Optimasi Kontes SEO



Optimasi Kontes SEO
Kita tahu saat ini banyak sekali kontes seo yang beredar dimana-mana, khususnya di Indonesia dengan hadiah yang wow tentunya. Apa sih untungnya memang mengadakan kontes seo itu? Dari segi seo memang kontes seo akan memberikan backlink yang banyak tentunya, karena pada saat membuat artikel kontes, ada banyak penyelenggara yang mengharuskan mencantumkan backlink ke arah situs yang sudah ditentukan. Namun ini hanya berlaku untuk penyelenggara yang memberlakukan peraturan ini. Dari segi lainnya, tentu akan sangat banyak sekali. Jika situs penyelenggara mempunyai produk yang ingin dipasarkannya, tentu dalam seo kemungkinan penjualan akan melesat sangat pesat, ya tentunya dengan kualitas produk yang dijual juga.

Saya tidak akan membahas terlalu panjang untuk keuntungan mengadakan kontes seo ini, saya kira sobat semua sudah mengerti. Nah sekarang jika kita sebagai peserta, bagaimana sih optimasi kontes seo itu? Memang saya bukan seorang master, bukan seorang yang bisa seo, namun saya hanya seorang blogger yang masih belajar seo dan akan share pengalaman pribadi saya selama mengikuti kontes seo seperti kontes seo sumber berita cerita inspirasi motivasi dunia terbaru - beritama.com.

Kontes SEO bukanlah optimasi postingan seperti biasanya, memang tehniknya sama namun memerlukan kerja keras dan tehnik yang lebih advanced untuk mengikuti kontes seo ini, apalagi jika kontes seo yang dengan hadiah yang besar tentu akan semakin banyak pula persaingan. Pada kontes seo, kita akan menghadapi puluhan, ratusan bahkan ribuan peserta kontes, mereka terkadang mengikuti kontes seo untuk mendapatkan hadiah, mengetest kemampuan seo mereka ataupun ingin mencoba pengalaman baru dalam dunia kontes seo. Dan lebih beratnya lagi, tiap peserta kontes akan mengoptimasi artikelnya selama kontes berlangsung. Berbeda dengan optimasi artikel biasa, kita tidak akan diberi tenggang waktu untuk optimasi sehingga kita bebas untuk optimasi postingan. Disini saya akan memberikan beberapa tips untuk blogger pemula yang ingin mengikuti kontes seo.

Hal-hal yang Perlu Diingat Selama Mengikuti Kontes SEO

1. Pahami Aturan Kontes SEO
Nah inilah yang menjadi awal dan kunci utama kita sebelum mengikuti kontes seo. Pahami aturan kontes seo, jangan sampai ada yang terlewatkan jika perlu baca dan ulangi terus-menerus hingga anda mengerti betul aturan kontes. Jika ada yang tidak mengerti, biasanya penyelenggara akan mencatumkan alamat contact/form yang dapat dihubungi untuk mempertanyakan seputar aturan kontes seo. Misalnya jika anda mengikuti kontes seo dan hanya membuat artikel seputar kontes tanpa mencantumkan backlink apapun ke situs yang ditentukan, padahal di aturan kontes tidak diperbolehkan untuk membuat artikel seputar kontes dan diwajibkan untuk mencatumkan backlink ke situs yang ditentukan. Ini sering terjadi kepada teman-teman saya yang sering saya lihat pada beberapa kontes seo. Intinya pahami aturan kontes dan langsung dipraktekkan.

2. Fokuskan Pada Satu Kontes SEO Saja
Sudah saya katakan di atas bahwa tips-tips dari saya ini hanya diperuntukkan untuk blogger pemula yang ingin belajar kontes seo saja, bukan untuk master seo yang sudah lama berkecimpung di dunia kontes seo. Jika anda ingin mengikuti kontes seo, fokuskanlah pada satu kontes saja, jangan pikirkan yang lain. Yang sering menjadi masalah adalah waktu optimasi dan kurangnya penelitian terhadap kontes seo itu. Jika anda bermain di rumah sih gampang-gampang saja karena mempunyai koneksi tersendiri dan tidak mengeluarkan uang untuk bayar warnet, tapi bagaimana dengan yang bermain di warnet? Yang kedua adalah kurangnya penelitian/perhatian pada kontes seo itu sendiri. Jika anda pertama kali mengikuti kontes seo, mungkin dapat saya sarankan untuk fokus pada satu kontes, mengapa? Nah pada kontes seo disini kita akan mencari pengalaman, bukan kemenangan. Jika anda mengikuti satu kontes saja, anda dapat melakukan perhatian penuh terhadap kontes seo itu, termasuk optimasi artikel dan mencari kelemahan-kelemahan peserta kontes lainnya. Saya rasa akan sulit dan mustahil jika baru pertama kali baru mengikuti kontes seo dan langsung menang, aneh bukan? Kecuali jika anda merupakan master seo saya rasa tips ini tidak berlaku. :)

