Tips Menghadapi Komentar Negatif



Tips Menghadapi Komentar Negatif - Banyak sobat blogger yang masih bingung dalam menghadapi komentar negatif, lalu merekapun salah ambil langkah sehingga masalah itupun akan terus terbawa. Nah maka dari itu Deny akan memposting tentang tips menghadapi komentar negatif yang sering dihadapi komentar negatif.

Dalam ngeblog, kita pasti sering menjumpai berbagai macam cara berkomentar yang baik dan ada juga yang berkomentar negatif. Komentar ini bersifat negatif karena menggunakan kata-kata kasar dan biasanya sering dilakukan oleh orang yang iri kepada kita.

Contoh komentar negatif:

Trik apaan tu, dasar trik sampah !! Gak berguna lagi, bodo amat sie loe !!
Komentar Negatif

Bagaimana cara menghadapi komentar negatif seperti itu?

Mungkin akan banyak yang bertanya tentang bagaimana menghadapi komentar negatif. Kalau komentarnya berupa pujian sih gpp, tinggal ucapkan terima kasih balik saja, tapi jika komentarnya berupa kecaman, kritikan, dan umpatan yang pedas maka kita harus bisa menghadapinya.

Apa saja tips menghadapi komentar negatif?

Berikut penjelasannya:

1. Jangan Takut dan Tetap Semangat

Komentar-komentar seperti itu jangan membuat kita patah semangat dan berhenti ngeblog. Justru dengan adanya komentar negatif seperti itu, kita semakin semangat dan terus melanjutkan hobby ngeblog kita, biarkan saja komentar negatif tersebut.

2. Ucapkan Terima Kasih

Jika menemukan komentar negatif yang kasar dan mengumpat dan menyakitkan hati, maka kita santai saja. Sebaliknya, kita harus lebih berbaik hati kepadanya dan ucapkanlah terima kasih karena sudah mau memberikan masukan. Akuilah dengan rendah hati bahwa anda memang masih belajar dan terus membutuhkan masukan. Kalau memang ada kesalahan, mohon dikoreksi. Karena semua manusia tidak pernah luput dari kesalahan, maka dari itu kita butuh orang lain untuk mengkoreksi diri kita.

3. Pertahankan Komentar Negatif

Komentar-komentar yang menyakitkan tersebut kita harus terima dengan lapang dada dan rendah hati. Jangan menghapus komentar tersebut, jika anda menghapus dan tidak menanggapi komentar negatif tersebut, bisa saja anda dianggap sebagai blogger pengecut.

4. Kunjungi Balik

Jika si komentator negatif tersebut mempunyai blog, kunjungi saja dan beri komentar positif terhadapnya. Jangan anda lawan komentar-komentar seperti itu, karena "kejahatan dibalas dengan kebaikan". Bisa saja ia berubah pikiran dan berbalik minta maaf kepada anda.

Yang terpenting untuk menghadapi komentar negatif adalah kita harus tetap sabar dan menerimanya dengan lapang dada.


Semoga Bermanfaat

Ingin Berlangganan Artikel Terbaru ke email kamu? Masukan Email kamu disini:

Tidak tahu cara berlangganan? Klik disini

Related Post:

Anda sedang membaca artikel tentang Tips Menghadapi Komentar Negatif dan anda bisa menemukan artikel Tips Menghadapi Komentar Negatif ini dengan url http://daw-xp.blogspot.com/2011/07/tips-menghadapi-komentar-negatif.html, anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Tips Menghadapi Komentar Negatif ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link Tips Menghadapi Komentar Negatif sumbernya.


78 comments

Dode Van Persie July 10, 2011 at 8:48 AM

ini yang saya alamin gan!!!!! :'(

koment back ya!!!

Reply delete
Unknown July 10, 2011 at 8:50 AM

@Dode-Xp [NEW] Creativity : Sipp itu pasti. :)

Reply delete
Unknown July 10, 2011 at 9:06 AM

@Mas Deny: ada yang mengadu domba nihh.. saya harus waspada juga nieee saya juga gk mau mengalami seperti itu..!!!

