Benarkah Google Tidak Butuh Backlink?



google tidak butuh backlinkBenarkah Google Tidak Butuh Backlink? - Banyak yang bilang bahwa Google tidak butuh backlink lagi. Isu tersebut tidak benar adanya, disini saya akan memposting untuk meluruskan saja tentang berita yang beredar tersebut.

Benarkah Google Tidak Butuh Backlink? Ilmu SEO memang penuh misteri. Semakin berjalannya waktu, ilmu seo akan terus berkembang maka dari itu kita harus sering baca-baca agar ilmu seo kita nambah.

Algorithm Google 2011 sangat kejam, sampai-sampai ada yang bilang backlink sudah tidak dibutuhkan lagi. Sebenarnya itu tidak dibutuhkan, namun hanya mengesampingkan atau menomorduakan, yang jadi utama adalah seo onpage dan kontes berkualitas. Backlink masih dibutuhkan, namun jangan sampai berlebihan, jangan membeli backlink yang ribuan banyaknya, hal itu akan sia-sia. Disini saya akan menjelaskan beberapa yang dapat menentukan hasil di SERP:

1. SEO OnPage
Yang paling menentukan posisi kita di search engine adalah tehnik seo onpage. Tehnik SEO On Page adalah mengoptimalkan teknik SEO di dalam blog kamu sendiri misalnya dengan mengoptimalkan penggunaan keyword, memasang breadcrumb di blog (baca: membuat navigasi breacrumb di blogspot), membuat link internal (baca: cara membuat link internal di setiap postingan), tag title, hingga pemasangan meta tag (baca: cara membuat meta tag seo friendly).

2. Kualitas Konten
Kualitas konten juga sangat berpengaruh terhadap posisi kita di search engine. Google sangat menyukai artikel yang original dan fresh. Maksudnya anda harus membuat sebuah artikel yang terlihat fresh namun hasil karya anda sendiri. Dengan begitu, google akan memberikan posisi yang terbaik di search engine miliknya.

3. Backlink
Backlink bukannya tidak dibutuhkan lagi, namun dinomorduakan oleh google. Walaupun backlinknya banyak tapi tidak seimbang dengan seo onpage, hal itu akan sia-sia. Carilah backlink yang sewajarnya saja, jangan berlebihan. Jangan menggunakan cepet cari backlink seperti boomber backlink, backlink boost, beli backlink ataupun yang lainnya. Maka dari itu anda wajib menekankan ke seo onpage dan seimbangi dengan backlink juga agar bisa terus bertahan.

Lihat kutipan langsung yang saya kutip dari situs resminya google webmaster berikut ini:
“Our advice for publishers continues to be to focus on delivering the best possible user experience on your websites and not to focus too much on what they think are Google’s current ranking algorithms or signals. Some publishers have fixated on our prior Panda algorithm change, but Panda was just one of roughly 500 search improvements we expect to roll out to search this year. In fact, since we launched Panda, we’ve rolled out over a dozen additional tweaks to our ranking algorithms, and some sites have incorrectly assumed that changes in their rankings were related to Panda. Search is a complicated and evolving art and science, so rather than focusing on specific algorithmic tweaks, we encourage you to focus on delivering the best possible experience for users“.
Di dalam kutipan itu, sangat jelas bahwa Google menekankan user experience yang dengan kata lain, optimasi seo on page adalah salah satu jalan meningkatkan user experience. Intinya seo onpage yang paling berpengaruh dalam menentukan hasil posisi blog maupun artikel blog anda di search engine, jadi jangan remehkan seo onpage.

Sekian dulu artikel saya mengenai Benarkah Google tidak butuh backlink?. Semoga dengan artikel ini dapat meluruskan temen-temen yang berbicara seenaknya tanpa referensi yang jelas tentang kebenaran hal tersebut. Semoga bermanfaat

Ingin Berlangganan Artikel Terbaru ke email kamu? Masukan Email kamu disini:

Tidak tahu cara berlangganan? Klik disini

Related Post:

Anda sedang membaca artikel tentang Benarkah Google Tidak Butuh Backlink? dan anda bisa menemukan artikel Benarkah Google Tidak Butuh Backlink? ini dengan url http://daw-xp.blogspot.com/2011/09/benarkah-google-tidak-butuh-backlink.html, anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Benarkah Google Tidak Butuh Backlink? ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link Benarkah Google Tidak Butuh Backlink? sumbernya.


232 comments

5 Ilustrasi Lady Gaga Yang Unik dan Keren September 3, 2011 at 12:09 AM

PERTAMAXXXX akhirnya bisa pertamax ..

saya ijin baca dulu mas .. sambil liat timnas .. kalah nii ..

Reply delete
ali September 3, 2011 at 12:16 AM

jadi backlink gak ngaruh ya

Reply delete
Bayu September 3, 2011 at 1:05 AM

iya bang banyak blog yang mengatakan backlinknya berpengaruh tapi sebagian juga ada yang mengatakan tidak berpengaruh . .buat saya yang belum tau apa'' soal seo gini jadi bingung.. . Terima kasih atas pencerahannya bang!!!!!
Oiya, saya pernah baca artikel katanya frekuensi update post di blog tidak berpengaruh pada posisi (kalo tidak salah SERP). . Katanya isi konten yang bermanfaat yang di jadikan acuan google benarkah begitu bang? .. .
Saya sangat senang jika abang mau memberikan pencerahan masalah diatas . . :)iya bang banyak blog yang mengatakan backlinknya berpengaruh tapi sebagian juga ada yang mengatakan tidak berpengaruh . .buat saya yang belum tau apa'' soal seo gini jadi bingung.. . Terima kasih atas pencerahannya bang!!!!!
Oiya, saya pernah baca artikel katanya frekuensi update post di blog tidak berpengaruh pada posisi (kalo tidak salah SERP). . Katanya isi konten yang bermanfaat yang di jadikan acuan google benarkah begitu bang? .. .
Saya sangat senang jika abang mau memberikan pencerahan masalah diatas . . :)

Reply delete
Green KLOPERER September 3, 2011 at 2:37 AM

backlink emang banyak diburu para blogger buat narik visitor ke blog/web kita,,,yg sering jd permasaahannya yg jg saya sering temuin itu milih jenis backlink yg berkualitas n ga dianggep spam sama eyang Google..mangkana saya skrang2 ga konsentrasi cari backlink akselerator,tau sendiri kan klo berlebihan itu malah bisa kena Google Dance alias diajak joget ama mbah google alias kena sand box hehehhe...

