Kontes SEO, Berbahaya!



Posting lagi dan posting lagi, itulah kegiatan rutin blog DAW-XP sehari-harinya, tanpa posting saya akan merasa berutang kepada pengunjung setia blog saya. Memang sebagian ada yang bingung dengan judulnya, yaitu kontes SEO, berbahaya! Tapi disini kita akan memang benar-benar membahasnya.

Sebagai seorang blogger, tentu anda sudah tidak asing lagi dengan yang namanya kontes SEO. Kontes SEO adalah sebuah perlombaan untuk mempermainkan kata kunci tertentu di mesin pencari (Google, Yahoo) untuk bisa menduduki peringkat atas di SERP alias Search Engine Result Page atau halaman hasil pencarian.

Kontes SEO memang sangat banyak sisi positifnya, namun juga tidak sedikit sisi negatifnya. Salah satunya adalah untuk menunjukkan dan mencoba tehnik-tehnik SEO yang pernah dipelajari tersebut ke suatu kontes dengan menembakkan kata kunci tertentu yang telah diinstruksikan oleh panitia kontes SEO. Tapi hati-hati dengan kontes SEO, karena kontes SEO bisa membuat buruk banyak hal, berikut penjelasannya:

1. Waktu dan Uang Terbuang
Waktu dan uang anda akan terbuang karena harus membayar uang di warnet hanya untuk optimasi artikel di kontes seo saja. Padahal waktu tersebut bisa digunakan untuk melakukan optimasi onpage dan offpage pada blog anda, seperti bookmark ke situs-situs boomark, mencari backlink dan sebagainya. Bisa berjam-jam waktu yang akan anda buang sekedar untuk melakukan Optimasi Kontes SEO tersebut dalam 1 hari.

2. Ditendang Search Engine
Dalam hal ini, search engine yang paling galak adalah google. Jika anda optimasi secara berlebih-lebihan, mencari backlink secara berlebih-lebihan, maka google akan menggangap situs anda sebagai situs spam dan tak segan memasukkan artikel dan domain anda ke kotak SANDBOX. Hal ini akan menghilangkan artikel dan situs anda dari index peredaran mesin pencari.

3. Kesehatan Terganggu
Jantung berdebar-debar, sulit tidur, dan hal lain kemungkinan besar akan menghinggapi anda. Kenapa? Karena anda mengalami stress, tertekan oleh kondisi SERP yang naik turun, atau artikel anda yang mendadak hilang dari halaman 1 SERP setelah memasuki detik-detik terakhir kontes SEO, atau karena bagaimanapun anda berusaha, sekeras apapun, ternyata hasil yang anda harapkan tidak sesuai dengan pengorbanan waktu, uang dan tenaga yang anda keluarkan.

Saran saya, sebaiknya anda terus belajar mengenai SEO. Ilmu SEO tidak akan pernah ada habisnya, seiring berjalannya waktu, maka akan muncul tehnik-tehnik SEO yang baru yang wajib anda ketahui dan baru mencobanya di atas panggung atau kontes SEO. 


Semua kembali kepada anda masing-masing, karena setiap manusia memiliki opini yang berbeda-beda. Begitupun saya, saya menggangap kontes SEO tidak baik namun kadang tetap akan mencobanya karena ingin mencoba tehnik-tehnik SEO yang pernah saya lakukan. Ini hanya sekedar opini saya, jangan terlalu dimasukkan ke hati ya. Jika telah membaca tulisan ini, apakah ini benar menurut anda?

Ingin Berlangganan Artikel Terbaru ke email kamu? Masukan Email kamu disini:

Tidak tahu cara berlangganan? Klik disini

Related Post:

Anda sedang membaca artikel tentang Kontes SEO, Berbahaya! dan anda bisa menemukan artikel Kontes SEO, Berbahaya! ini dengan url http://daw-xp.blogspot.com/2011/07/kontes-seo-berbahaya.html, anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Kontes SEO, Berbahaya! ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link Kontes SEO, Berbahaya! sumbernya.