Reply delete
Unknown July 10, 2011 at 9:14 AM

@N.agung61 : Siapa mas? Yupz, waspada adalah kunci utama menghindari dan menghadapi sesuatu termasuk komentar negatif. :)

Reply delete
Naufal Aminur Rahman July 10, 2011 at 9:23 AM

Klo aku sih y pilih komen balik dg komentar yg baik, tapi nyindir2 dikit laa :D

Reply delete
FirdausTech July 10, 2011 at 9:31 AM

Sebenernya koment seperti itu tidak penting ya sobat ,., sebagai blogger kita hanya ingin berbagi dan berusaha membantu. tetapi terkadang kita melakukan kesalahan karna hanya manusia biasa. tetep semangat sobat .,. HIDUP BLOGGER INDONESIA .,., HEHEHEHE.,.

Reply delete
allShare July 10, 2011 at 9:53 AM

Ramah dan tidak sombong mungkin akan mengurangi Komentar Negatif, seperti yang disebutkan diatas bahwa komentar negatif itu terjadi karena "iri". Jadi ada baiknya kita saling menghargai Orang Lain agar tidak menerima komentar negatif. Dan sampai Saat ini saya belum pernah mendapatkan komentar yang berbau negatif,, Nice info mas :D

Reply delete
Unknown July 10, 2011 at 10:18 AM

@Naufal Aminur Rahman : Yupz kita balas dengan kebaikan, haha mantab mas. :D

@FirdausTech : Jika menurut saya komentar itu penting, karena dari komentar itu kita bisa mempererat tali persaudaraan dan dapat bersilaturahmi dengan blogger lainnya walaupun lewat dunia maya seperti ini.

@allShare : Yupz betul sekali. Tetapi terkadang masih ada saja orang yang iri walaupun sudah berusaha ramah dan tidak sombong. Tetap semangat dan pantang mundur, itulah yang dapat menghiasi postingan ini. :)

Reply delete
Hario Pamungkas July 10, 2011 at 11:03 AM

Semakin tinggi kita berada, semakin deras badai menghadang..
Saya kira jangan juga kita mengapresiasi setiap komentar negatif dengan berfikiran yang sama [negatif]. Mungkin lebih ke dalam untuk introspeksi diri jauh lebih elegan dan baik, bukan..??
Dan terkadang, orang berkomentar demikian memang tipikal dia untuk mengatakan kejujuran atas apa yang dia lihat dan baca di blog kita..
Hehe5...
[# Maaf, bukan maksud menggurui..]

Reply delete
Pradisz Wardhana July 10, 2011 at 11:05 AM

Hehe.. iya Mas, saya juga pernah mengalaminya, yang paling terpenting cobalah, mendekati si anonim yang berkomentar negatif tersebut. :D

hehe..

Nice infonya :D

Reply delete
Unknown July 10, 2011 at 11:10 AM

@Hario Pamungkas : Sebelumnya terima kasih atas masukkannya. Yupz betul sekali, kita jangan sombong dulu, kita harus mengkoreksi diri sendiri sebelum mengkoreksi orang lain. Kita mempunyai banyak kesalahan dan harus segera membenahinya. :)

@Pradisz Wardhana : Yupz, betul sekali. Tapi yang susah adalah jika si dia berkomentar dengan menggunakan anonymous, kita susah sekali untuk deket dengan dia karena tanpa pengenal. :)

Reply delete
Majalah Masjid Kita July 10, 2011 at 12:17 PM

saya akan selalu mempertahankan dan dk membuang komentar negatif di tempat saya.. (kecuali yg memakai li:P) karena segai ajang pembelajaran memotivasi kita agar lebih baik lagi dan lagi :) terimakasih mas atas pencerahannya :)

Reply delete
FZABoyZ July 10, 2011 at 1:25 PM

saya suka yg Kejahatan dibalas dengan kebaikan

Reply delete
Unknown July 10, 2011 at 2:30 PM

@Majalah Masjid Kita : Yupz, itu akan lebih memotivasi kita untuk terus belajar, belajar dan belajar. :)

@FZABoyZ : Hehe, sipp mas. :)

Reply delete
antigaptek July 10, 2011 at 2:44 PM

mantap tips nya sob...
orang bijak harus bisa menerima kritikan dari orang lain sob, jadi terima apa adanya aja..
oh iya sob request cara pasang google+ button sama retweet button nya donk..
info ke blog saya ya sob...
thanks sob..

