Tips Blog - Buatlah Pengunjung Blog Anda Nyaman



kenyamanan pengunjung blog
Posting lagi dan posting lagi, semoga anda tidak bosan dengan postingan Deny yang itu-itu saja dan membahas ini-ini saja. Dalam postingan ini kita akan belajar sedikit mengenai membuat pengunjung anda blog nyaman.

Saya sering menemukan bahwa kebanyakan blogger banyak yang mementingkan kecantikan blognya itu sendiri, tapi tidak memperhatikan kenyamanan pengunjung. Padahal selain dari konten yang utama dalam banyak visitor itu adalah pengunjung itu sendiri.

Pengunjung blog anda akan merasa kesal dan bahkan tidak ingin lagi mengunjungi blog anda karena tidak merasa dilayani dengan baik. Hal ini sering ditemui di dunia nyata misalnya sewaktu kita lagi bertamu, namun tidak dilayani dengan baik sehingga kita tidak mau lagi bertamu di rumah orang itu lagi karena merasa tidak dihargai di rumahnya.

Meskipun kita bisa menguasai tehnik seo dan mendapatkan posisi bagus di serp, semua itu akan tetap saja sia-sia jika pengunjung tidak merasa nyaman. Belum selesai ia membaca artikel anda, ia pasti akan langsung pergi meninggalkan blog anda karena merasa terganggu dengan hal-hal tertentu. Hal-hal itu antara lain adalah:

1. Iklan yang Terlalu Banyak

Iklan memang bagus untuk admin yang ingin mendapatkan penghasilan dari blognya dengan menempatkan iklan. Tapi sebaiknya anda tidak terlalu berlebih-lebihan dalam menempatkan iklan, seperti memaksa pengunjung untuk mengklik iklan anda dengan menaruh iklan anda di layar komputernya yang memasang script tertentu. Buat saja iklan di tempat yang tidak terlalu menggangu pengunjung namun terlihat. Jangan takut iklan anda tidak diklik, dengan konten yang berkualitas, pengunjung pun tidak segan akan mengklik iklan anda karena telah membantunya mencari apa yang ia cari di blog anda.

2. Shoutbox

Mungkin sebagian blogger tidak tahu bahwa menurut saya shoutbox itu penting. Mengapa? karena shoutbox ini berguna sebagai tempat berdiskusi antara admin (pemilik blog) dengan si pengunjung. Dengan adanya shoutbox ini, pengunjung bisa mengeluarkan kritik dan sarannya untuk kemajuan blog itu sendiri. Tentunya akan terjadi saling interaksi antara pengunjung dan admin blog itu. Untuk widget yang satu ini, sebaiknya dibuat sebuah link saja seperti di menu atas punya saya yang bertuliskan chat, karena google panda sekarang lagi mengawasi yang menggunakan shoutmix.

Selayaknya dibaca:

3. Tampilan Blog yang Kurang Enak Dilihat

Tampilan blog yang kurang enak dilihat kemungkinan akan menggangu pengunjung blog anda yang sedang berkunjung ataupun membaca artikel anda. Dengan tampilan blog yang enak dilihat, pengunjung akan merasa betah terus di blog anda dan akan terus mengikuti perkembangan dari blog anda (baca: pengunjung setia).

4. Loading Blog yang Berat

Selain tampilan blog yang oke, loading blog juga banyak menjadi penyebab tidak nyamannya pengunjung di blog anda. Walaupun di modem dan komputer anda cepat browsingnya, tetapi belum tentu cepat dan bagus juga koneksinya pengunjung, anda harus bisa optimalkan itu semua. Penyebab berat blog bisa ditandai dengan banyaknya gambar dan widget yang kurang penting (baca: 5 Widget Pilihan Untuk Blog) dan juga file js yang tidak penting. Memang loading blog banyak menjadi kendala utama dan masalah yang sulit diselesaikan, namun anda bisa mencari pencerahan / saran penyebab berat blog anda di Google Website Optimizer dan WebsiteOptimization.com.

