Peristiwa Aneh - Minum Kopi Gelas Terbalik Ala Meulaboh




Berita, Cerita, Ilmu Pengetahuan, dan Tutorial Blog

Minum kopi dengan beragam wadah pasti sudah biasa kita lihat. Tetapi minum kopi dengan gelas terbalik barangkali, belum banyak yang merasakannya. Kecuali kalau Anda pernah ke Desa Suak Ribe, Kecamatan Johan Pahlawan Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Aceh.

Berita, Cerita, Ilmu Pengetahuan, dan Tutorial Blog

Di desa ini masyarakat lebih familiar meminum kopi dengan gelas dibalik. Bahkan kabarnya minum kopi dengan cara ini dapat menghilangkan stres dan kepenatan sehabis bekerja.

Tidak banyak tempat yang bisa ditemukan untuk menikmati secangkir kopi dengan cara “aneh” ini. Dan itu hanya bisa Anda dapatkan di warung milik Agus Saini, di Desa Suak Ribe. Lebih kurang 15 tahun Agus Saini menjalan usaha warung kopi, dengan menu spesial kopi terbalik. Awalnya, usaha ini dijalankan sang ayah. Dan mulai diwarisi Agus sejak tahun 1993.

Keunikan cara menyajikan kopi ini banyak menarik simpatik pengunjung, baik lokal maupun dari luar Aceh. Kopi yang dibalik diberi sedotan. Untuk meminumnya, sedotan diarahkan ke pinggiran gelas yang telungkup, dengan dasar piring kecil. Kemudian, tiup perlahan pinggiran gelas untuk mengeluarkan kopi, selanjutnya dihisap.

Berita, Cerita, Ilmu Pengetahuan, dan Tutorial Blog

Mengapa masyarakat di daerah ini meminum kopi dengan gelas terbalik? Ada sejarahnya. “Dulu orangtua kami memang sudah meminum kopi dengan cara gelas dibalik, karena jenis kopi di sini berbeda dengan kopi dari daerah lain. Di sini kopinya tidak mau larut dalam air, sehingga kita harus membalik gelasnya,” ujar Agus kepada PinbisMedia.

Dalam sehari, Agus mengaku bisa menghabiskan 4 – 5 kg kopi, dan kopinya hanya kopi dengan merek “IB. Ibrahim”. Kopi dengan ini merk “IB. Ibrahim” lah yang dikonsumsi masyarakat sejak dulu. Meskipun hanya warung kopi, Agus Saini mengaku pendapatannya per bulan mampu mencukupi kebutuhan anak dan keluarganya.

Menurutnya, harga secangkir kopi di Aceh biasanya tergantung baik-buruknya keadaan ekonomi. Warung kopi adalah bagian dari irama kehidupan dan dianggap teman setia para kaum kecil. Karenanya untuk saat ini, harga secangkir kopi terbalik dihargai Rp 3.000/gelas. Dengan harga yang relatif bisa dijangkau itu, dalam satu bulan pendapatan Agus bisa mencapai lebih kurang Rp2 juta.

“Dalam sehari, orang di sini meminum kopi 2-3 cangkir, tapi kopi yang saya bikin ini tidak baik diminum sampai lebih dari 3 cangkir sehari, karena bisa membuat jantung berdetak kencang. Namun bila diminum 1 cangkir atau 2 cangkir, bisa menghilangkan rasa pegal dan capek karena kerja,” ucap bapak 3 anak ini.

Bila anda ke Kota Meulaboh, jangan lupa singgah ke Desa Suak Ribe untuk menikmati kopi dengan gelas terbalik. Aromanya yang bikin mantap serta penyajiannya yang unik dijamin mampu menarik siapapun untuk berlama-lama nongkrong di warung kopi Agus.

Berita, Cerita, Ilmu Pengetahuan, dan Tutorial Blog

sumber : iloveaceh.blog

Ingin Berlangganan Artikel Terbaru ke email kamu? Masukan Email kamu disini:

Tidak tahu cara berlangganan? Klik disini

Related Post:

Anda sedang membaca artikel tentang Peristiwa Aneh - Minum Kopi Gelas Terbalik Ala Meulaboh dan anda bisa menemukan artikel Peristiwa Aneh - Minum Kopi Gelas Terbalik Ala Meulaboh ini dengan url http://daw-xp.blogspot.com/2011/04/peristiwa-aneh-minum-kopi-gelas.html, anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Peristiwa Aneh - Minum Kopi Gelas Terbalik Ala Meulaboh ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link Peristiwa Aneh - Minum Kopi Gelas Terbalik Ala Meulaboh sumbernya.


