setuju dgn artikel yg anda tulis mas,, blogwalking tujuannya untuk mempererat tali silaturahmi sesama blogger, dan meningkatkan traffic, dan masih banyak lagi manfaat dari blogwalking tersebut seperti yg mas deny jelaskan diatas, tak kasih +1 dah buat nih artikel,, hehee,, :D

Reply delete
A-NX October 29, 2011 at 5:33 AM

betul banget sob,
juga buat nambah pengetahuan disetiap artikel temen :)

Reply delete
al kahfi October 29, 2011 at 6:56 AM

saya sih hanya mengedepankan item 5 saja sobat,, ya karena blog sy hanya tempat share,

Reply delete
Tarry Kitty October 29, 2011 at 7:10 AM

Setuju, meskipun ga ngerti backlink. Tp untuk point yg lain emang aq rasakan khasiatnya *walah ky obat* hehe

Reply delete
Unknown October 29, 2011 at 10:59 AM

@www.kapukonline.com wah bagus donk mas jika muncul semangat baru, sama-sama mas :)

Reply delete
Unknown October 29, 2011 at 11:00 AM

@wafariq.blogspot.com wah blog saya masih minim pengunjung sob, masih perlu belajar banyak.
Kebetulan saya ada artikelnya mas, silakan dibaca di penyebab blog sepi komentar

Reply delete
Unknown October 29, 2011 at 11:00 AM

@Rama88 ya, tidak hanya menarik traffic. Terima kasih mas :)

Reply delete
Unknown October 29, 2011 at 11:00 AM

@A-NX Ya, maka dari itu wajiblah kita blogwalking teman. :)

Reply delete
Unknown October 29, 2011 at 11:01 AM

@al kahfi blog tempat share tidak harus tidak blogwalking sob. Blogwalking juga penting :)

Reply delete
Unknown October 29, 2011 at 11:01 AM

@Tarry KittyHolic haha iya, selain backlink juga blogwalking memberikan manfaat lain.

Reply delete
Asis Sugianto October 29, 2011 at 11:19 AM

Awalnya waktu blog saya masih baru, saya sngat rajin untuk blogwalking untuk menambah trafik blog sya, tapi selain untuk menambah trafik, ternyata blogwalking juga dapat memberikan ikatan tali silahturahmi sesama blogger, supaya blogwalking makin bermakna, sebaiknya kita saling bertukar komentar...

Reply delete
Unknown October 29, 2011 at 11:29 AM

@Asis Sugianto ya betul sekali. Hal ini sangat diperlukan agar kita makin erat silaturahminya sesama blogger. :)

Reply delete
Farixsantips October 29, 2011 at 11:34 AM

setuju ama emas, blogwalking bukan hanya memberikan traffic saja, bisa yang lainnya seperti itu ajang pertemanan. berkat blogwalking ane punya banyak temen nih di dumay :D

Reply delete
Unknown October 29, 2011 at 11:37 AM

@Farixsantips iya mas. Kembali ke blogger, blogger bukan hanya membuat blog > menulis blog > mendapatkan uang. Terlepas dari itu, blogger merupakan ajang silaturahmi antara blogger satu dengan blogger yang lainnya. So, wajiblah kita sebagai blogger untuk melakukan blogwalking.

Reply delete
Anisayu Nastutik October 29, 2011 at 11:54 AM

BW memang penting untuk ngenalin blog yg minim pengunjung tp aku tdk mikirin backink yg penting happy blogging hehhe
artikel yg menarih sekali....

Reply delete
Iskaruji dot com October 29, 2011 at 11:54 AM

Saya lebih menekankan poin 2, 4, 5. Yang lain juga penting walaupun terkadang sudah sekunder sifatnya. Blogwalking, apalagi seperti blog saya, tanpa blogwalking bisa nulis apa..bisa2 nge-blank...haha. Happy blogging!

Reply delete
Unknown October 29, 2011 at 12:07 PM

@anisayu ya selain itu kita juga dapat menambah temen dengan blogwalking. Backlink hanya diperuntukkan untuk yang memang gencar mencari backlink. Thanks mb'

Reply delete
Unknown October 29, 2011 at 12:08 PM

@Iskaruji dot com memang sih. Iya jika blog-blog personal gitu kita harus sering blogwalking untuk mencari referensi posting. :)

Reply delete
Mbah Qopet October 29, 2011 at 12:30 PM

dapet teman , backlink dan ilmu kalo ane sekaligus Promosi juga.

