Cara Backup Templates



Backup template dalam Blog merupakan prosedur standar yang wajib dilakukan setiap blogger pada saat akan melakukan perubahan desain blog. Perubahan bisa berupa penambahan atau pengurangan kode html atau javascript baru. Sebelum perubahan seluruh kode html harus di simpan terlebih dahulu dalam folder PC melalui download template. Semua tool telah tersedia di halaman Edit HTML.

Hasil download kode template yang tersimpan di folder PC berekstensi “.xml, dan merupakan file yang berfungsi untuk mengembalikan lagi template yang mengalami kerusakan setelah perubahan dilakukan. Jadi inilah fungsi utama backup template, sehingga setiap blogger wajib hukumnya untuk selalu melakukan prosedur ini.

Langkah pengamanan template sebuah blog ini dimaksudkan untuk menjaga seandainya terjadi kegagalan pada saat dilakukan modifikasi terhadap template. Dengan diamankannya desain awal blog, maka pengguna blog tidak akan kesulitan untuk mengembalikan lagi desain blog ke bentuk awal sebelum dilakukan perubahan. Bagaimana cara untuk melakukan backup (pengamanan) template dan memfungsikannya untuk memulihkan kembali desain blog yang mengalami kerusakan? Oke .. Mari ikuti panduan di bawah ini.

Langkah yang harus di tempuh untuk mengamankan template adalah sebagai berikut :
1. Login ke Blogger Merupakan langkah awal untuk masuk ke ruang Edit Template setelah membuka http://www.blogger.com kemudian dilanjutkan dengan memasukkan User Name (Nama Pengguna) atau Alamat Email serta jangan lupa tuliskan code number/kode rahasia.

2. Setelah masuk di DASHBOARD/DASBOR teruskan dengan KLIK pada Layout/Design atau TATA LETAK/Rancangan.

3. Anda akan masuk di Page Element/Elemen Laman. KLIK pada Edit HTML !

4. Tunggu beberapa saat! KLIK Download Template Lengkap (kanan tengah dengan teks warna biru).

 
 5. Simpan Desain template anda di folder PC.


6. Desain awal template yang sudah tersimpan dengan aman di folder PC bisa digunakan untuk mengembalikan desain template ke bentuk semula (sebelum perubahan) apabila saat mengadakan perubahan pada desain template terjadi kegagalan karena kesalahan teknik atau kegagalan KODE HTML yang tidak kompatibel dengan blog.

7. Untuk mengembalikan desain template blog ke bentuk semula (sebelum dilakukan perubahan), anda tinggal KLIK pada CHOOSE kemudian cari file desain template blog yang sebelumnya sudah tersimpan di folder PC (file berekstensi .xml). Lanjutkan KLIK pada Upload.

8. Blog sudah dipulihkan kembali! Silahkan cek dengan membuka blog!

Ingin Berlangganan Artikel Terbaru ke email kamu? Masukan Email kamu disini:

Tidak tahu cara berlangganan? Klik disini

Related Post:

Anda sedang membaca artikel tentang Cara Backup Templates dan anda bisa menemukan artikel Cara Backup Templates ini dengan url http://daw-xp.blogspot.com/2011/04/cara-backup-templates.html, anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Cara Backup Templates ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link Cara Backup Templates sumbernya.


1 comments

hezty tatawarna December 24, 2013 at 10:12 AM

makasii infonya ... :D

Reply delete

Post a Comment

Silahkan Anda kritik dan sarannya pada kolom komentar di bawah ini. Karena setiap satu kata Anda berkomentar sangat berarti untuk kemajuan blog ini (baca: Cara Berkomentar yang Baik).

 

Site Info

  • Fortuner SUV Terbaik
  • Commonwealth Life Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik Indonesia
  • Cincin Kawin
  • PageRank

    Followers

    back to topReturn to top of page Copyright © 2012 | Blog SEO DAW - XP | Tutorial Blogspot | Belajar SEO Blogspot - Privacy Policy Template by Hack Tutors