19 comments

lavhalitya June 7, 2011 at 4:39 PM

hehe.... kirain gimana caranya itu bisa minum pake gelas terbalik #ternyata pake SEDOTAN ! haha :D

Reply delete
Deny Arya Wiranata June 8, 2011 at 2:05 PM

@lavhalitya : Iya, hebat juga tuh. Hebat si pemilik warung bisa punya akal buat kopi kebalik gitu, nda cepet panas. :)

Reply delete
Green KLOPERER June 9, 2011 at 8:34 PM

ckkkkk baru tau ada juga ya minum kopi kaya gtu ,,,, tp boleh lah buat admin sekali kali traktir visitor siapin kopi pasti lebih betah lagi visitorna ckk :p ;p

Reply delete
randy oktaran July 13, 2011 at 7:49 PM

ccicii baru tau saya ada kek gitu budaya yg unik

Reply delete
Deny Arya Wiranata July 13, 2011 at 9:10 PM

@Green KLOPERER : wah ide yang bagus tuh, tapi pengunjungnya juga harus nyumbang sesuatu. wkwk :D

@randy oktaran : iya, tapi warungnya malah lebih untung dan banyak yg beli. :)

Reply delete
Cerita dan Ilmu August 10, 2011 at 11:24 AM

Wakakakakaakka.... akalnya nenek mpyang emang jitu. Karena kopi Aceh sulit larut dalam air, agar bisa diminum maka harus dibalik... cerdas, cerdas, cerdas...

Reply delete
obat herbal jantung koroner March 4, 2012 at 8:49 PM

mantap bener cara ngopinya gan, perlu dicoba nih

Reply delete
Obat Herbal Ambeien Terbaik March 10, 2012 at 5:32 PM

wkwk harus dicoba nih pakai kopi hitam biasa bisa ya gan?

Reply delete
obat herbal ginjal April 19, 2012 at 6:38 PM

waduh ada ada saja..

Reply delete
shiroiso January 17, 2013 at 2:50 PM

hahaha ada aja, ane kirain gimana gitu minum kopi gelasnya dibalik. Ternyata pake sedotan ya sob...xixixi

Reply delete
alaskapulsa January 27, 2013 at 10:45 PM

kayk apa resany panas di sedot wew

Reply delete
minuman kopi herbal April 9, 2013 at 2:28 PM

Ada aja nih tradisi minum kopi terbalik, serasa gak ada kenikmatannya hehehe

Reply delete
Keripik singkong Murah April 9, 2013 at 2:32 PM

minum kopi gaya baru nih, buat di terapin di daerah lain wkwkwk

Reply delete
les privat surabaya October 19, 2013 at 1:54 PM

Selamat siang dan salam kenal. bos, url nya udah saya link. di blog saya ya, mohon di balas ya, untuk backlink nya :D tks.

http://www.lesprivatsurabaya-smc.com/

Reply delete
les privat surabaya October 19, 2013 at 1:58 PM

lihat juga blog saya yang lain. ya, mhon maff masih belajar blogging :D

#lesprivatsurabaya #lbbprivatsurabaya #bimbelsurabaya

http://www.lesprivatsurabaya-smc.com/

http://lesprivatsurabayaprofesional.wordpress.com/

http://lesprivatsurabaya085724155652.wordpress.com/

http://bimbelsurabayaprivat.wordpress.com/

http://bimbinganbelajarsurabayano1.wordpress.com/

http://lesprivatno1didunia.wordpress.com/

http://lesprivatsurabaya-profesional.wordpress.com/

Reply delete
hezty tatawarna December 24, 2013 at 9:17 AM

uhmmmm , berarti kaffein nya lumayan tinggi ya ?? :O

Reply delete
andika May 21, 2014 at 1:00 PM

minum kopi terbalik ada ,,, tapi adakah makan terbalik ,, hehehe ,, kunbal nya mas di anprat.blogspot.com

Reply delete
Pak Sam August 25, 2014 at 9:03 AM

haha caranya aneh banget ya gan, baru tau ada cara minum kopi seperti itu.
obat perangsang wanita

Reply delete

Post a Comment

Silahkan Anda kritik dan sarannya pada kolom komentar di bawah ini. Karena setiap satu kata Anda berkomentar sangat berarti untuk kemajuan blog ini (baca: Cara Berkomentar yang Baik).

 

Site Info

  • Fortuner SUV Terbaik
  • Commonwealth Life Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik Indonesia
  • Cincin Kawin
  • PageRank

    Followers

    back to topReturn to top of page Copyright © 2012 | Blog SEO DAW - XP | Tutorial Blogspot | Belajar SEO Blogspot - Privacy Policy Template by Hack Tutors