Reply delete
Unknown October 29, 2011 at 12:44 PM

@Mbah Qopet pastinya kita butuh promosi dengan blogwalking tersebut agar blog kita dikenal pengunjung dan mbah google. :)

Reply delete
Farixsantips October 29, 2011 at 12:51 PM

@Deny Arya Wiranataiya bener. blogwalking merupakan kebutuhan blog itu sendiri :)

Reply delete
Unknown October 29, 2011 at 12:54 PM

@Farixsantips yaps betul sekali mas :)
apalagi yang kesulitan dan awam dengan seo. pasti perlu untuk blogwalking. :)

Reply delete
BagiBagiBlog October 29, 2011 at 12:59 PM

Wah ternyata banyak juga manfaat dari BeWe ini yach..
Gak dipungkiri kalo Bewe ini merupakan bole dibilang Symbiosis mutualisme diantara Para Blogger!!!
Karena timbal baliknya bukan hanya untuk Blog Kita tapi juga pada Blog orang lain!!!
Silaturohmi yg erat akan terjalin dgn sendirinya...
Hwehehee...

Reply delete
Unknown October 29, 2011 at 1:06 PM

@BagiBagiBlog ya, blogwalking sudah menjadi kebutuhan para blogger. Selain mendapatkan traffic, blogwalking pastinya mempererat tali silaturahmi. So, tidak hanya di dunia offline, di dunia maya pun kita mendapatkan temen.

Reply delete
Musa Khairul Umam October 29, 2011 at 1:33 PM

Ane paling suka yang 1,2,dan 5 mantep dah

Reply delete
DESA CILEMBU October 29, 2011 at 1:37 PM

hebat....dan setuju juga betul, ajang silahturahmi dan mencari ilmu. bagus lagi kalau yang dikomentari berkomentar balik, senang sama senang.

Reply delete
zhinto October 29, 2011 at 1:43 PM

bener banget tuh di atas postingannya tapi akhir2 ini jarang bw karena ada kesibukan sendiri hehehehe

Reply delete
Unknown October 29, 2011 at 2:01 PM

@zhinto ya kadang karena kesibukan real life kita sebagai blogger merupakan blogwalking. Tapi setidaknya kita merelakan waktu 20 menit saja untuk blogwalking tidak ada salahnya kok.

Reply delete
Unknown October 29, 2011 at 2:02 PM

@DESA CILEMBU yaps, ada hubungan timbal baliknya. Tapi ada juga yang tidak mau berkomentar, karena hal-hal tertentu. Misalkan blog yang dikunjungi berat, atau tulisannya sangat tidak menyenangkan, maka dari itu optimalkan blog terlebih dahulu.

Reply delete
Unknown October 29, 2011 at 2:02 PM
blogshow October 29, 2011 at 3:10 PM

setuju dengan ente sob..
ya itulah kelebihan blogwalkong

Reply delete
Error Shinobi October 29, 2011 at 3:16 PM

mantav sob ...
BW emang banyak banget dhe' keuntungannya, bisa dibilang ga ada ruginya .. krn kita bisa menambah teman dan wawasan dgn BW ...

btw..
berpartisipasi disini yach.. :) Shinobi Caemk

Reply delete
cardiacku October 29, 2011 at 3:33 PM

Ya benar sekali mas...dengan blogwalking kita bersilaturahmi dan mendapatkan ilmu lagi mas...hanya saja saya lebih cenderung untuk berkomentar dan membaca artikel ketimbang hanya berlalu saja meninggalkan link di buku tamu,shoutmix dll..Jadi terkadang saya tidak selalu bisa menbalas kunjungan sobat yang dibuku tamu.Tapi Insya Allah kalau berkomentar lebih enak untuk dikunjungi dan membalas komentarnya.
Ini juga salah satu kelemahan traffic blog Sehat Kita Semua tidak naik-naik ya mas...?

Reply delete
Bisnis Online Blog October 29, 2011 at 4:57 PM

Btul sekali tuh sobat, selain itu blogwalking bisa menambah semangat.Apalagi kalau dah mastah mastah kayak sobat ini ^_^

Reply delete
Unknown October 29, 2011 at 5:45 PM

@blogshow ya sob, semoga bermanfaat yah :)

Reply delete
Admin - Ari Software October 29, 2011 at 5:46 PM

selama ini blogwalking gk sadar ternyata manfaatnya begitu banyak. sekarang jadi tau deh thanks Masta'

Reply delete
Unknown October 29, 2011 at 5:47 PM

@Error Shinobi yupz betul, upayakan kita meluangkan waktu setiap hari untuk bw sob. :)

Reply delete
Unknown October 29, 2011 at 5:48 PM

@cardiacku ya, terkadang orang banyak salah kaprah tentang blogwalking. Blogwalking sebenarnya bukan hanya meninggalkan jejak di buku tamu, dll. Namun lebih menjurus kepada membaca artikel + berkomentar di artikel tersebut. Itulah gunanya, selain menambah traffic juga menambah temen. :)
Wah perasaan blognya mas udah banyak trafficnya. :)

Reply delete
Unknown October 29, 2011 at 5:48 PM

@Bisnis Online Blog wah saya bukan mastah mas :)

Reply delete
Dhani October 29, 2011 at 5:49 PM

yups betul itu bro, tapi gua juga jarang-2 BW nih :)

Reply delete
Evet Hestara October 29, 2011 at 6:13 PM

setuju banget !
dengan blogwalking kita bisa lebih mengenal langsung pemilik blog yang kita kunjungi..
blogwalking is like leaving comment in facebook :)

Reply delete
Unknown October 29, 2011 at 6:35 PM

aq follower ke614, follow back okay...

