SEO Tour: Apakah SEO dan SERP itu? Bagaimana Meningkatkannya?



SEO
Dalam dunia blogging, pasti sobat pernahkan mendengar kata SEO itu? Bagi blog yang ber-tema bisnis online pasti sangat memerlukan SEO untuk bisa naik ke peringkat SERP. Lalu, apakah SEO dan SERP itu? Nah di artikel ini kita akan mempelajari tentang SEO dan SERP dan tips untuk melakukannya.

Apa SEO itu?
Search Engine Optimization (SEO) adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut.

Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.

Lalu, Apa itu SERP?
Search engine results page (SERP) adalah daftar halaman web dikembalikan oleh mesin pencari sebagai tanggapan atas permintaan kata kunci. Hasil biasanya meliputi daftar halaman web dengan judul, link ke halaman, dan deskripsi singkat yang menunjukkan di mana kata kunci yang cocok dengan konten dalam halaman. SERP ini juga berfungsi bilamana ada kontes SEO seperti Meriahkan pesta ulang tahun bersama GarudaFood dan Mari Berkomunitas di Faceblog untuk melihat artikel kita apakah sudah masuk ke SERP.

Bagaimana Mencapai Hasil yang Terbaik dalam SEO dan SERP?
Berikut ini beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk peng'optimalan SEO:

1. Memilih Nama Domain
Pilih nama domain yang sesuai dengan tema blog yang akan dibuat usahakan dalam nama domain terdapat keyword (kata) yang akan dijadikan target utama pengunjung dari search engine, Misalnya tema blog tentang seo, maka gunakan nama domain yang ada kata seonya, atau kata yang ada kaitan erat dengan seo. Serta gunakan nama domain yang pendek dan ringkas, mudah diingat agar memudahkan pengunjung mengingat domain blog anda.

2. Menentukan Tema
Menentukan tema blog jangan setengah-setengah. Pilihlah tema yang anda kuasai, jika anda mahir dalam SEO maka pilihlah SEO. Jangan pikirkan hal yang di kemudian hari, pikirkanlah yang anda kuasai sekarang, jangan takut blog/website anda nantinya gagal. Kesalahan besar jika anda memilih tema yang anda mahir namun sedikit sekali orang yang mencarinya. Fokuskanlah pada satu titik di mana anda kuasai, seperti blog ini sendiri, memiliki banyak kategori, softwares, gaming, dll namun tetap memokuskan pada satu yaitu Belajar SEO Blogspot dan Tutorial Blogspot.

3. Menentukan Keyword
Salah satu unsur yang paling menentukan dalam meningkatkan traffic jumlah pengunjung adalah tepatnya pemilihan keyword yang akan digunakan. Maksud keyword disini bisa description web anda, bisa juga keyword sewaktu anda menulis postingan.

Misalnya gini, kita semua tahu yang sering dicari orang untuk desain blog dan tips blog di mesin search engine adalah tutorial blogspot, belajar seo blogspot, tips seo dan tentunya yang berhubungan dengan blog.

Dalam description dan keyword blog ini, saya menambahkan keyword tutorial blogspot, belajar seo blogspot, dan tips SEO karena memang keyword blog ini ya ketiga itu tadi. Selain menambahkan description pada info web/ blog, anda juga harus memasukkan keyword-keyword penting tadi dalam setiap postingan anda, misalnya seperti yang saya lakukan pada postingan sekarang ini.

Ok, cukup 3 tips SEO diatas dulu ya, soalnya otak saya dah mumet bikin artikel ini, ntar kalau ada dapat tips SEO tambahan lagi baru saya tulis lagi :) atau ada temen-temen yang mau nambahin Tips SEO silahkan tambahkan di kolom komentar di bawah ya.


Semoga Bermanfaat

Ingin Berlangganan Artikel Terbaru ke email kamu? Masukan Email kamu disini:

Tidak tahu cara berlangganan? Klik disini

Related Post:

Anda sedang membaca artikel tentang SEO Tour: Apakah SEO dan SERP itu? Bagaimana Meningkatkannya? dan anda bisa menemukan artikel SEO Tour: Apakah SEO dan SERP itu? Bagaimana Meningkatkannya? ini dengan url http://daw-xp.blogspot.com/2011/05/seo-tour-apakah-seo-dan-serp-itu.html, anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel SEO Tour: Apakah SEO dan SERP itu? Bagaimana Meningkatkannya? ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link SEO Tour: Apakah SEO dan SERP itu? Bagaimana Meningkatkannya? sumbernya.


26 comments

Sang Nanang May 18, 2011 at 12:24 PM

wow begitu to?

Reply delete
MARLIF May 18, 2011 at 12:52 PM

kalau belajar ilmu SEO rasanya gak ada habisnya sob, secara garis besar sih sama tapi selain butuh proses search engine juga punya acuan yang berubah-ubah, kadang packwan kadang malah gak terindek

Reply delete
Unknown May 18, 2011 at 1:47 PM

@Sang Nanang : Iya, silahkan dicoba dulu mas. :D

Reply delete
Unknown May 18, 2011 at 1:49 PM

@MaRLiF : Yups betul banget dan Saya setuju dengan Anda. Ilmu seo banyak dan ga ada batasnya, kadang bisa tersebunyi dan dimana saja sampai-sampai kita belum tahu. Contohnya meta tag dan keyword pada banner.