Reply delete
Tarry Kitty September 3, 2011 at 7:33 AM

Haduh aq ga mikir yg begituan. Tp kalo mslh konten dijamin fresh dari hati yg plng dlm hehe

Reply delete
FZABoyZ September 3, 2011 at 8:13 AM

kalo saya ngeblog gk terlalu serius.jadi ya gk peduli sama SEO atau Backlink.yg penting ngeblog :)

Reply delete
Unknown September 3, 2011 at 11:03 AM

Blog saya minim backlink nih tapi kok PR 1 ya? bisa review ga den, berdasarkan apa PR itu dilihat oleh google?

Reply delete
TituitBom September 3, 2011 at 12:30 PM

kayaknya memang benar mas, tapi untuk backlink yang benar-benar berkualitas, mungkin masih dibutuhkan.. hehehehe

Reply delete
AcerNoval September 3, 2011 at 12:34 PM

ohh gitu ya sob, makasih pelurusannya :D ternyata selama ini saya salah menilai google panda hhe

Reply delete
AcerNoval September 3, 2011 at 2:56 PM

sob tolongin ane dong, gimana cara bikin tulisan seperti ini "Anda sedang membaca artikel tentang Benarkah Google Tidak Butuh Backlink? dan anda bisa menemukan artikel Benarkah Google Tidak Butuh Backlink? ini dengan url http://daw-xp.blogspot.com/2011/09/benarkah-google-tidak-butuh-backlink.html, anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Benarkah Google Tidak Butuh Backlink? ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link Benarkah Google Tidak Butuh Backlink? sumbernya." butuh banget soalnya blog saya sering di Copas! :(

Reply delete
Ijal Fauzi September 4, 2011 at 1:36 AM

masih bingung juga sama backlink :/

Reply delete
XaOn September 5, 2011 at 9:37 AM

yap backlink emnag berguna tapi gak terlalu penting

Reply delete
Unknown September 5, 2011 at 2:29 PM

@ali : tetep ngaruh, tapi dinomorduakan.

Reply delete
Unknown September 5, 2011 at 2:29 PM

@ali : tetep ngaruh, tapi dinomorduakan.

Reply delete
Unknown September 5, 2011 at 2:37 PM

@Bayu Aldi Yansyah : yups betul sekali. Isi konten juga dijadikan acuan untuk posisi artikel kita di SERP, jadi buatlah konten yang berkualitas.

Reply delete
Unknown September 5, 2011 at 2:37 PM

@Green KLOPERER : ya sip, cari backlink yang standart aja.

Reply delete
Unknown September 5, 2011 at 2:38 PM

@Rio Chikara : untuk sekarang memang google panda tidak memperdulikan bahwa banyaknya backlink bisa dapet PR. Ya tapi mungkin tergantung dari seo nya atau kontennya anda.

Reply delete
Unknown September 5, 2011 at 2:39 PM

@AcerNoval : ok sob nanti akan buat artikelnya. :)

Reply delete
Unknown September 5, 2011 at 2:39 PM

@AcerNoval : ok sob nanti akan buat artikelnya. :)

Reply delete
Unknown September 6, 2011 at 8:05 PM

sy baca dulu mas :D

Reply delete
albert September 6, 2011 at 8:44 PM

wah,,mudah2an isu nya g bener

Reply delete
Cek Info September 6, 2011 at 9:05 PM

hmm gitu berarti seo onpage yang paling berpengaruh dalam menentukan hasil posisi blog maupun artikel blog anda di search engine, jadi jangan remehkan seo onpage.

makasi mas, atas infony

Reply delete
ino putro September 7, 2011 at 7:16 PM

iya ni gan,, ane juga ngrasa ni di blog q,, padahal blog belum banyak backlinknya tapi udah bisa naek,,
SERPnya lebih bersahabat

Reply delete
r10 September 7, 2011 at 10:31 PM

sebenarnya google juga ga butuh meta tag keyword, jadi kita cukup pasang meta tag description

Reply delete
Anonymous September 8, 2011 at 7:57 AM

Blog saya tidak pernah ajak orang tukaran koq bisa pr2?Blog saya tidak pernah ajak orang tukaran koq bisa pr2?

Reply delete
download software September 8, 2011 at 1:20 PM

terima kasih atas informasinya. nggak paham nih tentang backlink, saya cuma rajin blogwalking aja. salam kenal

Reply delete
Unknown September 8, 2011 at 1:25 PM

@r10 : kata siapa mas? meta tag bukannya tidak dibutuhkan, cuman lebih membantu homepage atau blog kita di serp aja.

Reply delete
Ladida Cafe September 8, 2011 at 3:04 PM

google panda lebih suka seo on page dan kualitas artikel,
kualitas itu yg dimaksud itu konten informatif dan bukan hasil copy paste,
oh iya, saya juga pernah baca template juga mmpengaruhi, yaitu kemudahan navigasi dan ringannya blog ketika dibuka . .

Reply delete
villa di puncak September 11, 2011 at 2:33 AM

SEO itu gampang2 susah yh?