Reply delete
Unknown October 29, 2011 at 8:04 PM

wah banyak banget ternyata manfaat blog walking he3...blog running kayakanya lebih sehat he3..,sob mampir lg ke tmpat ak dung..he3...

Reply delete
Unknown October 29, 2011 at 9:53 PM

@Evet Hestara yupz betul sekali, blogwalking is important.

Reply delete
Unknown October 29, 2011 at 9:53 PM

@bopfive5 ok sob akan saya kunjung balik. :)

Reply delete
Rama88 October 30, 2011 at 9:38 AM

@Deny Arya Wiranata iya mas,, banyak keuntungan yg didapat dari blog walking,, hehhe,, oke sama2 mas.. :)

Reply delete
Anonymous October 30, 2011 at 9:45 AM

Selain manfaat yg udah disebutkan di atas, blog walking juga bisa dijadikan cara untuk mengurangi ketergantungan traffic dari mesin pencari.

Salam,
Kevin
Blog : www.nostalgia-90an.com
Nostalgia Segala Sesuatu Pada Tahun 90an

Reply delete
Anonymous October 30, 2011 at 3:59 PM

Jelass.. blogwalking sangat penting dan banyak manfaat yang kita dapat setelah melakukan blogwaking

Reply delete
Unknown October 30, 2011 at 7:50 PM

maksih dah dateng ya dateng lg dung he3...

Reply delete
R10 October 30, 2011 at 8:56 PM

blogwalking rasanya lebih pas untuk mencari teman deh :)

backlink hanya bonus saja :)

Reply delete
Torayasurabaya October 31, 2011 at 4:18 PM

Backlink itu ibaratkan...

Imbalan yang jatuh dari usaha BW itu..

Reply delete
Edy Sant October 31, 2011 at 6:56 PM

wahhh saya sering blgowalking kagak naik aik alexa dan page rank ane gan hehe, klo aga mantep bener dah ranking 113 ribu :-)

Reply delete
SE-DOT October 31, 2011 at 8:26 PM

yang terpenting dari semua poin diatas adalah blogwalking berguna sebagai ajang silaturahmi dan mencari kawan :)

Reply delete
XaOn October 31, 2011 at 8:27 PM

betul tuh sob, bukan hanya untuk tempat promosi blog aja blogwalking juga bisa menjadi ajang mencari teman dan bersilaturahmi

Reply delete
Unknown October 31, 2011 at 9:22 PM

sippp banget sob artikelnya

Reply delete
Unknown November 1, 2011 at 9:17 AM

blogwalking... udah jadi budaya sejak saya awal ngeblog dan menemukan teman2 yg luar biasa, sampai sekarang..

Reply delete
Farixsantips November 1, 2011 at 3:43 PM

kunujngan kesini bro bersama dan menggoncengi postingan terbaru ane :d ingin rasanya melihat new post di daw :D

Reply delete
usaha sukses November 1, 2011 at 8:55 PM

blogwalking udah jadi aktivitas blogging saya mas, silaturahminya yang penting..

Reply delete
Unknown November 1, 2011 at 9:41 PM

beneran gan tapi aneh blog saya sepi,malah sempat di nonaktifkan,pas di aktifkan ada komentar masbro di artikel saya,makasih udah komen di blog saya

Reply delete
Ageboy November 1, 2011 at 11:08 PM

udah jadi hobi nih blogwalking.hihii

Reply delete
dikutip.com November 2, 2011 at 4:30 AM

Keren, salam saya untuk Deny, yang Penting Semangat, Admin http://www.dikutip.com

Reply delete
vikrist November 2, 2011 at 7:28 PM

blogwalking dulu ah. . :p

Reply delete
Dwiki November 2, 2011 at 8:09 PM

sipp benul tuh gan !

Reply delete
Dayz November 3, 2011 at 6:27 PM

bener,, dengan blogwalking bisa saling membantu trafik juga :)

Reply delete
ahmadfuad November 4, 2011 at 5:38 PM

Benar sobat,silaturahmi penting,bukan hanya di dunia nyata,tapi di dunia seperti ini juga amat sangat penting,karena dengan berkunjunglah kita akan mendapatkan teman,sekaligus Ilmu,ilmu apa saja,kkenalkan saya Ahmadfuad,blogger baru.....