Reply delete
Unknown July 10, 2011 at 2:48 PM

@antigaptek : Yupz betul sekali sob, kita ini penuh kesalahan dan harus mengkoreksi diri sendiri sebelum mengkoreksi orang lain.
Untuk google +1 sudah saya share, klik disini, untuk retweet nanti akan saya share.

Reply delete
antigaptek July 10, 2011 at 3:03 PM

wah thanks banget nih sob..
ntar langsung praktekin...
oh iya sob ada yang aneh dgn google adsense ku udah 3 hari gak muncul, padahal dah pake friendconnect.. pernah ngalamin gak sob??
kira kira kenapa ya..

Reply delete
akhyar usman July 10, 2011 at 3:26 PM

datang dari KBI salam kenal, komentar begitu banyak sudah cacian makian tapi saya anggap cambuk aja sob yang saya hapus biasanya cuma yang spam dengan menautkan link begitu banyak

Reply delete
Unknown July 10, 2011 at 3:49 PM

@antigaptek : Hehe sama-sama mas. Saya kurang tahu mas, awalnya saya juga gitu udah pake friend connect gak bisa, saya tunggu lalu saya pasang dan akhirnya muncul. Saya baru aja pasang GA nih mas, mungkin udah 2 hari yang lalu, jadi belum tahu menahu dengan GA.

@akhyar usman : Biasanya yang menautkan link gitu udah masuk spam sob, ga mungkin saya publish, spamnya banyak banget. Oh ya salam kenal juga mas. :)

Reply delete
Unknown July 10, 2011 at 6:19 PM

salam sahabat
tepat sekali ketika saya juga mengalami dapat koemnatr negativ dan bahkan yang ngomentari mengatasnamakan mas DODE XP ehm

Reply delete
AcerNoval July 10, 2011 at 7:13 PM

sobat, makasih banget ya selama ini dengan info2 nya :D bermanfaat banget.. tapi ada satu request dari saya, gimana cara nampilin widget followers yang hilang? terimakasih =)

Reply delete
MARLIF July 10, 2011 at 9:36 PM

kadang komentar negatif itu adalah komentar untuk nge-test si adminnya sob, aku juga pernah di test gitu dan setelah saya tanggapi secara positif walaupun sedikit menahan emosi, ternyata dia balik lagi dan mengucapkan selamat.hehe

tips bagus, aku jadi bertambah satu tips yaitu (poin ke 2).
terima kasih...

Reply delete
Unknown July 11, 2011 at 11:03 AM

@Dhana/戴安娜 : Salam sahabat
Ya begitulah mb', namanya cobaan kita harus bisa menghadapinya dengan tabah dan lapang dada.

@AcerNoval : Wah kalo itu saya masih kurang tahu mas, sudah coba lewat GFC (Google Friend Connect)?

@ajurNA : Hehe itu tergantung komentatornya juga si, apa mau test si admin atau emang udah kesel banget jadi meluapkan semua amarahnya dengan berkomentar negatif. :)

Reply delete
Bangk Bensap July 11, 2011 at 1:00 PM

nice info
template sama

Reply delete
Aeldie July 11, 2011 at 1:33 PM

yang nomor 2 mantap sob tetap ucapkan terimakasih,klau pelu doakann yang baik, sunah rosullluah, mendoakan orang yang menyakitinya hehe

Reply delete
Green KLOPERER July 11, 2011 at 1:49 PM

menghadapi komentar negatif ,,,hmmmm yg jelas sabar sabar n sabar walaupun kadang2 itu hal yg sulit,negatif comment adalah motivasi untuk kita danintropeksi diri lebih dalam ....

maaf OOT: oya sob,,,saya ada hadiah kecil buat kamu (Award) ambil yahhh :) http://adhiekloperer.blogspot.com/2011/07/award-untuk-sobat-blogger-part-2.html

Reply delete
AcerNoval July 11, 2011 at 2:03 PM

@daw-xp : sudah sya coba lewat google friend connect, tapi masih ngga bisa? gimana nih?

Reply delete
Unknown July 11, 2011 at 2:21 PM

nice info gan
Salam sahbatnice info gan
Salam sahbat

Reply delete
Rachmad July 11, 2011 at 4:23 PM

sip..terkadang komen itu ada yang membangun ada pula yang negatif..hihihi...tipssnya bagus sob.

Reply delete
Unknown July 11, 2011 at 5:06 PM

@Bensap : Template sama, tapi usaha yang beda, iya kan mas?