3. Jangan Lengah dan Teruslah Optimasi
Ini paling sering saya alami dan juga teman-teman mungkin pernah mengalaminya. Pada saat mengikuti kontes seo, selang beberapa hari/minggu kemudian artikel yang anda optimasi ternyata masuk 5 besar bahkan 3 besar ataupun posisi #1. Nah disini merupakan ujian dan gangguan bagi anda, karena disinilah kelemahan-kelemahan peserta kontes seo biasanya. Pada saat mencapai posisi yang memuaskan seperti itu, teruslah mengoptimasi dan jangan sampai lengah hanya karena kepuasaan sesaat seperti itu, padahal waktu kontes masih beberapa bulan lagi. Saya sering melihat beberapa master seo, mereka biasanya tidak puas sesaat dan masih berada di posisi yang jauh pada awal-awal kontes. Tapi mereka tidak pesimis dan optimasi hingga akhir kontes, buktinya mereka memang menang. Ingat kontes seo "butuh ketepatan bukan kecepatan" dari artikel kontes. Begitu pula sebaliknya, misalnya anda mengikuti kontes seo tapi selang beberapa minggu posisi artikel tidak naik-naik. Jangan pesimis dulu, mungkin saja ada tehnik yang masih kurang atau masih perlu diperbaiki pada optimasi anda, dan teruslah mengoptimasi hingga akhir. Tanyakanlah pada master-master seo yang berpengalaman, namun jika anda kekurangan/bingung mencari tempat bagi diskusi blogger, silakan anda bergabung di grup Diskusi Blogger Pemula yang mungkin anggota-anggota disana dapat membimbing anda. Intinya jangan terlalu senang dulu, masih ada yang jauh lebih hebat di atas kita, dan jangan sampai lengah dan teruslah berusaha.

Hati-hati Dengan Kontes SEO!

Lah maksud kamu apa Den? Tidak bermaksud apa-apa kok, namun saya hanya memberi tahu bahwa setiap apa yang dilakukan pasti mempunyai hal positif dan negatifnya, begitu pula dengan kontes seo. Jika dilihat secara sekilas kontes seo memang memberikan dampak positif yang banyak sekali, namun jika diteliti kontes seo juga akan memberikan dampak negatif yang membuat anda harus berhati-hati dan berpikir ulang sebelum mengikuti kontes seo. Silakan baca artikel saya mengenai bahaya kontes seo untuk mempelajari lebih lanjut tentang tips ini.

Mungkin hanya ini yang dapat saya sampaikan mengenai optimasi kontes seo. Dan ingat, isi artikel ini merupakan hasil dari pengalaman saya sendiri, silakan berikan kritik dan sarannya jika saya ada salah asumsi. :) Untuk optimasi yang lebih lanjut mungkin lain waktu dapat saya tuliskan selagi menunggu bahan-bahan postingan yang mencukupi pada blog ini. Semoga bermanfaat.

Ingin Berlangganan Artikel Terbaru ke email kamu? Masukan Email kamu disini:

Tidak tahu cara berlangganan? Klik disini

Related Post:

Anda sedang membaca artikel tentang Optimasi Kontes SEO dan anda bisa menemukan artikel Optimasi Kontes SEO ini dengan url http://daw-xp.blogspot.com/2012/02/optimasi-kontes-seo.html, anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Optimasi Kontes SEO ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link Optimasi Kontes SEO sumbernya.


84 comments

Obat Herbal Hiv Aids February 28, 2012 at 9:34 AM

saya yang termasuk newbie ini belom pernah ikutan kontes seo karena memag gak bisa dengan aturan-aturannya,,hehe
saya udahb baca bahya seo nya ternyata bisa di tendang ya.