Reply delete
pulsa elektrik murah November 4, 2011 at 7:41 PM

semua point di atas ane setuju semua sob,blogwalking emang banyak manfaatnya

Reply delete
cyberinfobiz November 5, 2011 at 3:58 AM

walking-walking emang dari doeloe bikin sehat koq gan...wkwkwk

Reply delete
bisnis mahasiswa November 5, 2011 at 4:35 PM

suka bgt nih dgn jalan-jalan ke blog temen,jd bnyak ilmu dan teman nh gan

Reply delete
karl November 7, 2011 at 10:17 AM

good article.....

Reply delete
cap1 November 7, 2011 at 10:20 AM

very nice this article....

Reply delete
Belajar Bisnis Online Dasar November 9, 2011 at 12:10 AM

benar banget tuh mas blog walking emang suplemen khusus yang mesti rutin dikerjain tiap hari . sedikit lagi nambahin blogwalking selain bisa dipakai untuk meningkatkan traffik dan backlink bisa juga blogwalking dipakai untuk memotivasi dan terus mengembangkan kemampuan diri sebagai blogger sejati......

blog bisnis Online | Bisnis Internet | Internet Marketing

Reply delete
Unknown November 9, 2011 at 1:52 PM

@ahmadfuad Yaps benar. Kita harus bisa bersosialisasi dengan sesama manusia. Semua manusia pasti tidak akan bisa hidup tanpa manusia lainnya, makanya dari itu kita perlu bersosialisasi walaupun di dunia blogging atau dunia maya. :)

Reply delete
Unknown November 9, 2011 at 1:53 PM

@Belajar Bisnis Online Dasar yupz betul mas, jangan hanya menunggu saja. Kesuksesan tidak akan datang dengan sendirinya tanpa sebuah usaha. Blogwalking memang cara tepat untuk menaikkan traffic dan backlink serta mendapatkan ilmu. :)

Reply delete
Unknown November 9, 2011 at 1:54 PM

@rendracyber ok sama-sama mas bro :)

Reply delete
meteor November 10, 2011 at 6:19 PM

yups setuju..

Reply delete
Admin AspirasiSoft. November 10, 2011 at 6:38 PM

blogwalking itu penting agar kita mendapat inspirasi untuk mengembangkan blog kita
Visit us:
www.aspirasisoft.blogspot.com

Reply delete
cyberinfobiz November 13, 2011 at 5:47 PM

blogwalking and daily blogwalking

Reply delete
Hasimas : Hacking Tutorial November 14, 2011 at 7:54 PM

iya mas, bener banget, contohnya kaya disini, saya mendapat banyak ilmu soal nofollow dan dofollow, sekalian silaturahmi juga :D

Reply delete
kord gitar lagu indonesia November 15, 2011 at 3:06 PM

waah nice post sir,makanya aku komentar disini..huehehe,itung2 blogwalking & sowan jg.semangat teruuus

Reply delete
Wage November 16, 2011 at 1:57 AM

Makasih infonya ndan, mampir sini yaks baru bikin kemaren blom kluar di google -.-
www.arsip3gp.blogspot.com

Reply delete
Techiru November 16, 2011 at 3:34 AM

Yuupz detuju sekali dengan artikel yg dibuat..
sy admin dari

http://style-logic.blogspot.com/

meninggalkan jejak ya disini,..
jika berkenan tolong dong berkunjung balik ke blog saya dan sekalian koment, follow n like ya... hehe..
Terimakasih..

Reply delete
Iand Pryanto November 16, 2011 at 8:14 PM

benar banget tuh mas blog walking emang suplemen khusus yang mesti rutin dikerjain tiap hari . sedikit lagi nambahin blogwalking selain bisa dipakai untuk meningkatkan traffik dan backlink bisa juga blogwalking dipakai untuk memotivasi dan terus mengembangkan kemampuan diri sebagai blogger sejati......

mampir juga yah agan + aganwati
http://iandpryanto.blogspot.com/

Reply delete
cues November 16, 2011 at 8:18 PM

thanks ya mas,,,atas info nya

numpang promosi blog
www.immanueladmin.blogspot.com
tukeran link mas

Reply delete
atadroe88 November 16, 2011 at 10:13 PM

numpang jalan2 deh... ^_^

Reply delete
Anonymous November 19, 2011 at 7:59 PM

nitip yah mas
http://nellahutasoit.wordpress.com/

Reply delete
MetSays November 20, 2011 at 6:23 AM

duh...nice inpo sob....