@Aeldie : Yupz betul sekali sob, asalkan dengan hati yang tulus dan tanpa pamrih, malah kita yang akan dapet pahala. :)

@Green KLOPERER : yupz memang hal yang sangat sulit, tetapi kita harus bisa menerima kenyataan dan terus bersabar, nanti kita juga akan mendapatkan balasan yang mulia dari Allah SWT.

@AcerNoval : Wah belum bisa ya, udah dicoba di komputer lain?

@Exsat : Salam sahabat
Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog sederhana ini sob. :)

@Rachmad a.k.a Gorengan : Yupz betul sekali, seperti yang saya katakan di atas, komentator yang melakukan komentar negatif itu biasanya yang iri kepada kita atas apa yang kita lakukan, jadi tetap bersabar saja. :)

Reply delete
r10 July 11, 2011 at 5:39 PM

kalau saya komen seperti itu akan saya hapus, krn itu komen ditujukan untuk kita bukan untuk pembaca/pengunjung

Reply delete
Unknown July 11, 2011 at 5:48 PM

@r10 : hehe, kalo saya kebalikannya mas, saya ingin komentar itu ditampilkan agar pengunjung juga bisa membacanya. Biasanya jika ada komentar negatif seperti itu, pengunjung juga akan ikut campur dan membantu kita dengan mencari jalan keluarnya. Kita tidak dianggap sebagai blogger pengecut, maaf bukannya offense mas. :)

Reply delete
gang tutorial July 11, 2011 at 6:37 PM

koment negatis? pastinya kita tetep hargai, karena pengunjung adalah raja kalo menurut ane

Reply delete
Unknown July 11, 2011 at 7:19 PM

salam sahabat
dan setuju sekali dengan postingan ini

Reply delete
Hanifa Free Download July 11, 2011 at 9:08 PM

Pada dasarnya kita sesama blogger harus saling menghargai...
Jadi seandainya kita ingin mengomentari blog seseorang kita harus sampaikan dengan kata2 yang santun.. setuju g sob...
Benar sob apapun yang kita terima, harus diterima dengan lapang dada, karena dari situ kita bisa memperbaiki apa kekurangan kita...

Reply delete
Aris July 11, 2011 at 10:08 PM

kalau sy sendiri.. kalau ada komentar negatif.. biasaxa sy cek dulu, kalau ternyata dia adalah anonym dan tak mncantumkan akun blog, maka akan q hapus (krna komentator tdk bertanggung jawab).. tp kalau ada mencantumkan akun blog (bukan URl lo ya), maka akan sy kunjungi dan akan bilang "kenapa demikian?".. hehe


Thnaks DW-XP.. 1 klik untuk hadiah.. :0

Reply delete
Unknown July 12, 2011 at 8:26 AM

ya biasnya ucpkn trimaksih aj,klow berseteru efeknya dia berknjung terus,tp hnya ingin membalas perseteruan itu.positif thningking aj pokonya

Reply delete
Unknown July 12, 2011 at 3:03 PM

@gang tutorial : yupz betul sekali. Pengunjung adalah raja yang harus diutamakan. :D

@Dhana/戴安娜 : Salam sahabat
Terima kasih mb'. :)

@Hanifa Free Download : Yupz setuju dan benar sekali sob. Semua komentar pasti ada tujuannya masing-masing untuk kita, kita harus bisa menerimanya dengan sabar dan ikhlas. :)

@Catatan si Boy : Iya sih, kebanyakan si komentator pake anonym, bukan identitas aslinya. Tapi tetap saya biarkan saja kalo gitu, karena dia pasti juga ingin melihat balasan dari komentar kita.

Terima kasih mas Aris atas kliknya. :)

@bopfive5 : Yupz bener mas, kita harus positif thinking aja dan menerimanya dengan sabar. :)

Reply delete
IsalCancer July 12, 2011 at 4:47 PM

sy jg sering alami yg sprti itu sob, awalnya sih smpt emosi jg tp gara2 ksringan dpt pesan kaya gi2 skrng sdh gak lgi, ambil sisi positifnya aja sob...
thanks infonya sob...^_^

Reply delete
Unknown July 12, 2011 at 4:55 PM

@Admin ISALGAMES | IsaL : sama-sama sob, betul sekali. Kita ambil sisi positifnya saja dan bersabar terus bersabar. :)

Reply delete
Lubis Muzaki July 12, 2011 at 5:03 PM

owke..