Selayaknya dibaca:

Buatlah pengunjung blog nyaman, agar mereka betah dan terus mengikuti perkembangan blog anda. Semuanya itu harus anda jalankan dengan sabar, sabar dan penuh kesabaran. Terima kasih buat pengunjung setia blog DAW-XP yang terus mengikuti perkembangan blog ini, anda bisa berlangganan artikel blog ini melalui feedburner dengan memasukkan email anda. Semoga bermanfaat.

Ingin Berlangganan Artikel Terbaru ke email kamu? Masukan Email kamu disini:

Tidak tahu cara berlangganan? Klik disini

Related Post:

Anda sedang membaca artikel tentang Tips Blog - Buatlah Pengunjung Blog Anda Nyaman dan anda bisa menemukan artikel Tips Blog - Buatlah Pengunjung Blog Anda Nyaman ini dengan url http://daw-xp.blogspot.com/2011/07/buatlah-pengunjung-blog-nyaman.html, anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Tips Blog - Buatlah Pengunjung Blog Anda Nyaman ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link Tips Blog - Buatlah Pengunjung Blog Anda Nyaman sumbernya.


67 comments

FZABoyZ July 14, 2011 at 6:38 AM

saya tidak suka dg blog yg memaksa meng klik iklan

Reply delete
saryadi nilan July 14, 2011 at 8:06 AM

1,kalau blog daku sampai sekarang gak ada iklannya
2,kalau tampilan blog menurut daku dah cukup bagus,gak tau kata yang lain,
3,pingin juga mengurangi widget,tapi masih sayang,jadi di pertahanan,gitu aja,salam love,peace and gaul.

Reply delete
AcerNoval July 14, 2011 at 9:11 AM

blog ku sudah nyaman belum sob ? ehehe., tapi udah praktekin semua nyaa !! :D

Reply delete
Dimas Satrio July 14, 2011 at 11:04 AM

pengunjung benci 'Iklan yang Terlalu Banyak'
pasti langsung di close deh blog yang dy kunjungi :D
itu menurut saya , kalo blog saya sudah nyaman blm sob , kunjungi balik yah dan komen

Reply delete
Green KLOPERER July 14, 2011 at 11:06 AM

wahhhh manteb untuk intropeksi blog saya sendiri nieh,,,mksh broder ... :)

Reply delete
TituitBom July 14, 2011 at 11:39 AM

blog ane ada 1 iklannya .. wokwoakw

Reply delete
Dode Van Persie July 14, 2011 at 11:39 AM

nice post agan koment balik ya...!! :)

Reply delete
Ladida Cafe July 14, 2011 at 11:42 AM

wah, kabarnya kalo ada GA rawan kalo ada widget buku tamu, makanya skrg saya pasang linknya aja, ngga saya pasang, ohohohoo . .

Reply delete
edinesia July 14, 2011 at 11:44 AM

emang penting gan, buat pelanggan untuk betah

Reply delete
Unknown July 14, 2011 at 11:48 AM

@FZABoyZ : yupz, karena akan merugikan pengunjung itu sendiri.

@saryadinilan : hehe sipp deh, salam juga peace dan gaul. :)

@AcerNoval : sudah nyaman kok sob, hehe sipp lah kalo begitu. :)

@Dimas w3 : yupz betul sekali sob, itu yang paling sering pengunjung sesalkan. Wew manteb sob, simple templatenya. :)

@Green KLOPERER : yupz, bisa kita jadikan pembelajaran sob. :)

@TituitBom : hehe gpp sob, buat penghasilan, asal tidak menggangu iklannya.

@Dode [Admin Dode-Xp] : sipp, tanpa anda suruh pun saya akan melakukannya. :)

Reply delete
Unknown July 14, 2011 at 11:50 AM

@Ladida Cafe : terima kasih sob atas masukkannya, saya pun begitu, hehe :)

@edinesia : Sipp betul sekali gan. :)

Reply delete
Rachmad July 14, 2011 at 12:50 PM

Nah ini info yg bermanfaat bgt.. .Mmang bnyak blogger yg mempercntik blognya doang tanpa mikirin gimana nasib para tamu. .Hehehe. . .Lama gitu gara2 penuh iklan dll

Reply delete
Unknown July 14, 2011 at 12:54 PM

@Rachmad a.k.a Gorengan : yupz, kebanyakan hanya mementingkan diri sendiri tanpa mementingkan kenyamanan orang lain. :)