Reply delete
seonon November 21, 2011 at 9:23 AM

mampir sejenak

Reply delete
simonlebon November 24, 2011 at 6:21 PM

Nice blog,,, Salam kenal mas
http://damaiqu.blogspot.com

Reply delete
Astrid Imanuel November 24, 2011 at 7:02 PM

Untuk nambah-nambah ilmu dan teman itu penting
walaupun males posting , yang pasti blog walking

follow http://sidekilikanan,blogspot.com

Reply delete
supriyanto November 24, 2011 at 8:14 PM

bener banget gw jadi pingin blogwalking nih

numpang backlink ya http://arouw.blogspot.com

Reply delete
Baregos Blog November 28, 2011 at 10:26 AM

Cukup berguna buat nubie tool kaya ane mas...
mksih infonya , kapan2 mampir jg y Http://bareg0s.blogspot.com

Reply delete
greativity November 28, 2011 at 4:21 PM

bener banget bro...
mau menjalin tali silaturahmi dulu :)

Reply delete
hidayat November 29, 2011 at 8:17 PM

wah....thanks atas postingannya, thanks atas pencerahannya..

Reply delete
sandi November 29, 2011 at 11:24 PM

mas bro, saya numpang baca yah... hehe

Reply delete
Vanind November 29, 2011 at 11:47 PM

Berguna banget mas.
Mampir ke web saya ya www.designopedia.tk

Reply delete
ardi November 30, 2011 at 11:27 AM

Nice artikel sob :D

Reply delete
SaikoInk December 7, 2011 at 10:53 AM

Bos mantep banget nih artikelnya buat saya yg belum lama menggeluti dunia per-blog-an. Kebetulan saya sedang merintis blog untuk peluang usaha produk saya.Thx atas infonya yaa
ditunggu kunjungan baliknya ya :)

Reply delete
jarkosih December 7, 2011 at 11:09 PM

keren

Reply delete
Unknown December 9, 2011 at 2:53 PM

wah ini artikel dan blog banyak pengunjungnya,
hasil dari membaca postingan kali ini berarti blogwolking itu juga perlu, sedikit banyak dapat membantu seo blog kita sendiri (ok terimakasih)


upgrade Samsung Galaxy mini android 2.2 Froyo to android 2.3.4 Gingerbread

Reply delete
Radi December 9, 2011 at 7:34 PM

blogwalking

Reply delete
amhar sunny December 10, 2011 at 11:10 PM

Teraplikasikan,, PASTI,,

Reply delete
Ban Terbaik di Indonesia GT Radial December 12, 2011 at 12:45 PM

betul mas ane stuju dgn yg stu ini Blogwalking Sebagai Tempat Mencari Backlink...
salam kenal ya gan Ban Terbaik di Indonesia GT Radial thanks ya

Reply delete
Unknown December 14, 2011 at 3:06 PM

wih... nice info..
ane baru tau nih ...
klo berkenan singgah sebentarlah di Ensiklopedia Gaul (http://gaullaerning.blogspot.com/)

makasih...

Reply delete
ekayulianta December 15, 2011 at 6:53 PM

Salam kenal dari jogja

Reply delete
Rahmat December 16, 2011 at 12:30 AM

waah..nice info gan..sbagai blogger pemula saya harus banyak belajar nih gan..thanks yah gan infonya..maju terussss!!!

Reply delete
Unknown December 16, 2011 at 7:08 PM

Postnya berguna bgt Gan!:D

Mampir ke Blog saya ya

http://boonganblog.blogspot.com/

Reply delete
larning seo December 17, 2011 at 9:51 AM

Blogwalking emang cara belajar yang bagus bagi seorang pemula di dunia blogger seperti saya ..
info yang sangat bagus sob .. Nice Blog. Very informative content

Reply delete
BloggerDiningrat December 19, 2011 at 8:45 PM

Blogwalking: Mempererat tali silaturahmi atar sesama blogger...
I Like It..

Reply delete
Kahfi December 21, 2011 at 9:10 AM
This comment has been removed by the author. Reply delete
lazuardi December 21, 2011 at 11:24 AM

hikmah silaturahmi di dunia maya...
dapet trafick, backlink, nambah ilmu, nambah temen....
http://www.thenew-iphone5.com/

Reply delete
Rick-culous December 21, 2011 at 2:47 PM

poi 1 dan 2 gan




http://www.berbagi-ilmualaniit.co.cc/

Reply delete
solusidualapan December 22, 2011 at 3:13 PM

kadang males juga buat blogwalking, padahal efeknya bagus buat blog hehehe

Reply delete
Unknown December 23, 2011 at 11:51 PM

Lagi jalan jalan ni gan... bermanfaat banget nii hehehe
visit juga ya spirtusminumanku.co.cc

Reply delete
Unknown December 25, 2011 at 8:48 PM

Oke2..makasih infonya, jangan lupa kunjungi: www.e-galeri.co.cc

Reply delete
Unknown December 27, 2011 at 4:14 PM

blogwalking,saya newbie mas, masih banyak copas d content saya, mohon bimbinganya ... http://ruangkreasidesign.blogspot.com

Reply delete
Ф дфѕдғфдғ Ф December 27, 2011 at 9:19 PM

iya sih blogwalking itu penting,
tapi beda dengan yang sekarang blogwalkingnya KURANG KOMPAK
mending sering komeng aja di blog lain dijamin rank naek terus
mungkin itu juga haahah...