90 comments

Green KLOPERER July 6, 2011 at 11:19 AM

hahahha iya juga seh sob,,,tp itu lah kenyataanya,,,se positif postifnya hal pasti ada negatifnya begitu juga sebaliknya,,,contoh paling simple,,,BLOGGING,rajin blogging emang bagus bisa nambah ilmu pengetahuan secara cepat,negativenya kita sering lupa waktu makan,waktu kerja, bersosialisasi sama temen2 atau parahnya lupa waktu ibadah hihihih kaya saya :p .... nice info sob

Reply delete
Pradisz Wardhana July 6, 2011 at 11:28 AM

Yap, hehe.. tapi dengan mengikuti kontes seo, kita juga akan terlatih dan banyak belajar lagi tentang SEO (walaupun saya juga belum action2) hehe.. sipp

Reply delete
fd July 6, 2011 at 11:37 AM

kan kita juga akan terlatih dan banyak belajar lagi tapi saya jarang coba nih....hehehe
jalan2 ke blogku ya di http://masterdhedi.blogspot.com/ saya tunggu kunjungannya ya...
Terimah kasih....

Reply delete
FZABoyZ July 6, 2011 at 11:47 AM

kayaknya 3 dampak negatif itu tidak terjadi ke saya

Reply delete
Unknown July 6, 2011 at 11:48 AM

@Green KLOPERER : Yupz, bagaimanapun, pasti juga akan ada sisi negatifnya. Asalkan kita bisa mengendalikan diri, semuanya akan baik-baik saja. :)

Reply delete
Unknown July 6, 2011 at 11:49 AM

@Pradisz Wardhana : Yupz betul sekali, asalkan kita bisa mengendalikan diri, hal-hal di atas pasti tidak akan terjadi. :)

Reply delete
Unknown July 6, 2011 at 11:50 AM

@DediJs : Yupz betul sekali, banyak belajar dan jangan pernah menyerah. :)

Reply delete
Unknown July 6, 2011 at 11:51 AM

@FZABoyZ : Oh baguslah kalo gitu. Karena walau bagaimanapun asalkan kita bisa mengendalikan diri semuanya tidak akan terjadi. :)

Reply delete
Unknown July 6, 2011 at 11:57 AM

wah wah bhya juga nih ternyata.... hihihihihhii untung ane gak suka ikut kyak gitu"an... hehehe

Reply delete
Tarry Kitty July 6, 2011 at 12:10 PM

Aq malah ga tau apa2 yg pntng nge blog hikz.

Yg ini bs lsng comment pake hp lho. . . .
Makasih suara hati saya di dngr mas deny xixixi

Reply delete
Rachmad July 6, 2011 at 12:14 PM

iya sob..benerr tapi...hadiahnya itu loh..menggiurkan ...wkwkkw..kagak nahan dah..

ane blm pernah ikut sob..

Reply delete
lavhalitya July 6, 2011 at 12:26 PM

aku belum pede ikutan kontes SEO :) hehe ..... aku juga bingung sama teori seo yang ada ,,,, belum siap ikutan gituan lah ... hehe #kapan siapnya? haha ..... jalani aja gak usah pake berlebihan, hehe :)

Reply delete
Unknown July 6, 2011 at 12:32 PM

@ViKrY'X MadZ : Hehe asalkan kita bisa mengendalikan diri nda bakalan juga terjadi hal-hal di atas. :)

Reply delete
Unknown July 6, 2011 at 12:35 PM

@Tarry KittyHolic : hehe gpp aja kq mb'e, karena ingin nda mau susah. :)

Oh ok, sama-sama mb. Kenyamanan pengunjung adalah fokus utama saya. :)

Reply delete
Ladida Cafe July 6, 2011 at 12:35 PM

sepertinya kalo udah master sih udah ga diambil pusing yah? hohohoo . .

Reply delete
Unknown July 6, 2011 at 12:36 PM

@Rachmad a.k.a Gorengan : Yupz betul sekali, belajar dan terus. Nanti pasti bisa kok. :)

Reply delete
Unknown July 6, 2011 at 12:36 PM

@lavhalitya : Terus belajar dan jangan pernah menyerah mb'. Pasti lama-lama bisa kok. :)

Reply delete
Unknown July 6, 2011 at 12:38 PM

@Ladida Cafe : hahai, kalo udah master uang mengalir terus. wkwkwk :D

Reply delete
Unknown July 6, 2011 at 1:42 PM

hmmm,gue stuju. cma klo msalnya mnang,hadiahnya lumayan. google bkan galak lhgi,tp kejam. blog ane aja msih pageranknya nol besar. hufft. =.=

Reply delete
Unknown July 6, 2011 at 2:36 PM

@viciorizky.blogspot.com : Yupz betul sekali. :)