Reply delete
Dhymalk dhykTa July 12, 2011 at 5:05 PM

actually....tdk semua komentar org menggambarkan diri kita yg sebenarnya...

keep fight aja untuk sll menampilkan yg trbaik di blog kita

Reply delete
Unknown July 12, 2011 at 5:43 PM

@Dhymalk dhykTa : haha iya kebanyakan sih begitu. yupz betul sekali bos, terima kasih kunjungan dan komentarnya ya. :)

Reply delete
Unknown July 12, 2011 at 6:32 PM

@agriculture world : OKe juga mas. :)

Reply delete
Mas uwah July 12, 2011 at 8:44 PM

Assalamualaikum,, bener bgt nih mas daw-xp, saya setuju dengan post itu

Reply delete
Unknown July 12, 2011 at 8:47 PM

@Mas uwah : Wa'alaikum salam, terima kasih mas sudah berkunjung dan berkomentar di blog sederhana ini. :)

Reply delete
Blogger Katro July 12, 2011 at 8:59 PM

yoi sob, udah pangalaman ya sob di komentarin yang kurang baik, aku pengalaman nih,,hiks :(

Reply delete
riez July 12, 2011 at 9:52 PM

Kalo dapat komentar tak enAK
ucapkan salam kompAK

Reply delete
Mas uwah July 12, 2011 at 10:31 PM

sama2 sobatku

Reply delete
Ahmad Rosidi July 13, 2011 at 10:05 AM

yang jelas jadikan komentar-komentar negativ itu sebagai kritik yang membangun untuk kita. jadi krtikan itu sebagai bahan untuk intropeksi diri.

mas aku mau komentar negatif yaks :

negaaaaattiiiiiiiiiiiiiffffffff............. *sudah cukup hihi

Reply delete
Ahmad Rosidi July 13, 2011 at 10:06 AM

oia kalao gak keberatan ditunggu kunjungan dan komen baliknya yaks.. lebih seneng lagi kalao di share di Facebook/Google+1 tuh ada tombol kanan atas pada postingan mercedes-benz *ngarep.com

Reply delete
Unknown July 13, 2011 at 12:25 PM

@Blogger Katro : saya jarang namun pernah sob dikomentarin yang negatif begitu. :)

@riez : okk sob
salam kompak

@Mas uwah : sipp sob.

@Ahmad Rosidi : yups betul sekali, anggap saja itu kritikan yang membangun bagi kita.

wkwkwk, manteb candanya.
okk sob, blogwalking adalah kebiasaan sehari-hariku. :)

Reply delete
TituitBom July 13, 2011 at 4:29 PM

yang komen negatif artinya iri tuh sama blog kita.. ahahahahaha

Reply delete
Unknown July 13, 2011 at 4:33 PM

@TituitBom : yupz, kemungkinan besar itu bisa terjadi sob. :)

Reply delete
nC July 13, 2011 at 5:54 PM

wahhh, ane barusan share tentang teknik mengadu domba blogger di blog ane gan :D hehe
ane baru tau ternyata banyak juga y yang jadi korban para komentator minus dan profokasi. ckck

Reply delete
Unknown July 13, 2011 at 6:13 PM

@nC : hehe ok mas. yupz itu kebanyakan ulah orang yang iri kepada kita dan ingin menjatuhkan jati diri kita sehingga kita patah semangat. :)

Reply delete
Cerita dan Ilmu July 13, 2011 at 10:24 PM

Komentar negatif pada suatu waktu sangat diperlukan untuk menyadarkan kita dari ke khilafan...

Reply delete
143 July 13, 2011 at 11:11 PM

komentar negatif dan pahit harus kita tanggapai...
tapi tetap kembali lagi ke diri masing2...
so emosi terkadang sulit di redam....
ambil hikmahnya saja sob....
anda memposting ini mungkin telah mengalami...
bolehkan saya tahu tentang komentar yang mana yang negatif...

Reply delete
Unknown July 14, 2011 at 12:38 PM

@Cerita dan Ilmu : Yupz betul sekali sob, kita adalah manusia yang masih punya kekurangan.