Reply delete
orbitiklan February 28, 2012 at 9:37 AM

semakin semarak aja ya kontes seo di Indonesia, bahkan banyak perusahaan besar pun yang mengadakan kontes seo.

Reply delete
Adjie Purbojati February 28, 2012 at 10:21 AM

emang yang paling penting adalah jangan menyerah dan jgn cepet putus asa.
Optimasi SEO butuh ketekunan yang tinggi. :)

Reply delete

Ikut Kontes SEO itu melelahkan den, optimasi itu lah yg paling malasnya :D

http://www.mytemplatezone.com

Reply delete
Jenius Online (Ifan Andri Prastya) February 28, 2012 at 3:31 PM

Wah.. Jadinya harus hati-hati, ya, ikutan kontes SEO ?

Reply delete
Unknown February 28, 2012 at 6:27 PM

@Jenius Online (Ifan Andri Prastya) perlu pemikiran yang matang bos :)

Reply delete
mania-xp February 28, 2012 at 7:18 PM

nyimak aja deh...

Reply delete
Pengobatan Tradisional Ambeien (Wasir) February 29, 2012 at 3:42 PM

Seo butuh teliti ya,,hehe,,belom sempat terfikirkan soalnya ilmunya belom nyampe gan,,hehehe''
apalagi ada dampak negatifnya tar saya di depak lagi,,

Reply delete
zaenal blog March 2, 2012 at 11:23 AM

Pernah dulu iseng coba2 ikut kontes SEO,
sekedar mo tau aja,ternyata sulit ya,
memang harus selalu konsisten mengoptimasi,
dilihaat dirawat, di elus2 dll.
nice share sob daw....

Izin add linknya di deretan blogroll ane,
menambah erat silaturahim dan banyak belajar disini....

Reply delete
Sinto March 2, 2012 at 11:44 AM

aku malah gak pernah bisa seo - seo an

Reply delete
Unknown March 4, 2012 at 5:42 PM

salam sahabat
mewabah lagi kontes seo,semua hanya satu yakni penerapan dengan benar gitu aja

Reply delete
Vainit March 5, 2012 at 9:50 PM

Wah makasih atas infonya.. aku banyak belajar cara menulis dengan membaca postingan kamu

salam kreatif :)

Reply delete
begini March 5, 2012 at 9:54 PM

yang jelas ane belum belum berani ikut

Reply delete
dapat dollar gratis tiap hari March 5, 2012 at 9:56 PM

nice info

Reply delete
Cara Aman Mengobati Migren March 6, 2012 at 8:18 PM

waduh,.. harus berhati" buat ikutan kontes seo,. masi banyak gan buat infonya,.!!!

Reply delete
Albab March 8, 2012 at 11:59 PM

saya belum pernah ngikut kontes SEO bang, soalnya masih minim pengetahuan tentang SEO, hehe

Reply delete
Unknown March 9, 2012 at 2:02 PM

mantab mas optimasi kontes seo memang penting buat menjadi yang pertama di halaman google :)

Reply delete
obat infeksi saluran kemih March 10, 2012 at 12:29 AM

Adakah kontes SEO yang menipu???
Adakah sebelumnya diadakan pertemuan atau secara online saja?
mf saya masih newbie...

Reply delete
dokunimus March 10, 2012 at 4:40 PM

Fokus adalah kunci utama dalam memenangkan sebuah lomba SEO.

Lengah sedikit saja bisa kacau.

Reply delete
hokie March 12, 2012 at 7:37 PM

ternyata ada efek buruknya juga

Reply delete
pideksa99 March 13, 2012 at 8:22 AM

Bagus sekali postinganya.
tapi ada pertanyaan.
Kalau setelah selesai ikut kontes apakah blog kita aman jika dipasangi adsense ?

Reply delete
Unknown March 14, 2012 at 9:19 PM

@pideksa99 gpp bos :)

Reply delete
toko online March 15, 2012 at 5:13 PM

bener banget gan......