Reply delete
Majalah Masjid Kita July 6, 2011 at 3:09 PM

hahaha.. saya setuju mas.. mungkin saya satu2nya yg gak pernah mengusik yang satu itu, tapi lebih karena banyakan gak ngertinya.. point nomer 3 cukup menarik :p

Reply delete
joko July 6, 2011 at 3:27 PM

nice infomay,gan btul3*

Reply delete
Unknown July 6, 2011 at 4:54 PM

@Majalah Masjid Kita : haha makasih mas. Saya belum ada menemukan sih kejadian yang kayak nomer 3 itu mas, nd tau apa ada atau ga, soalnya cuman perkiraan saja. hahaha :D

Reply delete
Unknown July 6, 2011 at 4:54 PM

@joko : Sama-sama, terima kasih kembali karena sudah berkunjung dan berkomentar di blog sederhana ini gan. :)

Reply delete
donimasrul July 6, 2011 at 5:02 PM

ah yg benar sob.. sy blon coba sih...

Reply delete
Unknown July 6, 2011 at 5:24 PM

@donimasrul : hehe itu hanya pemikiran saya saja sob, semua kembali kepada diri masing-masing asalkan kita bisa mengendalikan diri hal-hal di atas pasti tidak akan terjadi. :)

Reply delete
Naufal Aminur Rahman July 6, 2011 at 7:39 PM

3. Kesehatan Terganggu

Bener2 bahaya nih buat yg punya penyakit jantung, bisa meninggal sebelum pengumuman nih :D

Reply delete
Unknown July 6, 2011 at 8:25 PM

Ada Bahayanya Juga to..!!! Baru tau Nih aku..

Reply delete
iPayMu.com Pembayaran Online Indonesia July 6, 2011 at 11:03 PM

saya baru mo nyoba ikutan kontes seo... bukan untuk mendapatkan hadiah tetapi cuma hanya ingin tahu apa dan seperti apa algoritma dari google.
salah satunya dengan mencari backlink ini saya ingin cari tau apa masih bisa dapat di posisi serp...
smuanya kan try dan error..
nice info sob...

Reply delete
buru software July 7, 2011 at 1:44 AM

yang suka seo, nih ebook lengkap tentang seo http://buru-software.blogspot.com/2011/07/free-download-ebook-search-engine.html

Reply delete
Yurosie July 7, 2011 at 2:14 AM

Iya sih... Kalo kagak punya komputer seperti saya.. Akan percuma.. Sering ke warnet tapi hasilnya sia-siaIya sih... Kalo kagak punya komputer seperti saya.. Akan percuma.. Sering ke warnet tapi hasilnya sia-sia

Reply delete
AcerNoval July 7, 2011 at 6:28 AM

untung aku belum pernah ikutan :) hehe

Reply delete
FAYES COOL July 7, 2011 at 7:28 AM

mantap sob.... tapi oe om pernah tuh ikut seo kontes...... mang rasanya gmn om kalo ikut kontet seo

Reply delete
Mas uwah July 7, 2011 at 10:14 AM

3.kesehatan terganggu,, wah tiu point yang menurut ane sangt berbahaya dan memng kenyataan ya mas,,

Reply delete
iam July 7, 2011 at 8:35 PM

Hehe kalau ane mah blog nya memang gak difokuskan buat SEO. Yang penting posting2 terus, biar tulisan tambah baik :)

Reply delete
Dwiki July 7, 2011 at 8:40 PM

wew... betul juga itu gan... :D

Reply delete
Lookzi July 7, 2011 at 10:12 PM
This comment has been removed by the author. Reply delete
Lookzi July 7, 2011 at 10:17 PM

phew.. bner juga ya, apalagi sampai kesehatan terganggu..
untung belom coba.. :D
nice info gan..! :)

Reply delete
MARLIF July 8, 2011 at 2:24 AM

daripada kecewa mending tidak usah berharap sob. hahaha

daripada susah-susah optimasi dan membiarkan jantung berdebar-debar mending kontes seo diambil positifnya saja "belajar mereview". kalau mengejar ilmu seo gak ada habisnya sob, mending belajar nulis artikel original aja besok2 masih tetap original walaupun terletak di page 2 search google.