@143 : Yupz, saya memposting ini karena ada tujuannya, agar pengunjung jangan bersikap emosi dulu jika ada komentar negatif yang masuk, anggap saja itu se-positif mungkin. :)

Reply delete
Unknown August 7, 2011 at 10:27 PM

thnks dulu ak gak memperhatikan ini karen yg komen sedikit tp sekarang butuh, alhmduliilh bnyk yg komen sekarang

Reply delete
Arif Poetra Yunar August 14, 2011 at 11:38 PM

makasih gan tips nya ,,menurut ane komentar yg negatif itu malah bkin ane jg tambah semngat bwt ngblog :)

Reply delete
Abu Hamizan August 22, 2011 at 10:26 PM

Saya belajar lagi mas mengenai masalah seperti ini.
Kita memang harus bisa bijak ya mas.makasih tipsnya mas.Insya Allah saya terapkan kalau menjumpai yang seperti itu

Reply delete
Anonymous September 12, 2011 at 10:27 PM

mantap,,,

Reply delete
Gaptek September 12, 2011 at 10:38 PM

WAh,, makasih banar pencerahannya :)

Tapi, komentar negatif itu baik sagan kita jua kalau kita nanggapi positif :) bahkan "Komentar Negatif itu lebih baik dari Komentar SPAM"

Reply delete
Unknown December 6, 2011 at 7:13 PM

Komentar negatif umumnya menyembunyikan identitasnya (anonim), tak jarang anonim adalah orang yang sama, dengan kata lain, si anonim adalah fans terberat blog kita..

Karena anonim kita belajar menjadi lebih baik, latihan menyikapi masalah, latihan berlapang dada (karena berlapang dada , gampang2 susah, kalau sudah terbiasa pasti bisa) ...

Reply delete
Harga Laptop December 11, 2011 at 9:24 PM

Wah hebat mas...pantesan mas deny blogya banyak yang komentar. Baik sih orangnya ^^

Mampir dong kesini Harga dan Spesifikasi Laptop

Reply delete
Niken December 16, 2011 at 3:59 PM

Saya rasa ucapan terima kasih tidak perlu dikatakan. Lebih baik bilang "I love you" biar ntu orang makin bingung..wkwkwkkwkw
Saya setuju 100% sama si penulis. Btw..mampir ke web tips otomotif ane ya, kali aja bermanfaat untuk semuanya.

Reply delete
Kahfi December 28, 2011 at 6:53 AM

wah mantep neh infonya. tapi untungnya belom ada yang komentar negatif

Reply delete
Obat Alami Kanker Payudara January 16, 2012 at 11:18 AM

Artikel yg bagus gan ..

Reply delete
dzoee February 17, 2012 at 3:15 AM

Kalo Ane mah Apus aja udah beres gan .. hehehe

Reply delete
PENGETAHUAN PINTARs February 19, 2012 at 1:30 PM

wah ane juga pernah ngalamin gan, karena sakit hati ane mending delete aja tuh commentnya!!

Reply delete
D7 February 21, 2012 at 10:37 PM

s7
mampir gan http://districts7.blogspot.com/

Reply delete

wah.... tips yang bagus kak, makasih ya kak, jadi tambah semangat nia !

Reply delete
derin May 9, 2013 at 3:05 PM

makassih gan infonya...
sukses selalu oke

Reply delete
ebol May 22, 2013 at 3:34 PM

gimna bisa kaya gitu

Reply delete
obat alergi May 27, 2013 at 3:21 PM

makasih infonya gan makasih banyak.

Reply delete
Desain Company Profile July 13, 2013 at 9:14 AM

Terimakasih banyak atas informasinya............

Reply delete
Unknown December 23, 2013 at 9:41 AM

aaaa , iyasih bener juga~

Reply delete

Post a Comment

Silahkan Anda kritik dan sarannya pada kolom komentar di bawah ini. Karena setiap satu kata Anda berkomentar sangat berarti untuk kemajuan blog ini (baca: Cara Berkomentar yang Baik).

 

Site Info

  • Fortuner SUV Terbaik
  • Commonwealth Life Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik Indonesia
  • Cincin Kawin
  • PageRank

    Followers

    back to topReturn to top of page Copyright © 2012 | Blog SEO DAW - XP | Tutorial Blogspot | Belajar SEO Blogspot - Privacy Policy Template by Hack Tutors