Reply delete
Dihas Enrico September 12, 2011 at 5:42 PM

saya ndak tahu yg gitu2an....
saya blogging buat fun dari nyari teman saja...
:)

Reply delete
Korea Terbaru September 12, 2011 at 10:48 PM

Makasih Infonya :)

Reply delete
wawan September 15, 2011 at 3:14 PM

bener gan. conten memang yang paling menentukan

Reply delete
Iskaruji dot com September 22, 2011 at 1:32 AM

Dapet pencerahan disini. Memang banyak argumen tentang hal ini. Sayapun pernah nulis masalah yang sama. Sebenarnya cuma karena judul yang hiperbola jadinya agak terkesan judge atas sesuatu yang samar seperti algoritma panda 2011. Backlink tetap dibutuhkan tapi tidak jd prioritas seperti pada algoritma caffeine dulu, dimana search engine bisa dikuasai oleh AGC yang notabene mampu membeli backlink tanpa perlu ngurusin konten...

Perdana disini and happy blogging!

Reply delete
Unknown September 22, 2011 at 1:20 PM

@Iskaruji dot com saya tkp dlu. Ya betul sekali, backlink memang masih dibutuhkan tapi gak terlalu menjadi prioritas utama bagusnya hasil di SERP. Pada algoritma ini, sekarang banyak blog AGC yang jatuh dan saya lihat contohnya jevuska, sekarang jarang ada di SE, sitelinknya juga udah mulai berkurang. Jadi pada intinya prioritaskanlah konten pada blog. :)

Reply delete
Bagus Harimurti September 27, 2011 at 12:58 PM

emang seh, yang terpenting itu konten "konten is master", tapi bagi yang kesulitan menulis bisa jadi backlink jadi jalan keluarnya

Reply delete
dokunimus September 29, 2011 at 3:50 PM

Wah...selama ini saya salah kira dong.
Ane kira backlink itu yang nomor satu.

Harus ganti strategi nich.
thanks before.

Reply delete
blogposter September 30, 2011 at 2:26 PM

tapi backlink jg masih tetap di butuhkan ^^

Reply delete
Unknown September 30, 2011 at 6:15 PM

@Bagus Harimurti yaps betul sekali :)

Reply delete
Unknown September 30, 2011 at 6:15 PM

@dokunimus yupz semua berubah di algoritma google panda 2011. :)

Reply delete
Unknown September 30, 2011 at 6:15 PM

@blogposter tolong baca postingannya ya om :)

Reply delete
Blog Amatiran October 7, 2011 at 11:34 AM

Artikelnya mantab abis, dikupas tuntas...
Namun saya pribadi ga terlalu mikirin apa mau google deh, coz cukup membingungkan, ikut alur standar aja, maklum udh cukup pusing mencoba mempelajari SEO, tp ttp aja oon nih...maklum amatiran...heheehe...
Tp saya sangat salut dg blog ini, penyajian artikelnya sangat menarik...ijin bookmark yah buat baca2....

oya, ijin tukar linknya + follow....
http://blogkuamatiran.blogspot.com/2010/02/partner-link.html

Reply delete
Restsindo-hty October 13, 2011 at 6:06 PM

Salam,
sebenarnya penetapan Page Rank saat ini yang menentukan adalah Google karena google saat ini yang nomer satu. Ketika google yang menentukan PR sebuah situs sedangkan penentuan PR bersadarkan Backlink analisa logisnya adalah google tidak membutuhkan backlink.
Tetapi jika Google konsisten dengan ketentuan dan ketetapan penentuan PR maka mau tidak mau google juga harus mematuhinya.

Pertanyaannya adalah ketika backlink google hanya sedikit ( walaupun tidak masuk akal ) apakah PR google bisa turun ? meningat yang menentukan perngkat PR adalah google.

Disisi lain google sudah memiliki backlink dari situs situs yaitu saat sebuah situs baru di daftarkan ke google maka google memberikan kode url.( Sebagai syarat supaya dibaca oleh mesin pencari google ). Itu adalah backlink google juga kan !!!. Secara tidak langsung webmaster yang mendaftarkan URLnya ke google adalah Backlink google.

Reply delete
Restsindo-hty October 13, 2011 at 6:21 PM

Salam,
Backlink adalah dibutuhkan untuk Page Rank sebuah situs, semakin banyak backlink maka kemungkinan PRnya tinggi dengan ketentuan tertentu. Yang menentukan PR adalah google.

Ketika google yang menentukan PR maka buat apa google terhadap backlink. Tetapi jika google tertib dan terikat oleh peraturan dan kentuntuaanya sendiri maka google juga butuh backlink.

Google memberoleh backlink ketika sebuah situs baru supaya terbaca oleh google harus menyertakan kode URL saat mendaftar yang diletakkan pada head tag. Di situ google memperoleh backlink. Disisi lain web master diuntungkan karena situsnya terbaca oleh mesin pencari google.

Reply delete
Bisnis Faisal October 18, 2011 at 11:34 PM

keren ! artikelnya informatif banget, banyak info bermanfaat disini . terutama artikel Benarkah Google Tidak Butuh Backlink? ...

saya sangat setuju terutama di pooin nomor 2 .buat saya konten adalah raja, walaupun backlink sangat penting tapi kalau backliknk saja , sedangkan kontennya dangkal, apa kata visitor anda..?

justru visitor lah yang akan sangat membantu mendatangkan backlink murni ....kepuasan visitor atas artikel2 yang kita buat dan selalu fresh justru menjadi pintu pembuka backlink gratis...

Reply delete
BeST October 23, 2011 at 1:11 PM

nice infonya..