Reply delete
Electric Scooter Reviews July 8, 2011 at 3:05 AM

benar bung.. kl dipikir2.. kontes seo cuman bikin puyeng.. soalnya yg ikut kontes umumnya sudah master2 sih..
susah deh menangnya

Reply delete
Cerita dan Ilmu July 8, 2011 at 9:52 AM

Bagi yang ngotot dengan hasil maka akan merasakan stress yang berat bahkan ga bisa, buat saya ngeblog nyantai aja tapi konsisten dengan tujuan blog dan target yang harus dicapai.
Kontes SEO sekadar ikut meramaikan untuk menerapkan ilmu SEO tapi jangan pernah berharap bakal menang biar ga jantungan dan sakit hati. Nothing to Lose aja…

Reply delete
Mr.Randy July 8, 2011 at 10:37 AM

iya gan berbahaya bagi kesehatan ,kantong dan juga blog hohooho makanya aku gak ikutan kontes selain punya mba Dhana dulu hehehe

Reply delete
edinesia July 8, 2011 at 11:55 AM

wah ternyata ada dampak yang tidak baik simata google ya gan

Reply delete
Unknown July 8, 2011 at 1:51 PM

Naufal Aminur Rahman : haha bener juga. :)

N.agung61 : Asalkan kita bisa mengendalikan diri semua itu pasti nda bakal terjadi mas. :)

iPayMu.com Pembayaran Online Indonesia : Oh gitu, asalkan kita bisa mengendalikan diri semuanya pasti tak akan terjadi mas, iya toh? :)

Prasetyo : OK sama-sama mas. :)

buru software : Sipp mas. :)

Yurosie : Yupz betul sekali mas, semua itu akan sia-sia dan bahkan uang terbuang. :)

AcerNoval : Hehe sipp mas. :)

FAYES COOL : Yah kaya gitulah mas. :D

Mas uwah : Hehe itu cuma perumpaan mas, belum ada sih aku denger sampai kejadian gitu. :)

iam : itu bisa dan sipp mas. :)

Dwiki : iya gan

Lookzi : Asal kita bisa mengendalikan diri kita semuanya pasti tak akan terjadi mas. :)

ajurNA : Yupz betul sekali mas, yang terpenting adalah jadilah diri sendiri dengan menulis artikel original dan terus belajar. :)

Best vacation spot : Yupz betul sekali, makanya kita harus belajar banyak dulu, tapi tidak ada salahnya hanya untuk menerapkan tehnik-tehnik yang pernah dipelajari. :)

Cerita dan Ilmu : haha bener sekali sob. :)

randy oktaran : hehe sama mas. lebih seru lagi ya. :)

edinesia : Yupz asalkan jangan berlebih-lebihan dalam mencari backlink, ntar situsnya dianggap spam lho oleh mbah google. :)

Reply delete
ProfHariz July 8, 2011 at 4:33 PM

Sekarang aku sertai kontest seo "Aku Seorang Blogger" naik gila aku~ hehehe

Reply delete
Unknown July 8, 2011 at 5:36 PM

@ProfHariz : Oh sip sip gan. :)

Reply delete
Arhy Tutorial July 11, 2011 at 6:07 PM

berbahaya jika melakukan sesuatu tanpa dipikir dan diberi jadwal terlebih dahulu..
mungkin kebanyakan blogger sepertinya mempunyai pc/laptop pribadi jadi bisa menghemat uang saku..
kesehatan terganggu seperti saya. sering begadag -,-"

Reply delete
Unknown July 11, 2011 at 6:10 PM

@Arhy Tutorial : Itulah yang sangat disayangkan. Berpikir tanpa memikirkan apa yang terjadi di depan. Yupz enak saja, tapi bagi yang sering ke warnet, usaha banyak sia-sia dan uang terbuang. :)

Reply delete
Error Shinobi July 31, 2011 at 2:19 PM

kalo saia sih malah gak ngerti soal seo. .. masih rada2 bingung...

Reply delete
Unknown July 31, 2011 at 2:24 PM

@Shinobi Blog: hehe gpp sob, yang penting fun dulu. Ntar tau sendiri kok lama-lama

Reply delete
rougerdeluffy August 1, 2011 at 8:55 PM

wow serem ya ternyata

Reply delete
Top 1 Oli Sintetik Mobil-Motor Indonesia August 2, 2011 at 2:42 AM

mank bener juga sih klo dilihat dari ketiga point itu cuman,
point pertama-aku pake modem unlimited 1 tahun jd gag masalah
point kedua-emank tujuan bisa ada di page 1 (1-10), cuma jangan over juga caranya biar gag ditendang gitu
point ketiga-klo aku sih cuma sebatas ikutan aja, klo menang ya alhamdulillah klo gag ya gpp yg penting uda pertisipasi

itu menurutku sih, klo orang lain ya aku gag tahu. thanks udah berbagi sob

Reply delete
Unknown August 2, 2011 at 11:48 AM

@Top 1 Oli Sintetik Mobil-Motor Indonesia : hhm ya, point kedua memang ati-ati aja kalo berlebihan optimasinya.