Reply delete
Unknown December 28, 2011 at 9:33 PM

@kahfi wiyadi Tentu. Sudah saya katakan di artikel di atas blogwalking sebagai tempat backlink. Nah dari backlink itulah yang dapat menyebabkan pagerank naik. :-)

Reply delete
Bali Hotels Online Reservation December 29, 2011 at 10:25 AM

Terima Kasih kak , untuk tips nya.... saya akan coba ^_^

Reply delete
Muhammad Alif Haidar December 29, 2011 at 6:22 PM

bagus tipsnya
saya blogger pemula sangat berterima kasih :DD

Reply delete
Vinta Suci Ramadhini December 30, 2011 at 12:42 AM

Nice article :D

-blogwalking-

Reply delete
Rando December 30, 2011 at 3:22 PM

nice info gan

Reply delete
AndiSeo December 31, 2011 at 4:04 AM

Yapz betul.. Sama seperti didunia nyata.. silaturahmi itu agar kita banyak teman.

Reply delete
Boriel Cyber December 31, 2011 at 4:58 PM

BLOGWALKING....

Reply delete
RESUME IMMORAL RELEASE January 1, 2012 at 11:15 AM

wah wah, , gitu ya. Setuju banget, sekalian cari temen n ilmu

Reply delete
Gotama January 2, 2012 at 10:45 AM

Bener banget mas, blogwalking tuh emang penting ^_^

Reply delete
kios herbal January 3, 2012 at 2:33 PM

blog walking itu emg bermanfaat bisa diibaratkan dengan simbiosis mutualisme...

Reply delete
obat herbal luka bakar January 3, 2012 at 2:37 PM

blog walking itu emg berperan penting bagi kedua belah pihak, tapi terkadang ada juga sih pihak yang dirugikan,bener ngga gan??

Reply delete
obat herbal penyakit jantung January 3, 2012 at 2:45 PM

aq sering denger tuh blog walking....
dan emg sih kebanyakan orng suka melakukan kegiatan seperti itu...
karena selain menguntungkan untuk blog yang dikunjungi dan juga menguntungkan bagi mereka2 yang berkunjung selain bisa meningglkan jejak juga bisa mendapatkan ilmu yang baru....

Reply delete
Selvia Sari January 3, 2012 at 4:36 PM

intinya, blogwalking itu memang penting banget :D

Reply delete
Kesehatan Alami Dengan Xamthone Plus January 5, 2012 at 3:46 PM

Artikel yg bagus dan menarik gan..

Reply delete
kautau[dot]com January 6, 2012 at 9:38 PM

akus suka temlate blog kamu bang

Reply delete
seo tools12 January 6, 2012 at 9:41 PM

keren dan sanget setuju saya

Reply delete
Unknown January 8, 2012 at 1:33 AM

MAntab... postingannya.... :)

Reply delete
renovasi rumah January 11, 2012 at 9:05 PM

template abang ini bukan template yg di kasi blogcepot yaa.....bikin sendiri yaa/// keren bgt niy

Reply delete
Yudha January 12, 2012 at 2:09 PM

Semakin banyak teman, semakin banyak ilmu, semakin banyak backlink gan...

Reply delete
Obat Kanker Kelenjar Getah Bening January 16, 2012 at 9:03 AM

Bagiku itu memang sangat penting gan ,,

Reply delete
kiosherbal January 17, 2012 at 7:54 AM

wah banyak sekali manfaat dari blogwalking itu,tapi klo boleh tahu gan apa sich manfaat yang paling utama atau yang paling tinggi manfaatnya dair blogwalking itu sendiri..???
tks

Reply delete
diabetes melitus January 17, 2012 at 7:59 AM

klo menurutku juga sich blogwalking itu sangat penting,selain manfaatnya telah disebutin diatas..dan juga blogwalking itu bisa mempertahankan website kita bahkan bisa menaikan posisi di serch engine...

Reply delete
Tour Explora January 18, 2012 at 11:57 AM

Wah thanks banget infonya. ternyata blogwalking bisa kebaca sama google juga yah

Reply delete
ruri January 19, 2012 at 11:18 PM

wah harus semangat walking walking ke blog nie.. harus semangat...

thanks bgt infonya gan... :)

Reply delete
Lilih January 21, 2012 at 11:07 PM

tapi apakah blog walking juga harus ke sesama tema, biar klop gitu

Reply delete
Unknown January 22, 2012 at 12:24 AM

@Indonesia Revive! jika tujuan mas mencari backlink, tentu alangkah bagusnya blogwalking ke blog yang se-niche.