Reply delete
kesalahan seorang Blogger July 14, 2011 at 1:17 PM

aduhh sob, saya juga setuju tuh ama yang diatas,termasuk kesalahan seorang blogger hehehe nitip post serupa :D

Reply delete
Dhymalk dhykTa July 14, 2011 at 1:26 PM

actually tujuan org nge blog khan beda2..kayak ane awalnya cuma mau sekedar menuangkan pikiran dlm blog, liat org sukses punya banyak kawan ngkutin...liat org punya income ratusan $ secara naluri jg pengen,,,

dan klo scara pribadi ..setiap blog yg ane kunjungi trmasuk blog ini yg punya iklan ane langsung injak aja krn gak nyusahin jg, gak ngerepotin cuma diklik doang...

dan ane punya prinsip smakin sering ane melakukan itu ..pasti akan ada karmanya,,,tp dgn syarat ada isi yg positif yg ane dpt dr blog itu..

melihat postingan di atas,,,cuma mo ngasih jempol gede...ulasan mantap...dan ane yakin ke4 tips di atas akan buat blog2 kt smakin ramai...thanks

Reply delete
Unknown July 14, 2011 at 2:15 PM

@kesalahan seorang Blogger : hehe sipp deh sob, silahkan. :)

@Dhymalk dhykTa : hehe kalo aku tujuannya dulu ingin nunjukkin ke temen-temen bahwa aku pun bisa ngeblog. Sekarang tujuan ku ingin berbagi dan mencari penghasilan.

hehe terima kasih mas karena sudah mau injak iklan saya. betul, memang tidak ada ruginya kok, apa yang dirugikan? Seharusnya kita bisa berterima kasih karena sudah memberikan ilmunya kepada kita.

yupz, semua itu pasti akan ada balasannya. Dan saya pun berusaha untuk melakukan itu untuk membantu pengunjung mencari ilmu.

terima kasih sob atas jempolnya, saya juga 4 jempol tangan dan kaki atas komentarmu yang berharga dan tak terlupakan ini. :)

Reply delete
ALI BLOGGERS COMMUNITY July 14, 2011 at 2:52 PM

waduuh.. mungkin loading blog saya berat nggak sob, jadi bikin pengunjung gak mau mampir pa lagi betah, hihihi

Reply delete
Unknown July 14, 2011 at 2:58 PM

@ALI BLOGGERS COMMUNITY : modem saya sekarang lagi cepet koneksinya sob, kayaknya agak berat tuh. Saran saya lebih baik buang widget yang tidak penting, seperti widget Who's Visit ?, My Best Friends, My Facebook, dan Follow With Me. Untuk networkedblogs memang bagus dan cocok untuk berlangganan otomatis posting di facebook, tapi lebih baik gunakan RSS Graffiti yang lebih mudah dan bisa digunakan untuk berlangganan posting di facebook tanpa perlu memasang widgetnya lagi yang akan membuat blog. Mungkin itu saja saran saya. :)

Reply delete
AcerNoval July 14, 2011 at 3:08 PM

ohh gitu ya? hah makasihh yaa RT@Daw-xp : sudah nyaman kok sob, hehe sipp lah kalo begitu. :)

kok jadi kaya twitter., hhe

Reply delete
Unknown July 14, 2011 at 3:23 PM

@AcerNoval : hehe sama-sama sob. wkwkw udah kejangkit twitter nih. kalo saya masih bingung cara pake twitter itu. haha :D

Reply delete
143 July 14, 2011 at 3:38 PM

sob... setuju banget....
coba agan cek blog saya http://black-mayora.blogspot.com/..
bagaimana tentang loadingnya...
kalau blog anda sih enteng....

saya perhatikan jika blog seseorang berat, biasanya orang akan langsung menuju buku tamu dan menuliskan di buku tamu... (blogwalking, dll)..
mereka akan malas melihat artikel yang lainnya, yang mungkin itu penting...
hehehehehehehehehe....
komen back sob tentang blog saya....
kira kira apa yang harus di ubah...