Reply delete
Bayu August 6, 2011 at 9:28 AM

sob keren!!!!! gua mampir di blog ini ketika gua nulis keyword "bahaya kontes seo" . . mantab sobb!!! :)

mumpung faceblog lagi ngadain kontes seo aku juga ikutan sob penasaran soalnya . . heheehehee
sama nambah-nambah pengalaman :D ..

Reply delete
Unknown August 6, 2011 at 10:28 AM

@Bayu Aldi Yansyah : hehe okk sob.

gpp juga sob, namun jangan berlebihan ya, ntar masuk di dalam daftar di atas.

Reply delete
Unknown August 13, 2011 at 12:11 PM

Ow ternyata efek negatifnya serem juga ya, apalagi yang no 2. Semoga jangan yang itu, tapi aku juga udah terlanjur ikut kontes SEO, so akan aku kurangi cari backlink buat artikelku takut di tendang om Google,,hihihi

Reply delete
Blog Indonesia August 24, 2011 at 10:37 AM

Saya mah bukan type blogger yang gila backlink dan tidak banyak tahu soal SEO, jadi ya saya nggak pernah tuh ngabisin duit buat berburu backlink di warnet.. mendingan nge-blog seadanya dan duduk manis aja deh nonton yang lain..

Reply delete
Unknown August 27, 2011 at 9:58 PM

no. 1 dan no. 3 pernah sy alami mas :D
wkwk

Reply delete
Jago Gratis December 18, 2011 at 6:42 AM

Numpang nampang gan, ane baru belajar bikin blog..hhe! bahas SEO yak,,, kayak apa ni? ane ga ngerti gan.. ajarin dunk...!

Reply delete
Kahfi December 28, 2011 at 6:43 AM

mas ajarin saya mendapatkan Backlink di blogku

Reply delete
mantap bung February 28, 2012 at 11:29 AM

mantap brow artikelnya

Reply delete
sinyubi February 29, 2012 at 4:00 PM

bagi tips seonya mas,
bio-sanjaya.blogspot.com/2012/01/alexa-rank-no-data-no-data.html

Reply delete
glitter March 12, 2012 at 7:39 PM

Jantung berdebar-debar, sulit tidur, dan hal lain kemungkinan besar akan menghinggapi anda. ...hehehehehe. emang ada yang sampai kayak begini ya.

Reply delete
salehonx March 13, 2012 at 4:34 AM

ngebahas Optimasi SEO emang ga da habisnya, apalagi kontes SEO ..
sedikit naik besiknya malah turun, emang bener ngebuat kesehatan terganggu, wkwkwk ...

Reply delete
Unknown March 14, 2012 at 9:56 PM

Wah jadi berita terbaru hari ini nih...hehehe...salam mas...

Reply delete
gejala penyakit liver March 17, 2012 at 10:46 AM

mksi info nya,,,:-)

Reply delete
Cara Mendapatkan Blackberry Tanpa Membelinya March 24, 2012 at 4:09 PM

Demi uang tak apa lah kerugian itu, wkwkkww

Reply delete
dfn7 March 27, 2012 at 6:52 PM

waduhh.. bahaya juga ya..

Reply delete
Dangdut Online June 21, 2012 at 1:55 PM

Ya buat kontes seo jangan ngandelin Blog master dong hehehe makasih sob infonya

Reply delete
Cara terbaru July 3, 2012 at 7:56 PM

Beda dgn pendapat saya,,
kalau saya dengan ikut kontes saya jd tmbh semangat tuk optimasi,krn sekalian saya optimasi,lgsung brg optimasi buat blog saya yg lain.
Dan kalau buang2 waktu n uang,kayak nya ga jg,krn saya malah dpt uang dr kontes

Reply delete
Anonymous July 10, 2012 at 11:52 PM

mungkin saya bisa ngasi solusi nih. sesuai pengalaman, soal-menyoal kontes seo itu mudah. intinya backlink. sehabis posting, langsung aja cari backlink. seharian juga gak apa2. besoknya ya gak usah. kalo dapat seminggu. hajar lagi. enak kan. hehehe