Reply delete
DOWNLOAD FULL MOVIES October 25, 2011 at 9:32 PM
This comment has been removed by the author. Reply delete
DOWNLOAD FULL MOVIES October 25, 2011 at 9:39 PM

Sungguh aku hanya blogger pemula,ga pnya resep apa2, ak hnya ikut2an karena aku memang blogger bodoh bisanya hanya copas, tapi blogku bisa ngacir visitor sehari nyampe 5000 an, dollar juga mengalir 5-8$ perhari, aneh kan dngan blogku ak sndiri juga bingung, tolong beri pencerahan blogku agan2 semua http://legionmovies.blogspot.com/

Reply delete
Pak Tani November 8, 2011 at 8:46 AM

Backlink ternyata sangat penting ya disisi google, meskipun konten juga tidak kalah penting.makasih infonya.

Reply delete
Unknown November 8, 2011 at 9:09 PM

@Blog Amatiran Ya sob.
Terus belajar sob, lama-lama nanti juga bisa dan bagus seonya. :)

Reply delete
Unknown November 8, 2011 at 9:12 PM

@Restsindo-hty Iya memang benar yang menentukan sebuah blog ber PR adalah google. Namun dilihat dari sisi backlink, penentuan PR tidak hanya berpacu pada seberapa banyak backlink lainnya juga. Backlink tersebut bisa dari tautlink dari blog lain yang mengarah ke blog kita, atau backlink-backlink lainnya termasuk backlink berkualitas. Intinya penentuan PR tidak hanya berpacu pada backlink google, namun dll.

Dan backlink itu pula akan dilihat oleh google dan akan dimasukkan atau disimpan dalam databasenya. Sehingga pada saat penentuan PR, backlink-backlink tadi itu akan dihitung. Jika hanya BL google saja mah itu susah dapetinnya. :)

Reply delete
Unknown November 8, 2011 at 9:14 PM

@Bisnis Faisal Terima kasih mas :)

Ya kontenlah yang menjadi sasaran utama saat pengunjung datang. Yang penting jangan lupakan juga kenyamanan visitor, seperti jangan menampilkan iklan yang menggangu, loading berat. Walaupun konten bagus, tapi blog acak-acakkan apa visitor tertarik? :)

Reply delete
GUITAR-ID November 11, 2011 at 10:13 AM

Oke yang penting terus berusaha memberikan yang ter baik buat orang lain, kalo maslah robot google mah biarin aja deh toh kalo orang banyak yang suka kenapa google gak????.

Reply delete
Medicfox November 26, 2011 at 8:00 PM

sungguh info yg bagus gan, makasi buanyak yah

Reply delete
Cara Mengobati Asam Urat Secara Tradisional December 3, 2011 at 1:28 PM

owhh,,saya kira beneran tidak butuh backlink,,,ternyata di nmordau kan ya,,hemmhh okeh,,terima kasih gan atas infonya

Reply delete
Satu Bidan December 3, 2011 at 4:58 PM

wah gitu ya jadi intinya ya tetap konten adalah raja. hihi

Reply delete
Obat Alami Asam urat December 20, 2011 at 3:45 PM

oh,.. jadi begitu,... saya paham sekarang,.. pantesan saya sering melihan backlink banyak tapi kalah sama backlink yang sedikit,.. tapi saya mohon bantuan nih,.. cara seo on page yang baik itu bagai mana yah,.. ???

Reply delete
iezul blog December 23, 2011 at 12:26 AM

wahhh bingung juga sekarang gimana cara terbaiknyaa yaaa.....

Reply delete
Overseas education consultant December 26, 2011 at 10:41 AM

Mo nanya donk, kalo pake facebook plugin lalu di facebook tersebut sering di isi artikel apa hal tersebut pengaruh di SEO saya? bisa cek di web saya. PR 4

Reply delete
AndiSeo December 31, 2011 at 3:59 AM

artikel yg sangat menarik,, thanks for info...

Reply delete
mastokkenari January 1, 2012 at 10:23 PM

... newbie numpang nyimak aja, nih gan ...belom bgtu paham SEO...., skalian salam kenal .....

Reply delete
Supplier Tas Ransel Indonesia January 2, 2012 at 11:53 AM

Sip deh gan, informasi yang sangat berguna.
Berkunjung ke web ane gan :)

Reply delete
keuntungan obat herbal January 2, 2012 at 7:32 PM

gan,klo bisa ajarin dong,bikin nlog yang mengupas tuntas belajar ngeblog dari lahir sampe kakek"(sampe di sayng gugle),karena saya liat gaya agan itu enak buat di ikutin..

Reply delete
xamthone plus January 2, 2012 at 7:35 PM

postingannya emang yahud...

Reply delete
blog baru January 2, 2012 at 7:37 PM

gaya bahasa yang mudah di mengerti...
thx inponya...

Reply delete
Unknown January 3, 2012 at 1:57 PM

@keuntungan obat herbal Insya Allah kalau punya waktu ya :)

Reply delete
Unknown January 3, 2012 at 1:58 PM

@Overseas education consultant Tentu saja, kabarnya sekarang jejaring sosial seperti facebook mempengaruh seo blog anda, terutama backlink/inbound link. :)

Reply delete
Unknown January 3, 2012 at 1:58 PM

@Obat Alami Asam urat Mulai dari artikel, lalu edit tag heading, meta tag, related post, navigasi breadcrumb, dll :)

Reply delete
Hobi Burung Kicau January 4, 2012 at 11:45 AM

Saya pikir google dalam menerapkan algoritma nya sudah disesuaikan dengan jaman. Footer signature akan lebih cenderung kepada sepam-menyepam, cape juga optimasinya bikin mata belel :D Sangat merugikan blog yang masih umur piyikan :D

Reply delete
Saeful Ulum January 4, 2012 at 11:54 AM

Wajar saja jika google menomorsatukan SEO on page, google ingin menyajikan data hasil pencariannya seakurat mungkin. (dari sudut pandang SEO tentunya).

