Mengendalikan Amarah Dalam Jiwa



Mengendalikan Amarah
Dulu, aku orang yang bersifat pemarah. Aku tidak bisa meredam amarahku setiap hari. Ayahku menyadari hal ini.

Untuk mengurangi rasa amarahku, Ayahku memberikan sekantong paku dan mengatakan kepadaku agar aku memakukan paku itu ke pagar di belakang rumah tiap kali aku marah.

Hari pertama aku bisa memakukan 48 paku ke pagar belakang rumah. Namun secara bertahap jumlah itu berkurang. Aku menyadari bahwa lebih mudah menahan amarah ketimbang memaku paku ke pagar. Akhirnya aku bisa menahan dan mengendalikan amarah ku yang selama ini telah memburuku. Aku memberitakukan hal ini kepada Ayahku.

Ayahku mengatakan agar aku mencabut satu paku di pagar setiap hari dimana aku tidak marah. Hari-hari berlalu dan tidak terasa paku-paku yang tertancap tadi telah aku cabut dan lepaskan semua. Aku memberitahukan hal ini kepada Ayahku bahwa semua paku telah aku cabut.

Ayah tersenyum memandangku, dan ia menuntunku ke pagar. Dan berkata “Hmm, kamu telah berhasil dengan baik anakku, tapi, lihatlah lubang-lubang di pagar ini. Pagar ini tidak akan pernah bisa sama seperti sebelumnya. “Ketika kamu mengatakan sesuatu dalam kemarahan. Kata-katamu meninggalkan bekas."

Aku menyadari hal ini bahwa aku setiap kali marah aku teringat pada orang yang aku dendam tersebut. Ayah tambah berkata "Seperti lubang ini … di hati orang lain. Kamu dapat menusukkan pisau pada seseorang, lalu mencabut pisau itu … Tetapi tidak peduli beberapa kali kamu minta maaf, luka itu akan tetap ada …dan luka karena kata-kata adalah sama buruknya dengan luka fisik …”

Terima Kasih Ayah, kini aku dapat meredam dan mengendalikan amarahku setiap saat dan setiap waktu. 

Ingin Berlangganan Artikel Terbaru ke email kamu? Masukan Email kamu disini:

Tidak tahu cara berlangganan? Klik disini

Related Post:

Anda sedang membaca artikel tentang Mengendalikan Amarah Dalam Jiwa dan anda bisa menemukan artikel Mengendalikan Amarah Dalam Jiwa ini dengan url http://daw-xp.blogspot.com/2011/04/mengendalikan-amarah-dalam-jiwa.html, anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Mengendalikan Amarah Dalam Jiwa ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link Mengendalikan Amarah Dalam Jiwa sumbernya.


9 comments

myone1way April 15, 2011 at 3:14 PM

sekalian q kasih kayu, batu bata, semen, pasir ya...biar jadi rumah..hehe

Reply delete
Deny Arya Wiranata April 15, 2011 at 3:19 PM

@myone1way
becanda aja nih sobat. Baca dulu ya sampe habis.

Reply delete
Green KLOPERER June 18, 2011 at 8:33 PM

keren sob postingannya,,,kadang kadang kita bisa blajar sesuatu yg besar dari hal hal kecil kaya paku tadi..mksh pencerahan malam ini....

Reply delete
Deny Arya Wiranata June 19, 2011 at 12:22 PM

@Green KLOPERER : Yupz, saya juga sering dan senang membaca artikel saya ini. OK sama-sama mas. :)

Reply delete
Mimpi Siang Bolong August 2, 2011 at 6:49 PM

Halah, lagi2 tulisan yang sama dengan tulisan Mas Deny. Saya juga pernah menulis hal ini di blog saya, tapi judulnya berbeda.

http://baguserek.blogspot.com/2011/03/melatih-kesabaran.html

Artikel ini, memberikan gambaran yang terang benderang tentang bagaimana hasil jika melukai hati seseorang. Sekarang saya jadi lebih berhati2 dalam berbicara dan bertindak.

Salam Takzim

Reply delete
obat herbal jantung koroner March 4, 2012 at 8:54 PM

nice info, menurut saya orang yg bisa mengendalikan amarah itu orang hebat

Reply delete
obat herbal ginjal April 19, 2012 at 6:50 PM

infonya bermakna bgt..
sy kbtulan orangnya agak tersinggungan mas..

Reply delete
hezty tatawarna December 24, 2013 at 10:03 AM

makasiii infonya ... :D

Reply delete

Post a Comment

Silahkan Anda kritik dan sarannya pada kolom komentar di bawah ini. Karena setiap satu kata Anda berkomentar sangat berarti untuk kemajuan blog ini (baca: Cara Berkomentar yang Baik).

 

Site Info

  • Fortuner SUV Terbaik
  • Commonwealth Life Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik Indonesia
  • Cincin Kawin
  • PageRank

    Followers

    back to topReturn to top of page Copyright © 2012 | Blog SEO DAW - XP | Tutorial Blogspot | Belajar SEO Blogspot - Privacy Policy Template by Hack Tutors