Reply delete
Unknown July 14, 2011 at 4:18 PM

@143 : koneksi internet saya lagi cepat sob, mungkin akan lambat jika browsing ke blog anda.

Saran saya, sebaiknya anda membuang widget yang tidak perlu, seperti google translate, feedjit, dan shoutmix.

Untuk google translate, jika blog anda fokus pada satu bahasa yaitu bhs Indonesia maka fokuslah, jangan buat google translate. Namun jika anda ingin pengunjung dari semua negara, ya gimana lagi harus dipasang, namun itu sulit.

Untuk feedjit, memang penting untuk melihat data statistik dari blog anda, namun anda kan sudah mempunyai hitstat yang berfungsi juga sebagai data statistik blog anda, untuk apa lagi menggunakan feedjit.

shoutmix. Untuk widget yang satu ini, sebaiknya dibuat sebuah link saja seperti di menu atas punya saya yang bertuliskan chat, karena google panda sekarang lagi mengawasi yang menggunakan shoutmix. (baca kembali postingan saya)

Sebaiknya anda hilangkan label posting, anda bisa membuat daftar isi dengan membuat di halaman posting seperti punya saya di menu navigasi atas.

Satu lagi, sebaiknya kotak komentar anda, anda kembalikan menjadi seperti semula (kotak komentar blogspot). Mengapa? Dalam hal ini, kotak komentar itu memang bagus, namun kurang dalam hal seo. Jika anda menggunakan kotak komentar blogspot, maka google akan bisa mengindex komentar menjadi bagian dari artikel anda, jika kotak komentar lain google tidak bisa indexnya.

Cukup panjang saran saya, namun itu yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat.

Reply delete
Xaon July 14, 2011 at 5:07 PM

betul bangett tuhh broo

Reply delete
Kreativitas Ngeblog July 14, 2011 at 5:09 PM

wah, untung sdah pas dengan di atas blog saya, hehehe
nice post gan..

Reply delete
Unknown July 14, 2011 at 5:14 PM

@Xaon : hehe sipp bro. :)

@Kreativitas Ngeblog : wah bagusnya kalo begitu sob. :)

Reply delete
Hanifa Free Download July 14, 2011 at 6:01 PM

benar juga ya

Reply delete
Unknown July 14, 2011 at 6:06 PM

@Hanifa Free Download : yupz begitulah sob. :)

Reply delete
Tongkonanku July 14, 2011 at 6:13 PM

Dimana2 kenyamanan memang sangat penting! tak terkecuali di dunia blog. :)

Reply delete
Cerita dan Ilmu July 14, 2011 at 6:35 PM

Nice share sobat...

Reply delete
Unknown July 14, 2011 at 6:40 PM

@Tongkonanku : yupz betul sekali, pengunjung adalah raja yang harus dilayani dengan baik. :)

@Cerita dan Ilmu : ok sobat. :)

Reply delete
Dimas Satrio July 14, 2011 at 6:55 PM

apalagi blog kebanyakan flash (flashvortex.com), radio , tv online
bisa2 langsung hang browsernya , pusing deh liat blog kayak gitu

Reply delete
Unknown July 14, 2011 at 7:07 PM

@Dimas Satrio : iya pasti bikin pusing pengunjung dan akan jera tuh buat mengunjungi blog itu lagi. :)

Reply delete
Admin - Sc Zone July 14, 2011 at 7:19 PM

baru kepikiran saya ngbuat shoutbox cuma linknya doang lumayan tuh untuk ngurangin berat blog !!

ya gk ?

Reply delete
Unknown July 14, 2011 at 7:31 PM

@Admin - Ari Software : yupz betul sekali bos, tinggal dibuat link pasti akan mengurangi berat blog. :)

Reply delete
raseco July 14, 2011 at 7:32 PM

kalo saya paling males nungguin blog yang loadingnya lama, langsung ane close tuh browser..

Reply delete
Unknown July 14, 2011 at 7:55 PM

@raseco : iya, bener banget sob. Bandwith dan koneksi di Indonesia masih lemah, kalo di luar negeri mah boost aja. :)

Reply delete
yoedha July 14, 2011 at 8:36 PM

mantab bos..
lanjutkan berkarya'y..
jooosssss...