Reply delete
Kesehatan Alami Dengan Xamthone Plus January 4, 2012 at 11:57 PM

Informasi yg dibutuhkan oleh para marketer on line gan, trms

Reply delete
Dading Om January 8, 2012 at 6:23 PM

banyakin link dari luar berarti ya gan... ? :)
hatur nuhun sblumnya..

Reply delete
mas nugroho January 9, 2012 at 9:42 AM

Wah, harus merubah strategi SEO lagi nih? Padahal saya baru aktif melakukan tanam backlink. Misal saya ndak ngikuti artikel ini, mungkin usaha saya bisa sia-sia. Karena blog saya belum melakukan SEO onpage dengan maksimal. Thanks mas Deny :-)

Reply delete
Unknown January 10, 2012 at 6:26 PM

@mas nugroho stop dreaming star action :)

Reply delete
Bloggerpas January 13, 2012 at 5:35 AM

membuka pikiran saya neh tulisan..

Reply delete
Agil asshofie January 15, 2012 at 12:26 AM

menambah informasisaya, terus sediakan artikel mengenai seo agar pembaca lebih memahami pentingnya dari mengoptimalkan seo

Reply delete
Obat Kanker Kelenjar Getah Bening January 16, 2012 at 8:54 AM

Artikel yang bagus gan ..

Reply delete
diabetes melitus January 17, 2012 at 10:14 AM

jadi kita dituntut oleh google agar berkreativitas yachhh...

Reply delete
cara menyembuhkan kista January 17, 2012 at 10:15 AM

bener juga ya mas setiap yang original itu pasti istimewa,,dan mempunyai nilai yang sangat tinggi misal seperti CD Musik yang original..

Reply delete
irma January 24, 2012 at 8:05 PM

jangan sampai backling gak ngaruh,coz buat pemula jadi memble(sperti saya)hee..

Reply delete
Timbangan Hewan February 6, 2012 at 8:32 AM

artikel yang keren gan....

Reply delete
satrio February 7, 2012 at 10:35 PM

Kalo ane cari backlinks buat naikin or gan..bener ngga dih yang ane lakuin?
cmiiw

Reply delete
Obat Tradisional Penyakit Jantung February 9, 2012 at 9:17 AM

terus untuk apa kita cape cape blog walking dan yang lainnya ..

Reply delete
Ary_Putra February 11, 2012 at 3:05 AM

Google mang aneh. main aturan seenak sndri hahahaha...

Reply delete
Ilmu Grafis February 13, 2012 at 11:10 PM

mungkin saja demikian

Reply delete
kemon baca February 14, 2012 at 8:31 AM

WOW...
makin enak di blog ini...
materinya mantep-mantep... apalagi nubi seperti saya...

membuka pikiran eiii

Reply delete
markus February 14, 2012 at 10:44 AM

heemm... kyknya backlink.. masih amat sangat berpengaruh deh....

ne ane tambahin referensi daftar situs social bookmarking.. yang bisa untuk cari backlink..
http://blog.a-ant.com/backlink/57-daftar-situs-social-bookmarking-dofollow-dengan-pr.html

jangan lupa share ya..

Reply delete
Tugas Akuntansi February 14, 2012 at 3:12 PM

Betul gan ,sekarang konten is king :D

Reply delete
Rifai17 February 17, 2012 at 6:44 AM

Mantap Gan....
Langsung dipraktekin aja tuh, sangat bermanfaat.

Reply delete
Harga Bus March 3, 2012 at 10:22 AM

Ikut menyimak artikelnya Gan :-)

Salam,
Bus Pariwisata

Reply delete
Obat Alami Alergi March 11, 2012 at 12:02 PM

itu dia gan...seo onpagenya susah...
harus nyari inspiorasi dari blog walking kayaknya...tapi harus keep original...
susah jga.

Reply delete
raihan March 14, 2012 at 1:08 AM

nice info gan, langsung praktekin deh, moga tokcer

Reply delete
Arimurti March 15, 2012 at 6:08 PM

Wahh!!!! terimakasih Gan, Infonya,,sangat Bermanfaat Thanks Y

Reply delete
Teleconference March 21, 2012 at 7:14 PM

fuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu,banda

Reply delete
rigel March 26, 2012 at 5:06 AM

thanks gan , ini berguna bgt buat referensi ane

Reply delete
Animeqwe March 26, 2012 at 8:44 PM

of course Google need backlink

Reply delete
hosting murah,free hosting,unlimited hosting March 27, 2012 at 3:40 PM

kalau menurut saya backlink berpengaruh 40% , sisanya ON Page SEO

Reply delete
rock88 March 28, 2012 at 4:59 PM

mantap gan
jgn lupa pada mampir ya
http://mymagicianhome.blogspot.com/

Reply delete
sekedar wawasan April 2, 2012 at 6:17 AM

wah,,setuju banget ,,kalau cuma backlink tidak akan optimal,,harus one page dan diimbangi backlink.... mantap banget artikelnya sob....thanks

Reply delete
Mainan Anak April 4, 2012 at 8:33 PM

Seo Onpage dgn alogaritma yg terbaru memang menempati posisi yg penting... dan sy juga setuju klo backlink memang tetap dibutuhkan, meskipun umur sebuah situs juga patut diperhitungkan ketika akan membangun backlink... :)

Reply delete
Serba Aneh April 13, 2012 at 8:58 AM

kalo saya sih lebih ngejar ke kualitas konten aja gan..
abis itu berdoa supaya banyak peminatnya..
masalah hasil di SERP tu biarkan google yang bermain sesukanya..
hehehe..

Reply delete
Xamthone Plus | Jelly Gamat Luxor April 18, 2012 at 5:41 PM

saya blum mngerti paham tntang backlink mas..tolong diperjelas lg..tanks infonya.