Reply delete
xamthone plus surabaya March 20, 2012 at 10:17 AM

info terbaru, om kaspar bilang, kalo kontes seo di indonesia telah melanggar ketentuan google,,,

Reply delete
agen xamthone plus jakarta March 21, 2012 at 2:28 PM

wah informasi baru mengenai seo... nice ya gan,,,

Reply delete
Update Status Via Blackberry Asli March 24, 2012 at 4:10 PM

hal2 apa aja yg harus dilakukan untuk optimasi pada saat ikut kontes SEO

Reply delete
iyancyber March 25, 2012 at 10:38 PM

betul sekali gan,menaikkan posisi blog kita di search engine memerlukan ketekunan dan kesabaran.ane setuju ma agan... :D

Reply delete
obat tradisional hepatitis b April 10, 2012 at 12:57 PM

@Obat Herbal Hiv Aids

saya suka optimalisai seo. termasuk backlink

Reply delete
Blogger Sorong April 14, 2012 at 4:00 PM

masih belum cukup umur. dan saya merasa belum mampu buat ngikut kontes. jadi nyimak saja

Reply delete
obat herbal xamthone April 19, 2012 at 12:27 PM

makasih banyak untuk masukannya gan...

Reply delete

makasih bang, saya masih sangat newbie, belajar ikut kontes ternyata menyenangkan banyak dapat pengalaman, mulai dari menempati posisi pertama cuma 2 hari sampai mental ke halaman ke2???
tapi yg ingin saya tanyakan seberapa pentingnya PR untuk kontes SEO, karena setelah saya cermati, ternyata hanya yg yg ber PR tinggi yang awet bertahan di puncak??
thanks, saya tunggu kunjunganya.

Reply delete
Ramzi June 22, 2012 at 10:12 AM

Aku belum pernah ikutan kontes seo, untuk penjelasannya thanks ya sob benar2 membantu menambah ilmu aku yang maish dangkal ini
nice share :)

Reply delete
Belanja online grosir July 1, 2012 at 6:25 AM

Terimakasih gan atas tipsnya kalau saya sudah dipage 3 saja sudah terasa males buat optimasi.

Reply delete
Kemudahan Transaksi July 3, 2012 at 6:33 AM

Wah, tepat sekali posting ini untuk saya yang sedang mengikuti lomba blog. Ternyata memang harus selalu dioptimasi ya.

Reply delete
rephay July 7, 2012 at 4:48 PM

ini info yang bermanfaat, nice infonya sob, salam kenal ya

Reply delete
Anonymous July 10, 2012 at 11:47 PM

bener sob. tapi yang paling memungkinkan untuk menang adalah backlink. tentunya dofollow plus PRnya 5 keatas. kalo ada bocoran tentang backlink, saya tunggu ya.

Reply delete
Didi July 18, 2012 at 1:25 AM

makasih gan infonya...

saya juga lagi belajar untuk kontes seo Agen Bola gan..

Reply delete
aciw'Similikitiww July 19, 2012 at 10:25 AM

baru kali ini saya dengar soal kontes seo,dan kabarnya kontes seo melanggar guidelin,,tetapi saya belum pernah mengikuti kontes seo,tetapi terima kasih untuk penjelasnnya,itung itung untuk menambah ilmu pengetahuan,kali aja,,nanti ikutan,, :)

Reply delete
syn July 29, 2012 at 6:44 AM

wah, keren nih gan artikel ente.

lebih mudah dipahami ketimbang artikel lainnya. thanks dah.

Reply delete
Numpang Promo August 29, 2012 at 10:08 AM

kalo aku nggak berani ikut kontes SEO, soalnya saingannya master semua.

Reply delete
bloggers info September 3, 2012 at 6:07 PM

kontesseo memang masih menjadi daya tarik oleh kalangan bloggers, karena hadiahnya yang menggiurkan

Reply delete
DIET PALING AMAN September 4, 2012 at 6:52 PM

aku masih anak bawangan utk ikut kontes seo ..