Reply delete
ilmu kompuer pemula May 18, 2011 at 4:00 PM

SEO emang unik, secara garis besar di forum SEO manapun ya hanya seputar ini yang dibicarakan, dan suda saya praktikkan, kenyatannya susah banget bersaing di SERP... tapi di situlah tantangannya....

Reply delete
T May 18, 2011 at 4:24 PM

wah makasi info nya moga2 dengan info ini bisa donkrak PR gw :)

Reply delete
Unknown May 18, 2011 at 5:56 PM

@ilmu kompuer pemula : Iya memang benar. Suatu forum pun ada yang mengkhususkan untuk SEO saja. Kenapa? Karena ilmu SEO tidak akan pernah habisnya, semakin tinggi zaman maka semakin tinggi pula cara-cara/tehnik dari SEO itu sendiri. Iya, tidak mudah bersaing di SERP, tapi itulah dunia ada yang kalah dan ada yang menang. :D

Reply delete
Unknown May 18, 2011 at 5:56 PM

@T : OK sama-sama sob, makasih ya dah berkunjung. :D

Reply delete
Pradisz Wardhana May 18, 2011 at 7:59 PM

Sip bro !!

Reply delete
Unknown May 18, 2011 at 8:02 PM

@Pradisz Wardhana : OK sob makasih kunjungan dan komentarnya. :D

Reply delete
senyum abadi May 18, 2011 at 8:50 PM

Kalo saya mah tema blog saya ga' jelaz coz saya hanya memberi informasi, berita, kesehatan, tipz dll..

Blog mhu kerennz..

Reply delete
Unknown May 18, 2011 at 9:22 PM

@zhanaz45 : Iya dulu saya juga begitu, namun saya sekarang hanya fokus pada 1, yaitu blog tips. Mending buat 1 topic yang sobat memang kuasai namun tetap banyak dicari orang, kalo saya Insya Allah tips blog saya kuasai dan banyak dicari orang. :)

Makasih mas, blog mas juga kerend :D

Reply delete
ardian May 18, 2011 at 10:13 PM

nice post... :D

thanks infonya.....
salam kenal

Reply delete
Unknown May 18, 2011 at 10:22 PM

@ardian : OK makasih sob ..

Salam Kenal jg :D

Reply delete
Adrian May 19, 2011 at 7:41 PM

kalo SEO dah tau,nah SERP itu baru tau dari sini..thanks ya sob.jangan lupa jga komen balik di blogku ya

Reply delete
Unknown May 19, 2011 at 8:09 PM

@Adrian : OK sob sama-sama. Tanpa sobat suruh saya langsung ke TKP.

Reply delete
ANDRIYANSYAH T May 26, 2011 at 10:18 PM

Hhohohohoohohhhhhhhhh...
itu yach..!!!

Reply delete
Unknown May 26, 2011 at 10:52 PM

@ANDRIYANSYAH T : hehe iya .. :)
makasih dah berkunjung dan komentarnya di blog sederhana ini sob. :)

Reply delete
Dwiki June 25, 2011 at 9:24 PM

hmm.... begitu

Reply delete
dwigaleh June 27, 2011 at 12:03 PM

bermanfaat banget gan.......visit balik blog ku gan...

Reply delete
Muhammad Rifqi Saifudin December 15, 2011 at 4:00 PM

Wew.Ane baru tau ini.Tolong kunjungan balik kesini kk:
coretanrifqi.blogspot.com
Newbie nih

Reply delete
Ega Ariya Dirgantara March 27, 2012 at 7:55 PM

[ASK] kalau keyword yang cocok buat blog saya ,kira-kira apa yah..,

Reply delete
Rengga blog's November 1, 2012 at 5:42 PM

Makasih info tersebut:)

Reply delete
Unknown February 8, 2013 at 12:43 PM

Artikelnya sangat membantu sob, sangat menarik, dan mudah dipahami.

kebetulan saya blogger pemula jadi masih butuh banyak belajar.
lagi coba2 ikut lomba SEO dengan keyword Bank mandiri bank terbaik di Indonesia.
salam kenal & terimakasih.

Reply delete
Unknown December 23, 2013 at 10:04 AM

makasiii infonya ... :D

Reply delete
Fery Nisar November 25, 2016 at 2:10 PM

wah bermanfaat sekali gan thanks ya

http://www.mastahbloging.com/

Reply delete

Post a Comment

Silahkan Anda kritik dan sarannya pada kolom komentar di bawah ini. Karena setiap satu kata Anda berkomentar sangat berarti untuk kemajuan blog ini (baca: Cara Berkomentar yang Baik).

 

Site Info

  • Fortuner SUV Terbaik
  • Commonwealth Life Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik Indonesia
  • Cincin Kawin
  • PageRank

    Followers

    back to topReturn to top of page Copyright © 2012 | Blog SEO DAW - XP | Tutorial Blogspot | Belajar SEO Blogspot - Privacy Policy Template by Hack Tutors