Reply delete
Ice Breaks In Your Life April 21, 2012 at 10:58 PM

tnx for nice info

Reply delete
Gamat Luxor May 28, 2012 at 8:49 AM

makasih ya mas sharingnya..
saya akan coba praktikan ..

Reply delete
Arie June 18, 2012 at 5:07 PM

Sepertinya om google sedang menerapkan SERP yang semakin human (baca cara pandan manusia) dan semakin relevan, bukan berdasarkan hasil generator entah itu backlink ataupun hanya komputer yang bisa baca.

Reply delete
Obat Herbal July 6, 2012 at 1:51 PM

ooo.. gtu ya.

Reply delete
Advertising dan Huruf Timbul Semarang July 14, 2012 at 1:27 AM

trims mas

Reply delete
Motor Matic injeksi Irit harga Murah July 20, 2012 at 5:42 PM

Menurut saya backlink masih penting mas. karena banyaknya konten yang memiliki kualitas dan bersaing di Google, jadi backlin menjadi bahan pertimbangan selanjutnya setelah kualitas konten.

Reply delete
Numz July 21, 2012 at 4:09 PM

katanya algoritma yang baru sih kayak gt

Reply delete
obat keputihan July 24, 2012 at 8:39 AM

perlu di coba dan di praktekan hasil akhirnya gimana??? apakah benar tdk perlu backlink?

Reply delete
belajar July 27, 2012 at 10:41 AM

kalau nngak butuh backlink untuk dapat pageranknya gimna sob...

Reply delete
ridersdrivers August 2, 2012 at 8:28 AM

Thanks info nya, dg dinomorduakan backlink akan menyadarkan blogger untuk lebih memperbaiki lontent2 dalam blognya

Reply delete
hendri August 6, 2012 at 9:51 PM

berarti yang lebih diperhatikan nih seo on page ya...terutama kualitas artikel...original pastinya,,,

Reply delete
Berita Online Indonesia August 16, 2012 at 1:54 AM

mantap gan..... thanks infonya

Reply delete
Stevia August 17, 2012 at 12:43 AM

Trs apa solusinya ya gan?

Reply delete
Jalinji August 17, 2012 at 12:44 AM

Ya denger2 lebih ke konten web ya

Reply delete
bloggers info September 3, 2012 at 6:11 PM

Menurut saya backlink masih tetep di butuhkan, itu terbukti para pemeang kontes backlink sampai ribuan hanya dalam beberapa bulan saja,

Reply delete
Layanan Bisnis Pulsa dan Token PLN September 6, 2012 at 9:23 AM

masih tetep butuh sob...lha tanpa backlink malah gak kuat bersaing di serp

Reply delete
Lanang Pening September 6, 2012 at 4:17 PM

Waaduuhhhhh......
ngak paham guaaaa.... jgn vonis memvonis lah.... ngak ada yg ngak butuh, semua butuh.... cuma barangkali tingkat keterpengaruhannya yg mungkin berdeda terhadap blog yg kita kelola....

Reply delete
muhamad fais September 10, 2012 at 10:56 PM

baru denger isu itu mas,y mungkin saya orang baru di dunia internet maklum lah,hehehehehe?setau saya ch bekling penting,makasih mas udah boleh copi paste ilmunya,salam kenal mas

Reply delete
jacky September 11, 2012 at 6:43 PM

ane py tmn chat dari italy dia seorang affiliate IM, dlm 3 bln dia bs buat web nya PR 2 (ane da liat webnya, static dgn artikel cm 3 buah)dgn backlink skitar 200-300 dgn memake snuke X , scrape box dll, siapa bilang kita gk bs kalahkan gugel algoritma, bohong itu! bagi pmula mungkin tp bagi yg uda master, asal tau cara memakai tool2 ini semua bisa aman2. utk info byk pemain seo dalam ato pun luar yg jago tp gk mau sharing ilmu2 ini makanya yg jago byk diam2 aja.

Reply delete
Prince September 25, 2012 at 11:14 AM

Nyari backlink yuk http://key-book.blogspot.com

Reply delete
andrew September 28, 2012 at 1:09 PM

Apkah backlink sangat berpengaruh trhdap visitor?

Reply delete
ilmu komunikasi October 7, 2012 at 1:39 PM

Terimakasih sob infonya..msh belajar seo...

Reply delete
reyzalmysterio October 8, 2012 at 10:19 AM

google panda udah kadaluarsa....google memakai algoritma baru

mampir ke TIPS TRIK SEO

Reply delete
Qudrat Priatna October 9, 2012 at 6:42 PM

Saya sependapat dengan Agan, didalam penerapan offpage SEO itu sendiri tidak dianjurkan untuk memasang backlink yang berlebihan, cukup sewajarnya saja agar terlihat lebih natural oleh google, namun akan lebih baik jika menerapkan keseimbangan antara SEO onpage dan offpage-nya. Salam persahabatan.

Reply delete
obat mujarab hepatitis b October 15, 2012 at 10:04 AM

ya jadi bingung deh harusnya gimana,,,,

Reply delete
obat mujarab darah tinggi October 15, 2012 at 10:06 AM

baiknya jadi seperti apa,,,,?di tunggu masukannya

Reply delete
lowongan kerja October 15, 2012 at 11:54 AM

ya betul tuh mas.... yg ptg postingan hrs original aja.main aman2 aja

Reply delete
IlmuOnline October 17, 2012 at 3:40 PM

oww gitu to, tapi utk sekarang algoritma google terbaru gimana mas ?
setelah panda, pinguin, skrg ada baru lagi...