Reply delete
Unknown July 14, 2011 at 8:53 PM

@yoedha : ok bos. terima kasih udah berkunjung dan berkomentar di blog sederhana ini. :)

Reply delete
Anonymous July 14, 2011 at 10:13 PM

Wah blog ane masih banyak yg pelu diperbaiki nih...

Reply delete
143 July 14, 2011 at 10:14 PM

keren gan...
akan saya editing kembali....
namun tentang kotak komentar mungkin saya tetap pakai...
karana saya sudah terlanjur menyukai kotak komentar yang seperti itu...
sekali lagi terima kasih telah mengomentari isi maupun tampilan blog saya...
Jangan Kapok untung berkunjung, buat yang lain juga yachhhh....

Reply delete
Unknown July 14, 2011 at 10:39 PM

Wow...blog saya bagaimana mas? Saya dulu mengikuti saran Mas tentang muatan blog maksimal 100 kb. Dan saat ini blog saya masih stay di 98 kb hahahag... Semoga saja aman dan sejahtera. Untuk C-Box bagaimana mas?

Reply delete
Tarry Kitty July 15, 2011 at 12:37 AM

Waduh, iklanku kebanyakan ga ya???
Soale di pasangne orang xixixixixi

Reply delete
Mas uwah July 15, 2011 at 1:08 AM

loading blog lambat dan terlalu bnyak iklan terutama pop up saya sendiri tidak suka dengan blog kya gtu,,

Reply delete
jgdjagtm July 15, 2011 at 7:34 AM

gan gan, liatin blog ane donk gan. mhon sarannya yee :)
eia, ada apa dengan shoutmix n google panda? shoutmix ane ada di homepage gan,, jd takut....

Reply delete
Cerita dan Ilmu July 15, 2011 at 10:20 AM

Menampilkan Iklan dan widget yang berlebihan salah satu penyebab blog menjadi berat loadingnya

Shoutbox untuk menjaring si blog walking

Tampilan blog sebaiknya berlatar warna yang tidak membuat mata sakit. Paling enak dan banyak digunakan adalah warna-warna teduh…

http://www.cerita-dan-ilmu.net/

Reply delete
Unknown July 15, 2011 at 12:11 PM

@Baha Andes : blognya simple + keren kok sob. :)

@143 : hehe silahkan di editing kembali mas.
Oh begitu ya, udah merekat emang susah buat dilepasin ya mas. terima kasih mas. :)

Oh ya saya ada saran 1 lagi mas. Saran saya widget blogrollnya dibuat scroll, tau kan scroll? Agar lebih menghemat tempat sob, kalo kayak gitu malah kepanjangan. :)

@Ayub Adiputra : Sudah bagus dan keren kok sob blognya. Untuk cbox sepertinya mendingan dibuat link saja sob, sekarang google panda semakin merajarela. Dan labelnya bisa dimasukkan ke dalam kotak tabview. :)

@Tarry KittyHolic : Udah pas kok mb' tempatnya. :)

@Mas uwah : yupz betul sekali sob, itu akan sangat menggangu pengunjung. :)

@nC : Sudah pas + keren menurut saya sob. Mendingan shoutboxnya dibuat link sob, sekarang google panda makin merajarela. Gunanya juga bisa mengurangi berat blog sob + hemat tempat. :)

@Cerita dan Ilmu : yupz, itu hal yang paling menyebalkan menurut saya.

Ya, bener sekali kita bisa berinteraksi langsung dengan si pemilik blog.

yupz, saya suka dengan tampilan blog saya ini saja, menurut saya enak dilihat, belum tau menurut pengunjung. :)

Reply delete
143 July 15, 2011 at 10:00 PM

mengapa kotak komentar agan gak di buat scrol aja biar lebih menghemat, serta komentar di blog agan selalu ramai...
saya yakin jika di buat scrol gak berpengaruh bagi wibawa blog agan...
hehehehehehehe... newbie sok tau nie 143...
oya gan sekalian saya kasih tau 143 artinya (i love you)

Reply delete
Unknown July 15, 2011 at 10:54 PM

kyaknya yg perlu di kurangi dari blog saya iklan yg gak pas

Reply delete
gang tutorial July 16, 2011 at 4:25 AM

ajib sob...jamulah tamu kita bak seorang raja

Reply delete
Unknown July 16, 2011 at 11:14 AM

@143 : sebenarnya sih niatnya mau begitu, tapi apa berpengaruh ya sama jumlah komentarnya ntar. Mungkin kapan-kapan bisa saya buat, terima kasih bos atas masukkannya.