Reply delete
xamthone plus September 5, 2012 at 10:51 AM

kabarnya kontes seo melanggar guidelin,,tetapi saya belum pernah mengikuti kontes seo,tetapi terima kasih untuk penjelasnnya,itung itung untuk menambah ilmu pengetahuan,kali aja,,nanti ikutan,

Reply delete
Unknown September 10, 2012 at 9:00 PM

terimakasih atas linkya gan. .salam kenal

Reply delete
Kontes SEO Tempat Para Blogger Unjuk Gigi September 12, 2012 at 10:00 PM

Bener juga sih untuk menang Kontes SEO tidak seperti makan Cabai. Bagus banget Artikelnya sangat bermanfaat bagi blogger pemula seperti saya. Ayo Tukeran Link Cuma Post

Link Blog Sobat sudah saya pasang

Reply delete
langsing bergaransi September 16, 2012 at 2:39 PM

saya baru tahu konten seo pas buka blog ini, makasih ya

Reply delete
obat tradisional asma September 26, 2012 at 10:42 AM

saran yang bagus gan thanks ya

Reply delete
Cara Alami Mengobati Insomnia September 26, 2012 at 10:43 AM

salam kenal gan thanks list nya

Reply delete
Anonymous October 7, 2012 at 8:26 PM

makasih gan baru pertama kali coba ikut kontes gan banyak cari ilmu jadi thanks indormasinya gan

Reply delete
cara pemesanan ace maxs October 12, 2012 at 4:17 PM

makasih banyak untuk infonya,,,

Reply delete
bahari October 16, 2012 at 5:41 PM

ingin ikutan tapi masih perlu banyak belajar

Reply delete
XAM'one October 25, 2012 at 8:41 AM

Mantep deh...............

Reply delete

betul sekali kita harus terus optimasi seo agar tidak lengah

Commonwealth life Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik Indonesia

Reply delete
sutra18 November 22, 2012 at 9:13 AM

thanks, berarti saya tidak boleh menyerah untuk kemajuan blog saya.

Reply delete
obatherbal99 November 22, 2012 at 9:48 AM

tips yang bagus nih gan, pengen nyoba, sering nyerah di tengah jalan

Reply delete
Tips Pengobatan Herbal November 23, 2012 at 10:57 AM

akhir2 ini banyak para blogger yang ikutin blognya untuk mengikuti kontes SEO...jadi artikel ini tentu sangat menarik untuk dibaca apalagi buat mereka yang lagi berperang dalam mempertahankan tahtanya di halaman pertama mesin pencari raksasa...

Reply delete
Mr RealFact December 1, 2012 at 9:15 AM

wah Informasi yang cukup bagus , tapi ane belum pernah ikutan Kontes SEO soalnya Masih Newbie Blog ane..

Reply delete
Kubagi Ilmu December 19, 2012 at 1:50 PM

stiap blog perlu donk backlink tujuannya menjalin tali silaturahmi..

Reply delete
Rakuten.co.id: Toko Online Murah Serba Ada December 30, 2012 at 11:23 PM

Optimasi SEO mmng hrs extra waktu tmbhn melebihi kekasih & jaga gitar Rakuten.co.id: toko online murah serba ada barang unik jepang

Reply delete
Jefry December 31, 2012 at 12:52 PM

tips diatas juga dapat diimplementasikan untuk optimasi web saya
terima kasih

Reply delete
Ekiosku.com Jual Beli Online Aman Menyenangkan January 15, 2013 at 3:46 AM

Menarik & bermanfaat sekali sob ulasannya..

Saya sangat setuju dengan tips" yang sobat jelaskan, walaupun hanya tips" dasar, tapi hal" ini lah yang sering di lupakan/di sepelekan oleh blogger yang mengikuti kontes SEO..

Semoga dengan adanya kontes SEO, bisa membuat perubahan yang lebih baik untuk para blogger..

Thanks..

Reply delete
Informasi Terbaru 2013 January 28, 2013 at 12:53 AM

gan, kok sekarang sepertinya sudah banyak yg spam sih jadi nggak enak bacanya

Reply delete
Company Profile March 15, 2013 at 8:23 AM

makasih tipsnya gan

Reply delete
pasang iklan baris gratis tanpa daftar April 4, 2013 at 2:50 PM

salam kenal gan..,ijin membaca artikelnya

Reply delete
iklan baris online April 4, 2013 at 2:51 PM

mantep bener artikelnya bos...,tq

Reply delete
kerja online April 4, 2013 at 2:52 PM

ijin berkunjung gan.., semangat selalu

Reply delete
pasang iklan gratis April 4, 2013 at 2:53 PM

nice info..,makacih

Reply delete
Lynx April 10, 2013 at 3:27 PM

Thanks infonya sob ...