Reply delete
cara pemesanan ace maxs October 20, 2012 at 12:49 PM

terimakasih gan atas pembelajarannya, sangat bermanfaat sekali

Reply delete
Iman-Islam | Kandungan Surah At-Tin October 22, 2012 at 1:50 PM

Hehehe tapi tujuan utama kita berkomentar kan untuk menjalin silaturahmi buka nuntuk backlink

Reply delete
orizasatipa October 24, 2012 at 7:18 AM

Info yang bagus ni, sangat bermanpaat gan......thank

Reply delete
Tips Sehat Langsing October 29, 2012 at 11:06 PM

Nih baru Artkel,tq

Reply delete
Bekerja Dari Rumah October 29, 2012 at 11:07 PM

Tq artikel bagus

Reply delete
SelebNews October 30, 2012 at 4:14 PM

Backlink tetap menjadi salah satu indikator dari kualitas situs. Thanks for sharing...

Reply delete
bundakata November 8, 2012 at 2:05 AM

masih ada manfaatnya bang

Reply delete
cara mengalami emah jantung November 9, 2012 at 9:47 AM

backling sama aja dengan silaturahmi,,,,selain busa mamperbanyak kawan bisa juga menjadi salah satu kewajiban dunia ngeblog

Reply delete
Obat Alami Kanker Darah November 12, 2012 at 11:17 PM

backlink tetap menjadi indikator dan kualitas situs. Dan google sangat membutuhkan itu.

Reply delete
errmine November 15, 2012 at 7:23 AM

Sulit juga yah,,,mengingat q masih baru,belum bisa sama yang namnya tehnik SEO

Reply delete
Jus Daun Sirsak Dan Kulit Manggis November 15, 2012 at 7:50 AM

web ane juga menghilan di serp, mungkin ane juga terlalu banyak back link yah?

Reply delete
obat jantung lemah November 15, 2012 at 8:12 AM

iya ni mas akhir2 ini saya sering bingung bagai mana cara backling yang baik,,, dibanyakin masih saja gda hasil,apalagi g baclink,,

dengan adanya info ini saya dapet pembelaran baru ni ,, terimakasih

Reply delete
pengobatan penyakit stroke November 24, 2012 at 4:06 PM

trimakasih informasinya

Reply delete
mbogo.net November 29, 2012 at 12:24 PM

TOP MARKOTOP GAN.

Reply delete
bagus sajiwo November 30, 2012 at 9:47 AM

jangan mengada-ada lah, ane masih percaya yang namanya backlink masih tetap tetapi juga dengan kualitas yang baik juga...asal bukan link farm

Reply delete
Andri Herdiana December 11, 2012 at 8:19 AM

Terimakaih gan, dengan adanya informasi ini sangat membantu banget, khususnya saya blogger pemula (newbie) salam kenal :)

Reply delete
Obat infeksi Saluran Kemih Tradisional December 12, 2012 at 12:35 PM

ohh jadi begitu ya alasannya..
terimakasih ya atas informasinya

Reply delete

kalau menurut saya backlink itu perlu buat web/blog kita,, :)

Reply delete
Obat Alami Glaukoma December 14, 2012 at 2:09 PM

menurut ane sih gan, tanpa ngebacklink itu bagaikan sayur tanpa garam,.,

Reply delete
Obat Herbal Radang Paru-Paru December 14, 2012 at 2:21 PM

ohh.. jadi begitu ya alasannya.,.
informasi yang sangat bermafaat sekali nih.
terimakasih ya atas informasina.

Reply delete
gejala asam urat dan obatnya December 16, 2012 at 10:40 AM

betul tuh gan,backling tetep harus ada,karena itu juga faktor penentu

Reply delete
Obat Alami Kanker Paru-paru December 18, 2012 at 3:12 PM

informasi yang sangat bagus sekali nih gan,.

Reply delete
pusat tradisional tasikmalaya December 30, 2012 at 7:16 PM

infonya bagus master, terima kasih...
saya dari tasik salam kenal

Reply delete
obat herbal multi khasiat January 14, 2013 at 10:15 AM

menurut saya pribadi sih google masih membutuhkan suatu backlink...karena bagiku sendiri sangat sulit untuk tinggal di posisi pertama serp klo tidak ada link buildings nya..

Reply delete
obat herbal alami January 14, 2013 at 10:17 AM

mantap nih infonya,,harus segera aku optimalkan lgi nih optimasi seo onpagenya..he

Reply delete
penyembuhan penyakit kanker otak January 14, 2013 at 1:58 PM

thx atas infonya sob....

Reply delete
obat tradisional kanker otak January 14, 2013 at 2:00 PM

makasih sob atas informasinya .. sangat nermanfaat sekali ..

Reply delete
medicure January 15, 2013 at 11:18 PM

sepertinya kualitas konten yg nomor 1 deh, coz selama sering tes-tes dgn mbah google rata-rata yg pageranknya dan alexanya bagus yg kontennya original, setelah itu baru seo on page dan kemudian baclink, mampir ya sob :)

Reply delete
Anonymous January 18, 2013 at 12:36 PM

Howdy would you mind letting me know which web host you're working with? I've loaded your blog
in 3 completely different browsers and I must say this blog loads a lot faster then most.
Can you suggest a good hosting provider at a fair price?
Kudos, I appreciate it!
Here is my site http://an.radabg.com

Reply delete
Anonymous January 18, 2013 at 12:51 PM

You actually make it seem so easy with your presentation but I find this topic to be actually
something which I think I would never understand.