Reply delete
Hadi Safa'at January 24, 2012 at 10:31 PM

blogwalking :D
biar blog saya cepet terkenal

Reply delete
ranus January 25, 2012 at 12:28 AM

Bener juga ya..jadi semangat ni ..JJB (jalan2 Blogs)

Reply delete
obat herbal January 25, 2012 at 3:16 PM

saya rasa blog walking itu emg perlu...kan dengan blogwalking kita bisa bersilaturahmi dengan yang punya blog..dan akan semakin banyak kenalan...n...salam kenal....

Reply delete
wonoventura January 30, 2012 at 1:42 PM

setuju dengan post anda, walau ada beberapa temen saya yang sedikit berbeda pendapat soal blogwalking! Mungkin point penting yang bisa saya dapet ya "fungsi promosi"

Reply delete
Dental Journal February 2, 2012 at 6:04 PM

I agree with you...

Reply delete
Unknown February 3, 2012 at 12:20 AM

wah ternyata blogwalking bermanfaat ya kk.. sebagai seorang yang baru muncul di dunia blogger spt saya ne info bagus banget kk..

Reply delete
Vibration Analysis February 3, 2012 at 9:02 AM

benar blog walking dapat mengembangkan blog kita..

Reply delete
Timbangan Hewan February 4, 2012 at 9:32 AM

thanks bro infonya

Reply delete
Unknown February 5, 2012 at 7:36 AM

iya bener juga gan, bagi blogger pemula kaya ane, ini penting juga.

Reply delete
Mangga February 5, 2012 at 3:20 PM

nice info, :)

Reply delete
TaBha February 6, 2012 at 12:53 PM

Bisa dicoba nih. semoga tambah teman dan menaikkan rank...hahahaha

Reply delete
Budi Agung February 7, 2012 at 6:36 AM

blogwalking, kunjungi blogku ya, tinggalkan komen jika berkenan
http://destarifky007.blogspot.com
postingannya masih dikit, soalnya itu blog buat lomba :)

Reply delete
Unknown February 7, 2012 at 11:46 PM

thank brow sangat membant banget

Reply delete
premium breast up February 9, 2012 at 8:11 AM

Amazing artikel…. Semoga saya bisa praktekan tipsnya dan berhasil

Reply delete
obat pembesar payudara February 9, 2012 at 8:16 AM

Terima Kasih, Tulisan yang sangat membantu. Salam Sukses!

Reply delete
cream pembesar payudara February 9, 2012 at 8:20 AM

Terima kasih atas pencerahannya, tulisannya menarik juga. Saya akan coba

Reply delete
cara memperbesar payudara February 9, 2012 at 8:23 AM

aku paling senang dengan semua pengetahuan ini, terima kasih sudah berbagi ilmu

Reply delete
cara membesarkan payudara February 9, 2012 at 8:26 AM

Setelah membaca Info dan Artikel, saya jadi ingin mencoba. Salam Sukses

Reply delete
cara memperbesar payudara February 9, 2012 at 8:30 AM

Terima kasih atas Artikel dan Info yang selalu menambah wawasan.semoga sukses

Reply delete
bra pembesar payudara February 9, 2012 at 9:36 AM

boleh di cobs tipsnya dan semoga berhsil semangat

Reply delete
ambrace February 9, 2012 at 9:40 AM

cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

Reply delete
pemutih badan February 9, 2012 at 9:45 AM

Tulisan dan Tipsnya sangat bermanfaat dan Infomatif. wajib dicoba. sukses selalu.

Reply delete
cara memutihkan kulit tubuh February 9, 2012 at 9:53 AM

Tips yang cerdas cuma di Wibesite ini banyak kumpulan Artikel bagus. harus dicoba. salam sukses

Reply delete
pemutih badan February 9, 2012 at 9:56 AM

Amazing artikel, Infonya bagus banyak mengandung Tips dan Pesan yang bermutu. salam sukses

Reply delete
cara memutihkan kulit badan February 9, 2012 at 9:59 AM

Tips dan Info menarik, boleh dicoba, Semoga berhasil

Reply delete
cara memutihkan kulit February 9, 2012 at 10:12 AM

Setelah membuka Wibesite ini, saya menemukan Artikel yang Amazing dan infonya boleh dicoba. Sukses selalu

Reply delete
minyak bulus February 9, 2012 at 10:17 AM

Saya menemukan Artikel hebat di wibesite ini jadi ingin coba Tipsnya. Semoga berhasil

Reply delete
tips memutihkan kulit February 9, 2012 at 10:22 AM

Artikel Menarik terutama Infonya, boleh dicoba. Salam sukses

Reply delete
pemutih tubuh February 9, 2012 at 10:26 AM

Saya senang setelah membaca Tips dan Artikelnya, harus dicoba.Semoga berhasil

Reply delete
pemutih ketiak February 9, 2012 at 10:32 AM

Info dan Tulisannya Amazing, boeh dicoba. Sukses selalu

Reply delete
cara menghilangkan ketiak hitam February 9, 2012 at 10:35 AM

Tipsnya sangat Infomatif, wajib dicoba salam sukses

Reply delete
pemutih selangkangan February 9, 2012 at 10:41 AM

Terimakasih Banyak Tips dan Artikelnya, boleh dicoba. Salam sukses

Reply delete
cara memutihkan ketiak February 9, 2012 at 10:45 AM

Terimakasih Artikelnya bermanfaat dan Infonya menambah Ilmu pengetahuan. Harus dicoba. Semoga berhasil