Reply delete
Didi July 18, 2012 at 1:29 AM

owh gitu ya gan bahayanya kontes seo

Reply delete
Didi July 18, 2012 at 1:30 AM

owh gitu ya gan bahayanya kontes seo

Reply delete
Advertising dan Huruf Timbul Semarang August 4, 2012 at 1:19 AM

jalani apa adanya,saya masih pemula,daripada ikut kontes seo yg jelas2 bukan tandingan saya,mending angkat posisi web ku dulu aja.

masala ikut kontes ntar aja kalo dah mahir baru ikut.............
hehehe.......
trims

Reply delete
laku ,com belanja murah dan aman September 3, 2012 at 6:08 PM

berul itu gan ,saya sendiri mengalami,walopun begitu sy tetap kalah dalam kompetisi jd rugi berkali kali,

Reply delete
bundakata November 8, 2012 at 2:17 AM

saya malas ikut kontes seo

Reply delete
Unknown November 15, 2012 at 10:52 AM

terima kasih, ijin copas yah..:D

Reply delete
Newbie permanent November 17, 2012 at 5:12 PM

Ane suka ikutan kontes mas den, tapi tidak sampe segitu juga gila-nya heheeee

Reply delete
ebol May 9, 2013 at 3:05 PM

makassih gan infonya...
sukses selalu oke

Reply delete
Anonymous May 17, 2013 at 3:54 AM

Үou have made somе гeally goοd pointѕ theгe.
I cheсked on the web fοr morе info about the
issue and found most рeople will go аlong
with уour views on thiѕ website.

Feеl free to surf to mу wеbѕite :: HTTP://is.gd/1ai2syroe

Reply delete
derin May 22, 2013 at 3:35 PM

keren ikh infonya

Reply delete
obat alergi May 27, 2013 at 3:22 PM

makasih infonya gan makasih banyak.

Reply delete
Desain Company Profile July 5, 2013 at 8:58 AM

Terimakasih banyak atas informasinya

Reply delete
Desain Company Profile July 13, 2013 at 9:15 AM

Terimakasih banyak atas informasinya............

Reply delete
Fachri September 8, 2013 at 12:19 PM

saya pernah ikut kontes gan, alhamdulillah kmren masuk page 1 google. tp blog sya smpe skrng masih baik" aja gan. mngkn trgantung dri optimasi psertanya. Kalau berlebihan yang langsung di banned google hehe..
mmpir di blog sya juga ya gan ^^

Reply delete
Fachri September 8, 2013 at 12:19 PM

saya pernah ikut kontes gan, alhamdulillah kmren masuk page 1 google. tp blog sya smpe skrng masih baik" aja gan. mngkn trgantung dri optimasi psertanya. Kalau berlebihan yang langsung di banned google hehe..
mmpir di blog sya juga ya gan ^^

Reply delete
Agen Poker Online Indonesia Terpercaya October 31, 2013 at 9:47 PM

aku juga sedang ikut kontes seo ItuPoker(dot)Com Agen Poker Online Indonesia Terpercaya

Reply delete
Unknown December 23, 2013 at 9:37 AM

tapi banyak loh kontese seo yang beredar , huhu

Reply delete
musik mp3 February 14, 2014 at 6:23 AM

benar sekali itu sobat.. saya pernah mengikuti ajang kontes seo. Diwaktu mata msh meletot dpn pc top 1. Disaat tertidur dan terbangun website sudah hilang dari google.com hehe

Reply delete
Nabil January 5, 2015 at 2:34 AM

kontes seo pertama saya tahun 2011. baru paham seo jadi sok-sokan mau ikut partisipasi perang dingin dimesin pencari yang akhir nya jadi kayak orang kesurupan . kemana angin berhembus dan saya berlabu pasti disana backlink saya pasang

Reply delete

Post a Comment

Silahkan Anda kritik dan sarannya pada kolom komentar di bawah ini. Karena setiap satu kata Anda berkomentar sangat berarti untuk kemajuan blog ini (baca: Cara Berkomentar yang Baik).

 

Site Info

  • Fortuner SUV Terbaik
  • Commonwealth Life Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik Indonesia
  • Cincin Kawin
  • PageRank

    Followers

    back to topReturn to top of page Copyright © 2012 | Blog SEO DAW - XP | Tutorial Blogspot | Belajar SEO Blogspot - Privacy Policy Template by Hack Tutors