It seems too complex and extremely broad for me. I am looking forward for your next post,
I'll try to get the hang of it!
Feel free to visit my web-site : popular facebook games

Reply delete
Anonymous January 18, 2013 at 1:11 PM

It's really a cool and useful piece of info. I'm glad that you shared this useful info
with us. Please keep us informed like this. Thanks for sharing.
my web site > kunstsuche24.de

Reply delete
Anonymous January 18, 2013 at 6:17 PM

Thanks for sharing your info. I really appreciate your efforts and I
will be waiting for your further post thank you once again.
Feel free to visit my homepage : popular facebook games

Reply delete
Anonymous January 18, 2013 at 6:57 PM

It's remarkable designed for me to have a web site, which is beneficial in support of my knowledge. thanks admin
Here is my web page ; popular facebook games

Reply delete
Anonymous January 20, 2013 at 9:20 AM

Wonderful article! This is the kind of info that are meant to be
shared across the web. Disgrace on Google for no longer positioning
this publish higher! Come on over and talk over with my web site .
Thanks =)
my website :: adam walsh crime scene photos

Reply delete
Blogtainment Remaja January 28, 2013 at 12:51 AM

Sebenarnya backlink masih dibutuhkan sih namun tidak sebagus dulu

Reply delete
Dunia Kisah Nyata January 28, 2013 at 12:52 AM

Backlink itu masih perlu. Just my opinion

Reply delete
BelajarMotivasi February 4, 2013 at 1:03 PM

Biar bagaimanapun backlink itu masih perlu gan

Reply delete
BelajarMotivasi February 4, 2013 at 1:03 PM
Agen Obat Herbal February 19, 2013 at 1:00 PM

ok sip deh, thanks infonya. sukses selalu gan.....

Reply delete
jasa kemasan February 20, 2013 at 7:03 AM

SEO on page tetap menjadi nomer satu :D

Reply delete
Miranda February 20, 2013 at 7:07 AM

Setiap kali seo dibahas SEO on page dan Off page adalah wajib, sayang jika pembahasnnya kurang mendetail. Kurang spesifik untuk kasus tertentu sehingga lebih bersifat praktis.

Reply delete
tips online February 28, 2013 at 10:05 PM

makasih infonya gan.., jadi tau setelah membaca postingan anda

Reply delete
sinospis film dan drama korea March 1, 2013 at 8:46 AM

aku rasa backlink masih berpengaruh besar pada sebuah blog ...

Reply delete
objek wisata di indonesia March 1, 2013 at 8:46 AM

makasih info tentang backlink ini sob, sangat membantu...

Reply delete
Obat Herbal Batu Ginjal March 1, 2013 at 10:43 AM

Mantep infonya.

Reply delete
Anonymous March 1, 2013 at 3:23 PM

OMG..!!!
Masa sih gan, ini untuk google panda gan???
jasa desain grafis

Reply delete
printer kartu March 6, 2013 at 12:01 PM

Nice info gan, oh iya skalian numpang promo gan

Jual Harga Murah : Zebra P330i, Zebra ZXP3, Evolis Zenius, Datacard SP25 Fargo DTC1000, Datacard SD260, Datacard SD360, Ribbon Zebra P330i, Symbol LS2208, Symbol LS9203, Ribbon Fargo DTC1000, Kartu Pasien, YOYO IDCard, Zebra GK420t, Evolis Primacy, Scanlogic CS700, Mesin Antrian, Kartu Mifare

Reply delete
tiket pesawat internasional March 21, 2013 at 11:47 PM

Backlink tetep sangat dibutuhkan...
setidaknya buat menaikkan trafik pengunjung dan teman2 sesama bloger..

Reply delete
pasang iklan baris gratis tanpa daftar April 4, 2013 at 3:02 PM

masak sih, mnrt saya tetap butuh

Reply delete
kerja online April 4, 2013 at 3:04 PM

kalau menurutsaya google tetap butuh yang namanya backling sob...

Reply delete
pasang iklan baris gratis tanpa daftar April 4, 2013 at 3:05 PM

salam kenal aja gan..., bagus banget artikelnya.makacih infonya

Reply delete
Unknown April 5, 2013 at 8:53 AM

ternyata backlink masih perlu ... namun bukan faktor utama ...terimakasih infonya mas

Reply delete
Printer Kartu ID Card April 12, 2013 at 11:01 AM

Thanks mas, nambah wawasan...

Reply delete
Shopping at Amazon April 18, 2013 at 8:45 AM

Saya setuju dengan pendapat sobat, "content is king" tetapi backlink juga penting sebagai rekomendasi blog/website di mesin pencari.

Reply delete
Obat Penyakit Maag Kronis April 22, 2013 at 3:49 PM

Informasinya bagus. Terimakasih

Reply delete
Cerita Dewasa May 2, 2013 at 10:34 AM

Thanks infonya ya

Reply delete
Obat Varikokel May 8, 2013 at 1:55 PM

keren infonya gan keren abis gan ? sukses terus gan

Reply delete
Obat Tumor May 8, 2013 at 2:05 PM

makasih gan atasi info anda.

Reply delete
jasa pembuatan website May 23, 2013 at 6:41 PM

Kontent gan menurut ane yang paling penting, pasti web kita bagus di serp nya google, yakinlah sumpah :D

Reply delete
obat alergi May 27, 2013 at 3:22 PM

makasih infonya gan makasih banyak.

Reply delete
akang sam June 11, 2013 at 2:55 AM

mantep
http://dasarbahasainggris.blogspot.com/search/label/tips%20and%20tricks

Reply delete

Terimakasih banyak atas informasinya

Reply delete
Desain Company Profile July 10, 2013 at 11:46 AM

Terimakasih banyak atas infonya

Reply delete

Post a Comment

Silahkan Anda kritik dan sarannya pada kolom komentar di bawah ini. Karena setiap satu kata Anda berkomentar sangat berarti untuk kemajuan blog ini (baca: Cara Berkomentar yang Baik).

 

Site Info

  • Fortuner SUV Terbaik
  • Commonwealth Life Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik Indonesia
  • Cincin Kawin
  • PageRank

    Followers

    back to topReturn to top of page Copyright © 2012 | Blog SEO DAW - XP | Tutorial Blogspot | Belajar SEO Blogspot - Privacy Policy Template by Hack Tutors