Reply delete
pemutih muka February 9, 2012 at 10:49 AM

setelah saya mencari cari di beberapa Wibesite , saya menemukan Artikel yang Bagus dan bermanfaat. Patut di coba, sukses selalu

Reply delete
krim pemutih wajah February 9, 2012 at 10:52 AM

Saat membaca Artikel dan Tipsnya yang benar benar menarik. Jadi ingin mencoba. Salam sukses selalu

Reply delete
cream pemutih wajah February 9, 2012 at 10:55 AM

cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

Reply delete
cara memutihkan kulit wajah February 9, 2012 at 10:58 AM

Wibesite yang menarik di dalamnya banyak Artikel dan Tips yang mengandung Ilmu Pengetahuan, Harus dicoba.Terimakasih

Reply delete
pemutih wajah February 9, 2012 at 11:01 AM

Saya senang membaca Info dan Artikel yang di buat di Wibesite ini. Patut dicoba. Salam Sukses selalu.

Reply delete
cara menghilangkan bekas jerawat February 9, 2012 at 11:08 AM

Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

Reply delete
penghilang bekas jerawat February 9, 2012 at 11:11 AM

Wibesite yang sangat Amazing, Artikel dan Tipsnya boleh dicoba. Semangat !!

Reply delete
cara menghilangkan bekas jerawat February 9, 2012 at 11:16 AM

Cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

Reply delete
menghilangkan bekas jerawat February 9, 2012 at 11:20 AM

Postingan yang sangat Hebat, Tips boleh dicoba.salam sukses

Reply delete
wish beauty bust February 9, 2012 at 11:25 AM

Artikel yang bermanfaat dan berguna, wajib di coba. sukses selalu

Reply delete
cara perawatan payudara February 9, 2012 at 11:30 AM

Ilmu yang sangat Hebat, boleh dicoba Artikel dan Tipsnya. Semoga berhasil

Reply delete
cara merawat payudara February 9, 2012 at 11:34 AM

Artikel yang benar benar sangat infomantif dan Kreatif. boleh dicoba, sukses selalu

Reply delete
cara mengencangkan payudara February 9, 2012 at 11:36 AM

setelah saya mencari cari di beberapa Wibesite , saya menemukan Artikel yang Bagus dan bermanfaat. Patut di coba, sukses selalu

Reply delete
beauty bust February 9, 2012 at 11:41 AM

Baru kali ini saya membaca Artikel yang sangat membangun. Boleh dicoba

Reply delete
beauty bust February 9, 2012 at 11:44 AM

boleh di coba tipsnya dan artikelnya

Reply delete
@adinxtm February 10, 2012 at 12:44 AM

ikutan blog walking bro, silaturahim

Reply delete
Abg Cantik February 14, 2012 at 9:58 PM

Makasih bro, kini saya tahu pentingnya blogwalking :)

Reply delete
SSBS February 15, 2012 at 8:47 AM

saya setuju dengan postingan ini. karena semakin banyak kita berkunjung ke blog sahabat, semakin banyak pula teman yang kita miliki.

salam kenal.

Reply delete
adib February 15, 2012 at 8:33 PM

bener banget. harus pintar pintar bersosialisasi di dunia maya bukan... sama juga kalau dalam dunia nyata kita pintar bergaul pasti banyak teman yang mampir ke rumahkita kan...


salam kenal
www.adib21.com

Reply delete
InfoManier February 15, 2012 at 8:36 PM

Thanks infonya kunjungi http://infomanier.blogspot.com

Reply delete
Budi Agung February 16, 2012 at 9:36 AM

hai blogwalking
http://catatan-si08.blogspot.com
http://destarifky007.blogspot.com

Reply delete
YOUSHE February 18, 2012 at 3:26 PM

Iya bang blogwalking emang sangat penting buat kita .. bahkan blog kita bisa melejit jika kita mau blogwalking .

Reply delete

Post a Comment

Silahkan Anda kritik dan sarannya pada kolom komentar di bawah ini. Karena setiap satu kata Anda berkomentar sangat berarti untuk kemajuan blog ini (baca: Cara Berkomentar yang Baik).

 

Site Info

  • Fortuner SUV Terbaik
  • Commonwealth Life Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik Indonesia
  • Cincin Kawin
  • PageRank

    Followers

    back to topReturn to top of page Copyright © 2012 | Blog SEO DAW - XP | Tutorial Blogspot | Belajar SEO Blogspot - Privacy Policy Template by Hack Tutors