Oh gitu ya, ok i love u too. :)

@bopfive5 : mungkin iklan di footernya bisa dihapus sob dan diganti widget yang penting dan lebih baik sob. Karena jarang ada yang lihat = jarang diklik. :)

@gang tutorial : yupz betul sekali, pengunjung adalah raja yang harus dilayani dengan baik. :)

Reply delete
antigaptek July 16, 2011 at 2:33 PM

mantap infonya sob..
smoga blog saya enak di lihat ya sob...
hehhehe....

Reply delete
Unknown July 16, 2011 at 3:23 PM

@antigaptek : ok sob.
Yupz, blog sobat enak kok dilihat. :)

Reply delete
Mimpi Siang Bolong July 16, 2011 at 11:21 PM

Bro, bisa memberi komentar blog saya dong?
Thanks.

Reply delete
Unknown July 17, 2011 at 1:28 AM

@Mimpi Siang Bolong : ok bro, blogwalking adalah kebiasaan saya. :)

Reply delete
My Life Is Blogging July 17, 2011 at 12:29 PM

blogwalking gan + follow..
follback ya...

Reply delete
Unknown July 17, 2011 at 12:31 PM

@My Life Is Blogging : okk sob, tunggu ya. :)

Reply delete
Unknown July 18, 2011 at 12:09 AM

gak mau kalah komentar ah . .
memang bener banget tu n setuju . .
kemarin saya juga baca tentang " virus blogger pingitan " bagus juga untuk para pemula ,
http://ilmukieta.blogspot.com/2011/07/virus-blogger-pingitan.html

Reply delete
Unknown July 18, 2011 at 11:56 AM

@@priliano'S Doni : hehe terima kasih mas. :)

Reply delete
Error Shinobi July 31, 2011 at 2:27 PM

iklan tu, yg paling menggangu pengunjung.. apalagi kalo iklannya, yg langsung muncul, diklik dlu baru ilang.. paling males saia kalo gitu.. :)

Reply delete
Arif Poetra Yunar August 14, 2011 at 11:30 PM

Nice share gan :)
iklan yg terlalu bnyak itu sangat mengganggu bwt para pengunjung blog itu sendri

Reply delete
Harga Laptop December 11, 2011 at 9:24 PM

Walah satunya mungkin karena kita suka terhadap isi dan tampilan kali ya...blog daw-xp juga nyaman ^^

Mampir yuk Harga dan Spesifikasi Laptop

Reply delete
Kahfi December 28, 2011 at 7:01 AM

bener tuh gan
loading blog berat dapat menggangu pengunjung..

Reply delete
Obat Alami Kanker Payudara January 16, 2012 at 11:07 AM

Artikel yang bagus gan ..

Reply delete
service komputer August 24, 2012 at 12:30 PM

ane simak jelas juga pembahasannya,selamat berkarya gan....

Reply delete
muhamad fais September 10, 2012 at 11:10 PM

makasih mas dany dpet pengalaman banyak dari mas dany

Reply delete
adit May 22, 2013 at 3:34 PM

keren keren infonya mas

Reply delete
Unknown December 23, 2013 at 9:32 AM

makasii infonya ... :D

Reply delete

Post a Comment

Silahkan Anda kritik dan sarannya pada kolom komentar di bawah ini. Karena setiap satu kata Anda berkomentar sangat berarti untuk kemajuan blog ini (baca: Cara Berkomentar yang Baik).

 

Site Info

  • Fortuner SUV Terbaik
  • Commonwealth Life Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik Indonesia
  • Cincin Kawin
  • PageRank

    Followers

    back to topReturn to top of page Copyright © 2012 | Blog SEO DAW - XP | Tutorial Blogspot | Belajar SEO Blogspot - Privacy Policy Template by Hack Tutors