http://appsfullversion.blogspot.com/

Reply delete
GAMER BOY May 3, 2013 at 10:17 PM

DOWNLOAD IDM LATEST VERSION 6.16 WITH 1 YEAR SERIAL KEY 50% INCREASE IN DOWNLOADING SPEED DOWNLOAD FREE FROM HERE-->>> www.copyrightgames.blogspot.com

DOWLOAD WIN 7 AND WIN 8 ACTIVATED SETUPS FULL VERSIONS DOWNLOAD FREE FROM HERE-->>> www.copyrightgames.blogspot.com

Reply delete
aqiqah May 10, 2013 at 2:20 PM

wahh tipsnya bagus thanks

Reply delete
Desain Company Profile July 3, 2013 at 9:12 AM

Terimakasih banyak atas informasinya :D

Reply delete
Desain Company Profile July 9, 2013 at 10:24 AM

makasi infonya

Reply delete

makasi infonya

Reply delete
obat herbal asam urat July 13, 2013 at 4:04 PM

makasih gan infonya

Reply delete
Desain Company Profile July 17, 2013 at 10:48 AM

Nice post

Reply delete
Desain Company Profile July 20, 2013 at 10:38 AM

Maksi banyak atas infonya

Reply delete
Unknown December 20, 2013 at 9:31 AM

uhmmm , maaf kalo OOT , tapi kalo kontes SEO kan kadang ada yg diada'in sama blog di blogger , nahh itu yg dari wordpress gitu bisa ikut juga gak ?? :O

Reply delete
bestagaric February 18, 2014 at 10:46 AM

baru tau saya ternyata ada juga efek negatifnya, makasih mas untuk sharenya

Reply delete
Branding Pengecatan March 26, 2014 at 1:31 PM

Apakah terlalu sering mengikuti kontes SEO bisa berakibat fatal untuk web yang kita kelola?

Reply delete
obat kuat untuk pria tanpa efek samping April 21, 2014 at 5:42 AM

nice post

Reply delete
Djayalina Aksesoris dan Variasi Motor August 18, 2014 at 2:07 PM

mantap gann

Reply delete
bungdidont September 19, 2014 at 1:13 AM

Bener gan setuju, mencapai posisi yang dinginkan cukup sulit mempertahankan juga tidak kalah sulit, apalagi banyak informasi SEo yang menyesatkan

Reply delete
Anonymous May 9, 2017 at 7:52 AM

VBandar - Agen Sakong Online | Capsa Susun | Bandar Poker | Judi Domino99 | BandarQ | AduQ | Poker

Texas Indonesia

Mengadakan Kontes SEO dengan TOTAL HADIAH Rp.30.000.000 untuk 20 Pemenang :
Hadiah Pertama Rp 10.000.000,-
Hadiah Kedua Rp 7.500.000,-
Hadiah Ketiga Rp 5.000.000,-
Hadiah Keempat Rp 2.000.000,-
Hadiah Kelima Rp 1.000,000,-
Hadiah Ke 6 - 10 Rp 500.000,-
Hadiah Ke 11 - 20 Rp 200.000,-

Pendaftaran dimulai pada Tanggal 1 Mei 2017
Pendaftaran berakhir pada Tanggal 16 Juli 2017
Pemenang akan diumumkan pada Tanggal 1 Agustus 2017 ( paling lambat pukul 18:00 )
Hadiah akan dibagikan pada 2 Agustus 2017

Selengkap nya di : http://vbandar.org/kontes/

Tunjukan kemampuasn SEO anda kepada Dunia agar membuktikan siapa yang paling memiliki Kemampuan SEO

tebaik.

Happy SEO ~

Reply delete
pak muliadi April 15, 2019 at 1:30 AM

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.Atau KLIK DISINI





KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.Atau KLIK DISINI






KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.Atau KLIK DISINI




Reply delete

Post a Comment

Silahkan Anda kritik dan sarannya pada kolom komentar di bawah ini. Karena setiap satu kata Anda berkomentar sangat berarti untuk kemajuan blog ini (baca: Cara Berkomentar yang Baik).

 

Site Info

  • Fortuner SUV Terbaik
  • Commonwealth Life Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik Indonesia
  • Cincin Kawin
  • PageRank

    Followers

    back to topReturn to top of page Copyright © 2012 | Blog SEO DAW - XP | Tutorial Blogspot | Belajar SEO Blogspot - Privacy Policy Template by Hack Tutors